PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME MENUJU EDUCATION FOR SUSTAINABILITY DEVELOPMENT
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12305Keywords:
Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan, Education for Sustainability DevelopmentAbstract
Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kemampuan pada guru untuk membuat karya tulis ilmiah sesuai standar. Hal ini dilatarbelakangi oleh banyaknya guru yang tertahan pada pangkat/golongan tertentu karena kekurangpahaman membuat dan mempublikasikan karya ilmiah yang sesuai dengan kaidah yang berlaku. Sasaran penelitian ini adalah guru SDN Pabuaran Cilendek Kota Bogor. Kegiatan pengabdian tersebut dilakukan oleh tim dosen Pendidikan Dasar Universitas Pakuan. Kegiatan pelatihan dan pendampingan dilakukan dengan metode blended, yaitu melalui tatap muka dan melalui daring Melalui kegiatan ini membantu mengembangkan terciptanya suasana akademik yang mampu membuat komunitas sekolah antusias untuk belajar membuat dan mempublikasi karya ilmiah. Output dari pelatihan ini adalah prototipe proposal PTK hingga pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah dari hasil laporan PTK.References
Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: JurnalIlmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1).
Awal Nur Kholifatur Rosyidah) Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru Di Sdn 1 Dan 5 Pemenang Lombok Utara Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 4, November 2020
Burmeister, M., Rauch, F., & Eilks, I. (2012). Education for sustainable development (ESD) and chemistry education. Chemistry Education Research and Practice, 13, 59–68
Eilks, I., & Hofstein, A. (2014). Combining the question of the relevance of science education with the idea of education for sustainable development. In I. Eilks, S. Markic, & B. Ralle (Eds.), Science education research and education for sustainable development (pp. 3–14). Aachen: Shaker
Eilks, I., & Hofstein, A. (2015). Relevant chemistry education. Rotterdam: Sense
Ermiana, I., Affandi, L. H., & Kusuma, A. (2019). Workshop Implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Berbasis Lesson Study (LS) di SD Negeri 15 Cakranegara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 6–12.
Gereda, A. (2014). Kemampuan Menulis Deskripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas Musamus. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 125–137.
Hugerat, M., Mamlok-Naaman, R., Eilks, I., & Hofstein, A. (2015). Professional development of chemistry teachers for relevant chemistry education. In I. Eilks & A. Hofstein (Eds.), Relevant chemistry education (pp. 369–386). Rotterdam: Sense.
Mujianto, M., Zubaidi, Z., & Suprapto YM, Y. (2017). Peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah mahasiswa program jaringan telekomunikasi digital ( JTD ) melalui problem based learning. In S. Sukatman, A. Muti’ah, & A. Taufiq (Eds.), Prosiding Seminar Nasional #3: Bahasa Dan Sastra Indonesia Dalam Konteks Global (pp. 177–186).
Østergaard, E. (2017). Earth at rest – aesthetic experience and students’ grounding in science education. Science & Education, 26, 557–582
Siregar, A. Z., & Harahap, N. (2019). Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis
Ilmiah Dan Publikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Sjöström, J., Rauch, F., & Eilks, I. (2015). Chemistry education for sustainability. In I. Eilks & A. Hofstein (Eds.), Relevant chemistry education - from theory to practice (pp. 163–184). Rotterdam: Sense.
Widiastuti, S. (2019). Kemampuan menulis daftar rujukan mahasiswa Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Islam Balitar (UNISBA). KONSTRUKTIVISME, 11(1), 32–41.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 M Zainal Arifin, Tustiyana Windiyani, Deddy Sofyan, Indri Yani, Muhammad Hadad, Ahmad Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.