PENDAMPINGAN PENYUSUNAN ASESMEN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MASA PANDEMI DI SDN GIRIMOYO 02
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v1i3.1192Keywords:
Pendampingan, AsesmenAbstract
Pelaksanaan, program pengabdian masyarakat dengan judul pendampingan ini diawali dengan workshop. Kegiatan ini melibatkan kerjasama dengan SDN Girimoyo 02 Kecamatan Karangploso. Pendampingan penyusunan asesmen ini masuk pada era revolusi industri 4.0 oleh karena itu sistem pembelajarannya kita kuatkan dari segi teknologi. Pendampingan Penyusunan Asesmen Autentik Pada Pembelajaran Tematik di SDN Girimoyo 02 Kec. Karangploso Kab. Malang dilakukan melalui 4 tahapan. Yang pertama adalah kegiatan Workshop Penyusunan Asesmen Autentik, dalam kegiatan workshop terdapat 2 materi yang disampaikan yaitu pengertian, jenis-jenis dan langkah penyusunan asesmen autentik. Tahapan kedua adalah pendampingan penyusunan Asesmen autentik, pada tahap pendampingan dilakukan dengan daring (whatapps group) dan satu kali luring dengan tatap muka antara guru dan tim pengabdi. Tahapan ketiga yaitu implementasi asesmen autentik, tahapan implementasi dilakukan dengan jumlah siswa setengah dari jumlah keseluruhan dikarenakan pada situasi pandemi. Tahapan keempat dan terakhir adalah evalusi dan reflesi terkait penyusunan asesmen autentik. Kendala yang dialami ketika kegiatan pendampingan adalah waktu pendampingan yang terbilang singkat karena kegiatan penyusunan asesmen ini ditengah tengah kegiatan guru untuk mempersiapkan materi dan video untuk pembelajaran daring dan agenda sekolahReferences
Harsiati, Titik.2011. Penilaian dan Pembelajaran. Malang. Um Press
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik: penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan kurikulum 2013. Jakarta. Rajawali Pers
O’Malley, J.M 7 Pierce, L. V. 1996. Authentic Asesment for English Language Learners Protical Approach for Teacher. USA: Addison-Wesley Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013, Standar Penilaian Pendidikan, (Lampiran)Bab II tentang StandarPenilaian Pendidikan.
Zacharis, N.T. 2010. Innovative Assessment for Learning Enhancement: Issues and Practices. Contemporary Issues in Education Research. (Online), 3 (1):61 70(http://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1072576.pdf, diakses 9 Juli 2020)