PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN KAMPAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.12276Keywords:
Pelatihan, Penulisan, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah salah satu upaya yang dapat dilakukan seorang guru profesional dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Pelatihan penulisan PTK dalam kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk: (1) Meningkatkan pemahaman guru-guru SD di Kabupaten Kampar tentang PTK, dan (2) Meningkatkan kemampuan guru dalam penulisan laporan PTK.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah dan demonstrasi. Metode ceramah untuk menyampaikan prinsip-prinsip PTK, prosedur PTK, implementasi PTK, dan prosedur penulisan laporan PTK, sedangkan metode demonstrasi untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta mempraktekkan mulai dari penyusunan masalah dalam proses pembelajaran yang dapat dipecahkan melalui PTK, rancangan proposal PTK, hingga penulisan laporan PTK.Kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai cukup baik (61,1%), ketercapaian tujuan pelatihan dinilai kurang baik (40,9%), ketercapaian target materi yang telah direncanakan dinilai baik (80%), dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi dinilai baik (80%).References
Mulyasa, H.E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Roakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: Bumi Aksara.
Wina Sanjaya. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-14 (2)
- 2022-11-30 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rusdial Marta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.