PENYULUHAN PROGRAM PHBS CUCI TANGAN DI SD NEGERI 106165 MARINDAL I DELI SERDANG

Authors

  • Sahat Sinaga Program Studi Radiodiagnostik dan Radioterapi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Lydia Br. Barus Program Studi Pendidikan Profesi Bidan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Nurbaiti Br. Singarimbun Program Studi Sarjana Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Defacto Firmawati Zega Program Studi Sarjana Kebidanan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Helen Anjelina Simanjuntak Program Studi Sarjana Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan
  • Hermawan Purba Program Studi Sarjana Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Senior Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12062

Keywords:

Penyuluhan, PHBS, Cuci Tangan

Abstract

The degree of public health can be seen from the level of health. Efforts to improve health can be done by implementing the Clean and Healthy Living Behavior hand washing program in the school environment. Hand washing is carried out with the aim of being clean and can have an impact on preventing infectious diseases such as infections that cause diarrhea, Covid-19, intestinal worms, respiratory infections and other infections. So it is necessary to carry out community service activities in the form of Clean and Healthy Living Behavior counseling to 28 class II students at SD Negeri 106165 Marindal I Deli Serdang Regency as one of the efforts to prevent the spread of infectious diseases in the school environment which will later have an impact on the home and in the community. The activity method is carried out by lectures, questions and answers, demonstrations and evaluations. The results of the activity showed that there was an increase in students' knowledge about hand washing, the impact of not washing hands and how to wash hands properly and correctly. There are several factors that support the implementation of Clean and Healthy Living Behavior hand washing in schools, namely; the existence of teacher support, peer support, and hygiene facilities in washing hands.

References

Asda, P., & Sekarwat, N. (2020). Perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS) dan kejadian penyakit infeksi dalam keluarga di wilayah desa Donoharjo kabupaten Sleman. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 11(01), 1-6.

Gustina E., Fakhri A dan Wawan S. (2018). Peningkatan Perilaku Sehat pada Siswa Sekolah Dasar melalui PHBS di Desa Gondanglegi dan Pucangan, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 59-64.

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Profil Kesehatan RI 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015.

Kemenkes RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia.

Kushartanti, R. (2012). Beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku cuci tangan pakai sabun (CTPS)(studi di Sekolah Dasar Negeri Brebes 3). Universitas Diponegoro.

Listiadesti A U., Salman M N dan Yesi M. (2020). Efektivitas Media Vidio Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Sekolah: A Literature Review. Jurnal Menara Medika, 3(1), 54-65.

Mukminah, N., Istiarti, V. T dan Syamsulhuda, B. M. (2016). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa SD Di Wilayah Kerja Puskesmas Banyuurip Purworejo. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 4(5), 354-361.

Parasyanti N K V., NI luh G P Y dan I Gusti A A P M. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan Pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122-130.

Sinanto R A dan Sitti N D. (2020). Efektivitas Cuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Upaya Pencegahan Infeksi: Tinjauan Literatur. Jurnal Kesehatan Karya Husada, 8(2), 96-111.

Utomo A M., Dera A dan Nurahman. (2013). Hubungan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan Kejadian Diare Anak Usia Sekolah di SDN 02 Pelemsengir Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Jurnal Keperawatan FIKkeS, 6(1), 15-23.

Wikurendra E A. (2018). Pengaruh Penyuluhan Cuci Tangan Pakai Sabun Terhadap Sikap Mencuci Tangan Siswa. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 7(2): 64-69.

World Health Organization. (2016). Core questions and indicators for monitoring WASH in Schools in the Sustainable Development Goals. Geneva.

Yusanti L., Kurnia D dan Yetti P. (2020). Pendidikan Kesehatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Tentang Cuci Tangan yang Benar di SD Negeri 24 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 384-389.

Zubaidi, M. M., Hariyanto, T., & Ardiyani, V. M. (2017). Hubungan personal hygiene (cuci tangan menggunakan sabun) dengan kejadian penyakit cacingan pada anak kelas I-VI MI Nahdlatul Wathan (NW) Bimbi Desa Rensing Raya Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3), 360-367.

Downloads

Published

2023-02-03

How to Cite

Sinaga, S., Br. Barus, L. ., Br. Singarimbun, N. ., Zega, D. F. ., Simanjuntak, H. A., & Purba, H. . (2023). PENYULUHAN PROGRAM PHBS CUCI TANGAN DI SD NEGERI 106165 MARINDAL I DELI SERDANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 149–153. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.12062