PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PQ4R
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12126Keywords:
Metode PQ4R, Pemahaman, Teks Berbahasa InggrisAbstract
Memahami teks bahasa Inggris adalah keterampilan yang harus dimiliki siswa untuk menguasai materi yang diajarkan. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan memahami teks bahkan setelah membaca teks berulang kali. Satu masalah yang sering dihadapi siswa adalah ketidakmampuan memahami maksud dan tujuan sebuah teks. Oleh karena itu, kegiatan ini penting sebagai solusi bagi siswa untuk memahami teks bahasa Inggris. Salah satu cara untuk mendukung pemahaman membaca siswa adalah dengan metode PQ4R. Target kegiatan ini adalah siswa SMP Amalyatul Huda. Kegiatan dilakukan dengan menyediakan materi penerapan metode PQ4R dan mengerjakan latihan tes pemahaman bahasa Inggris. Dari hasil kegiatan diketahui bahwa pemahaman siswa tentang penerapan metode PQ4R meningkat yang berdampak pada peningkatan pemahaman siswa melalui angket dan hasil tes. Dari hasil angket diketahui bahwa 92% siswa memahami cara penggunaan metode PQ4R, dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hasil tes menunjukkan nilai rata rata pemahaman siswa memperoleh 75 poin. Dari hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa implementasi metode PQ4R mampu meningkatkan pemahaman siswa SMP Amalyatul Huda.References
Abd Halik, Nur Ilmi, N. (2022). PKM Pelatihan Model Pembelajaran SQ3R dan PQ4R bagi Guru di UPTD SD Negeri 16 Garogo Kabupaten Majene. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 146–150.
Agustin, T. D., & Rahmadanik, D. (2022). Pengaruh Program “Ayo Membaca” Dari Minat Baca Siswa SMP Roudlotussalam. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1141–1146. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.5544
Arifa, L. W. (2021). Penerapan Metode PQ4R Untuk Meningkatkan Keterampilan Menemukan Makna Tersirat Suatu Teks di Kelas VI SDN Sukorejo 3 Kota Blitar. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(2), 355–366.
Indonesia Ministry of Culture and Education. (2018). Statistic SLB: Sekolah Luar Biasa 2017/2018.
Juliana, J. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa SMA Harapan 3 Delitua Dengan Metode Context Clues. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(5), 1341–1350. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i4.3799
Juliana, J., Amaniarsih, D. S., & Darmayanti, E. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Siswa SMA Harapan 1 Medan Melalui Penerapan Metode Sq3R. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 457–464. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1870
Juliana, J., & Dwi Suci Amaniarsih. (2020). Peningkatan Pengetahuan dan Pemahaman Siswa SMA Nurul Hasanah terhadap Tes Berbahasa Inggris Toefl. Jurnal SOLMA, 9(1), 143–155. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4877
Kholiq, A. (2020). Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa di Lamongan. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 175–186. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.3216
Linayaningsih, F. (2011). Metode PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 02(2002), 75–86.
Maskar, S., Saputra, V. H., & Sari, R. K. (2022). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Untuk Pembelajaran Matematika Siswa SMK Amal Bhakti Jatimulyo - Lampung Selatan. Community Development Journal?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1305–1311.
Muktitama, D. A., & Haryudo, S. I. (2016). Pengembangan Dan Implementasi Perangkat Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Pendukung PQ4R Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2), 0–5.
Statistik, B. P. (2012). Proporsi penduduk berumur 10 tahun ke atas yang membaca selama seminggu terakhir menurut provinsi, jenis , dan tipe daerah.
Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.
Ulfa, M. (2019). Strategi Pre¬ View, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 48-55., 1(1), 48-55
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Juliana Juliana, Samuel Pasaribu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.