STRATEGI EDUPRENEUR BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERWIRAUSAHA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.10352Keywords:
Edupreneur, Motivasi BerwirausahaAbstract
Perspektif berwirausaha sulit dan tidak bisa dilaksanakan oleh mahasiswa calon guru sekolah dasar menjadi salah satu faktor ketidaksiapan calon guru sekolah dasar dalam menumbuhkan semangat berwirausaha, sementara di era digital ini calon guru dasar harus menyiapkan kompetensi yang kompleks. Kompetensi bagi mahasiswa calon guru dasar ini membutuhkan strategi yang efektif. Maka dari itu, dibutuhkan strategi edupreneur yang konstruktif bagi calon guru sekolah dasar agar dapat menumbuhkan minatnya dalam berwirausaha. Edupreneur merupakan konsep pendidikan kewirausahaan yang menempatkan sikap berwirausaha dalam pendidikan. Adapun metode pelaksanaan dengan melakukan presentasi dan tugas proyek wirausaha. Hasil dari kegiatan ini mahasiswa calon guru sekolah dasar mampu membuat ide wirausaha dan melaksanakan praktik wirausahanya, sehingga menumbuhkan minat berwirausaha lebih konstruktif.References
Arifin, M. H. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Iklim Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Kabupaten Probolinggo. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(1), 1–3. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i1.545
Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technologies and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change, 150(September 2019), 119791. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2019.119791
Kickul, J., & Gundry, L. (2002). Prospecting for Strategic Advantage: The Proactive Entrepreneurial Personality and Small Firm Innovation. Journal of Small Business Management, 40(2), 85–97.
Kollmann, T., Stöckmann, C., Niemand, T., Hensellek, S., & de Cruppe, K. (2019). A configurational approach to entrepreneurial orientation and cooperation explaining product/service innovation in digital vs. non-digital startups. Journal of Business Research, September, 0–1. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.09.041
Maulina, E., Muftiadi, A., & Rasmini, M. (2018). Model Pemantauan Perkembangan Wirausaha Baru dalam Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Unpad, 2(1).
Winoto, J., & Rokhman, W. (2014). Motivasi Mahasiswa Menjadi Wirausaha Di Kabupaten Kudus?: Studi Komparatif. Equilibrium, 2(2), 274–287.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Muh. Husen Arifin, Yusuf Tri Herlambang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.