PENAMBAHAN VARIAN RASA PRODUK KOLANG-KALING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI JUAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12106Keywords:
Biaya, Desa Timbuseng Kolang-Kaling, PendapatanAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan nilai jual dari produk Kolang-kaling melalui estimasi biaya yang dibutuhkan dalam satu kali produksi dan juga menghitung pendapatan dari hasil penjualan dalam satu kali produksi. Pelaksanaan aktivitas ini menggunakan program kemitraan antara civitas akademika dengan warga masyarakat Desa Timbuseng Kecamatan Patallassang Kabupaten Gowa. Metode dari kegiatan ini ada beberapa tahap yaitu observasi, praktek pemberian rasa dan warna, sosialisasi, analisis nilai tambah dan analisis efisensi usaha. Proses pengabdian masyarakat ini menghasilkan beberapa penjelasan yaitu besar biaya yang dibutuhkan dalam satu kali produksi sebanyak Rp. 107.500,00- dengan hasil perolehan penjualan sebesar Rp. 200.000,00- sehingga menghasilkan pendapatan sebanyak Rp 92.500,00- dengan persentase ratio nilai tambah sebesar 53%. Proses pemasaran dari produk ini dilakukan dengan memanfaatkan media sosial seperti pada Instagram yang bertujuan untuk dikenal oleh masyarakat luas. Kegiatan ini merekomendasikan kepada masyarakat Desa Timbuseng untuk menjual Kolang-kaling sesuai dengan hasil kemitraan yang dilakukan dengan memberikan varian rasa dan warna yang lebih menarik sehingga memberikan nilai lebih terhadap produk iniReferences
Aji, V. P., Yudhistira, R., & Sutopo, W. (2018). Analisis nilai tambah pengolahan ikan lemuru menggunakan metode Hayami. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 17(1), 56-6. https://doi.org/10.23917/jiti.v17i1.5611
Aliputty, A. C., Leiwakabessy, F., & Pattipeilohy, M. (2020). Uji Kualitas Organoleptik Dan Kadar Serat Pada Produk Pangan Jelly Drink Berbahan Dasar Buah Aren (Arenga pinnata Merr) Serta Implikasinya Pada Masyarakat Taniwel. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan dan Terapan, 6(2), 62-67.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., Aini, Q., Islam, U., Syarif, N., & Jakarta, H. (2019). Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan Efektivitas Pemasaran. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(1), 34-42.
Hamid, A., & Zubair, M. K. (2019). Implementasi Etika Islam Dalam Pemasaran Produk Bank Syariah. BALANCA: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(1), 16-34.,
Harisudin, M., Setyowati, N., Adi, R. K., Rara, R., & Qonita, A. (2020). Inovasi Bisnis?: Upaya Adaptasi UKM Werkudoro di Era Adaptasi Kebiasaan Baru Business Innovation?: Adaptation Efforts of SMEs Werkudoro in the New Normal Era. 1(2), 81–88.
Mulyanie, E., & Romdani, A. (2018). Pohon aren sebagai tanaman fungsi konservasi. Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan dan Profesi Kegeografian, 14(2), 11-17.
Nugrahini, T. (2018). Pemanfaatan Buah Kolang Kaling Dari Hasil Perkebunan Sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Abdimas Mahakam, 2(1), 27-30.
Said, A. A. (2015). Mendesain Logo. Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. 1–10.
Sari, S. P. (2020). Strategi meningkatkan penjualan di era digital. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 3(3), 291-300.
Sjahruddin, H., Djaya, S., Mawarni, A., Pratiwi, D. A., & Mangasi, P. R. (2022). Pemanfaatan Ubi Kayu Sebagai Bahan Baku Tepung Mocaf Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi di Desa Pacellekang. Surya Abdimas, 6(1), 42-48.
Sugandi, M. K., Aripin, I., & Mu’minah, I. H. (2020). Pelatihan Entrepreneurship Melalui Pembuatan Selai Kolavsa (Kolang-Kaling Varian Rasa) Di Desa Sagara Kecamatan Argapura. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 165–174. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.314.
Yolanda, Y., & Febriyanti. (2021). Pengaruh Pemberian Kolang Kaling Terhadap Penurunan Skala Nyeri Rematik Pada Lansia. Jurnal Menara Medika, 3(2), 135–142. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index
Yuniarti, K. N. (2020). Diversifikasi Produk Olahan Kolang Kaling Dan Kelakai Untuk Meninkatkan Ekonomi Masyarakat Di Sekitar Lahan Basah. In Pro Sejahtera (Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat) Vol. 2 (1). 87-91,
Downloads
Published
Versions
- 2023-02-10 (2)
- 2023-02-10 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Herman Sjahruddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.