PENGUATAN PEMBELAJARAN APRESISASI SASTRA MELALUI PELATIHAN MEMBACA PUISI

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12298

Keywords:

Apresiasi Sastra, Membaca Puisi, Pembelajaran

Abstract

Melihat penguatan pembelajaran apresiasi sastra sebagai sebuah kebutuhan bagi siswa di sekolah maka dosen wajib untuk memberikan pengetahuan terkait apresiasi sastra agar kualitas lulusan semakin meningkat sekaligus memperkuat literasi siswa. Pengajaran terkait apresiasi sastra bukan hal baru, namun siswa bisa dikatakan minim mendapatkannya sehingga tim pengabdian berinisiatif untuk mengadakan pelatihan membaca puisi sebagai salah satu bentuk apresiasi terhadap karya sastra. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi dan praktik serta Focus Grup Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan membaca puisi, siswa mendapatkan pengetahuan baru terkait membaca puisi, respon positif sesudah pelatihan juga tampak dari hasil Focus Grup Discussion, apresiasi siswa terhadap karya sastra semakin kuat dengan mengenal puisi.

Author Biography

Muhammad Chairil Imran, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

References

Afdholy, N. (2020). Model Saviredu: Inovasi Membaca Puisi Di Era Digimodernisme. Proceeding: Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 4.

Al-afandi. (2022). Metode Pembelajaran Sastra Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Guru Tua?: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).

Danu, A. K. (2019). Optimalisasi Budaya Literasi Melalui Komunitas Sastra Anak Di Sdk Ruteng 3, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. RANDANG TANA Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Hanif, S. L. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Dengan Eksperimentasi Model Circ Bermedia Video Pembacaan Puisi Pada Siswa Kelas V Sd 1 Tritis Jepara. KREDO?: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 2(1). https://doi.org/10.24176/kredo.v2i1.2784

Imran, M. C., Mursidin, M., Nurjannah, S., Jusmaniar, N., Sulviana, & Rizka, I. (2021). Pelatihan Quizizz Sebagai Sarana Penguatan Literasi Digital Bagi Mahasiswa. Community Development Journal, 2(3), 876–880.

Indriamukti, E. F. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Anak Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 28.

Lubis, R. H., & Nurelide, N. (2019). Kemampuan Apresiasi Sastra Siswa Sma Di Kota Medan. MEDAN MAKNA: Jurnal Ilmu Kebahasaan dan Kesastraan, 17(2), 171. https://doi.org/10.26499/mm.v17i2.2139

Mardiah, M., Lisa, H., Napratilora, M., Devianti, R., & Liana, D. (2021). Pelatihan Membaca Puisi Sesuai dengan Kaidah Bahasa Indonesia bagi Siswa Madrasah. ABDIMASY: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 25–35. https://doi.org/10.46963/ams.v2i1.321

Parapat, L. H., Huda, R., Jariah, A., & Lestari, T. I. (2021). Pelatihan Membaca Puisi Pada Anak-Anak Di Desa Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun. MARTABE?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3).

Riama. (2020). Pembelajaran Sastra Bahasa Indonesia Di Sekolah. Warta Dharmawangsa, 14(3), 418–427. https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.825

Tundreng, S. (2022). Problematik Pembelajaran Sastra (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Kolaka). Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 126–138. https://doi.org/10.31571/bahasa.v11i1.4083

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Imran, M. C., Syukriady, D. ., & Erniati, E. (2023). PENGUATAN PEMBELAJARAN APRESISASI SASTRA MELALUI PELATIHAN MEMBACA PUISI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 481–485. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i1.12298