PEMANFAATAN LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS MAIL MERGE PADA KELURAHAN PASAR LAMA

Authors

  • Jauhari Maulani Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Ihda Innar Ridho Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Galih Mahalisa Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Muhammad Amin Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Muhammad Iqbal Firdaus Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Gita Ayu Syafarina Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Nadiya Hijriana Universitas Islam Kalimantan MAB
  • Sefto Pratama Universitas Islam Kalimantan MAB

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12086

Keywords:

Administrasi, Mail Merge, Kelurahan, Pasar Lama

Abstract

Layanan administrasi surat menyurat merupakan hal penting dalam proses penyelesaian kelengkapan berkas pada warga atau masyarakat. Selama ini, layanan administasi surat menyurat yang ada di kelurahan dilakukan dengan sistem manual, yaitu dengan langsung datang ke lokasi. Kelurahan  hanya menggunakan Template form surat yang diisi dengan tulis tangan untuk membuat pengantar dari RT, atau beberapa surat sejenisnya. Hal tersebut mempunyai kekurangan salah satunya yaitu tidak ada perekapan surat, hasil surat yang dibuat tidak statis atau format pengisian yang biasa selalu berubah-ubah, serta tidak teratur dan tertata rapi dalam pembuatan surat. Maka dari itu Pelatihan dengan materi yang diberikan oleh tim pengabdian kepada masyarakat dapat meningkatkan pengetahuan dalam administrasi berbasis mail merge lengkap pada Kelurahan Pasar Lama Banjarmasin.

References

McGill, I., Glenn, J. K., & Brockbank, A. (2014). The action learning handbook: Dibert, K., Fajarwati, I., Silalahi, T., & Fauzi, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi E-RT Berbasis Web Pada Rukun Tetangga 004 Utan Kayu Selatan Jakarta Timu. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 32–38. https://doi.org/10.35335/abdimas.v5i1.1872

Emilda, E., Harliyana, I., Maulidawati, M., & Nasrah, S. (2022). PELATIHAN PENULISAN SURAT DINAS DAN APLIKASI FUNGSI MAIL MERGE UNTUK APARATUR DESA ULEE REULEUNG KECAMATAN DEWANTARA-ACEH UTARA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN MASYARAKAT. Jurnal Vokasi, 6(1), 10. https://doi.org/10.30811/vokasi.v6i1.2445

Fery, F., & Dasril, M. (2020). Evaluasi Pelatihan Rencana Pemulihan Usaha Dalam Program Muhammadiyah Disaster Managemen Center. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(2), 160. https://doi.org/10.33474/jisop.v2i2.6542

Irawan, Y. (2015). ANALISA DAN PERANCANGAN OTOMATISASI SURAT PENGANTAR RT BERBASIS SMS GATEWAY SEBAGAI PENERAPAN KONSEP PAPERLESS OFFICE. Simetris?: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(1), 175. https://doi.org/10.24176/simet.v6i1.253

Kamila, V. Z., & Subastian, E. (2020). ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM EVALUASI PELATIHAN TENAGA KEPENDIDIKAN. Sebatik, 24(2). https://doi.org/10.46984/sebatik.v24i2.1125

Khafid, M., & Wahyudin, A. (2019). PENYUSUNAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PELAYANAN PUBLIK SURAT PENGANTAR RT/ RW ONLINE UNTUK MEWUJUDKAN SEMARANG “SMART CITY.” Rekayasa, 16(2), 209–218. https://doi.org/10.15294/rekayasa.v16i2.17517

MT, C. S., Marfuah, U., Sunardi, D., & Purnamasari Dewi, A. (2020). Evaluasi Pelatihan Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran di Lingkungan Rumah Tangga. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 3, 470–478. https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v3i0.820

Nurdiana, N., Rodiyansyah, S. F., & Algifari, A. (2020). STUDI KOMPARASI ALGORITMA ID3 DAN ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI PENYAKIT DIABETES MELLITUS. INFOTECH Journal, 6(2), 18–23. https://doi.org/10.31949/INFOTECH.V6I2.816

Prihantara, A., & Aziz, A. (2018). Sistem Informasi Pengurusan Surat Pengantar Berbasis Framework Codeigniter Guna Meningkatan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 346–353. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.1015

Saputra, I., Yanny, A., & Hutabarat, S. A. (2022). Pembuatan Surat-Menyurat Dengan Mail Merge Menggunakan Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel Versi 2019. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 2(2), 93. https://doi.org/10.30865/pengabdian.v2i2.3711

Sari, A. O., & Kholil, I. (2022). Prototype Aplikasi SI-Warga Sebagai Penunjang Administrasi Surat Pengantar dan Iuran Warga pada Rukun Tetangga. Infotek?: Jurnal Informatika Dan Teknologi, 5(2), 307–315. https://doi.org/10.29408/jit.v5i2.5897

Setyawati, E., Wijoyo, H., Suyudi, S., & Gunantara, F. A. (2021). SISTEM INFORMASI PELAYANAN ADMINISTRASI SURAT PENGANTAR BERBASIS WEBSITE DENGAN FRAMEWORK CODEIGNITER GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA DESA TAMBAKSARI KIDUL KABUPATEN BANYUMAS. Jurnal Informasi Dan Komputer, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.35959/jik.v9i1.191

Downloads

Published

2023-02-04

How to Cite

Maulani, J. ., Ridho, I. I. ., Mahalisa, G. ., Amin, M. ., Firdaus, M. I. ., Syafarina, G. A. ., Hijriana, N., & Pratama, S. . (2023). PEMANFAATAN LAYANAN ADMINISTRASI BERBASIS MAIL MERGE PADA KELURAHAN PASAR LAMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 159–163. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12086