PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU-GURU MGMP MATEMATIKA DI SMP 8 PELALAWAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.11766Keywords:
Guru Profesional, Kompetensi Profesional, Artikel IlmiahAbstract
Kompetensi profesional adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki guru, kompetensi profesional berkaitan dengan kemampuan guru dalam membuat karya ilmiah dari hasil penelitian yang mereka lakukan. Kemampuan menulis artikel adalah salah satu kemampuan profesional yang harus dimiliki guru. Pada umumnya guru mengalami kesulitan dalam meningkatkan kemampuan profesional dan akademik dalam bidang penulisan karya ilmiah, karena para guru belum memiliki wawasan tentang karya ilmiah dan keterampilan yang memadai untuk menulis sebuah artikel ilmiah bahkan untuk mempublish artikel ilmiah tersebut. Oleh karena itu diperlukannya Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru-Guru MGMP Matematika di SMP 8 Pangkalan Kuras Pelalawan.Tujuan kegiatan ini adalah: (1) Menambah wawasan dan pemahaman guru-guru tentang penulisan artikel ilmiah; (2) Memotivasi guru dalam menulis artikel ilmiah; (3) Merangsang ide para guru untuk menulis artikel ilmiah; (4) Melatih guru untuk mempublish artikel ilmiah; (5) Membantu guru untuk menentukan sebuah jurnal yang cocok dengan bidang keahliannya; (6) Melatih guru memparafasekan sebuah kalimat; (7) Membimbing guru menulis artikel ilmiah sesuai template jurnal. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini dilaksanakan secara langsung melalui tatap muka dengan Guru-guru MGMP Matematika di SMP 8 Pangkalan Kuras Pelalawan. Pendampingan secara langsung diberikan kepada guru-guru dalam penulisan artikel ilmiah. Dengan kegiatan pengabdian ini guru-guru termotivasi dalam menulis artikel ilmiah serta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru-guru untuk tetap berkarya dalam menulis artikel ilmiah.References
Aisyah, E. N., & Mahari, P. (2017). Pelatihan Menuliskan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Taman Kanak-Kanak Kecamatan Tajinal Kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi, 1(1), 22–26.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approachres (Fourth Edi). Sage Publications.
Handayani, S. L., & Rukmana, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8–13.
Hasan, H., & Rahmani, D. R. (2021). Pentingnya Publikasi Ilmiah Bagi Guru. Publishing Letters, 1(1), 16–19.
Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang Maspul. Journal of Community Empowerment (MJCE), 1(1), 13–22.
Mabruri, Z. K., & Damayanti, R. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Abdimas. 22–26.
Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12.
Munasir, & dkk. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Sekolah Dasar Se-UPTD Pendidikan Kecamatan sawahan Kabupaten Nganjuk jawa Timur. Jurnal Abdi, 5(2), 119–125.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Profesional Di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1), 97–114.
Rista, & dkk. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 52–60.
Safitri, B. R. A., & dkk. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia UNDIKMA. Abdi Masyarakat, 3(4), 41–44.
Sodik, & dkk. (2014). Program Guru Menulis: Upaya Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sejarah Dalam Penulisan Karya Ilmiah Di Kabupaten Semarang. Rekayasa, 12(1), 42–47.
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2022). Pengembangan Buku Ajar Program Linier pada Mahasiswa Pendidikan Matematika. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 61–74.
Downloads
Published
Versions
- 2023-01-19 (2)
- 2023-01-18 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lilis Marina Angraini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.