Analisis Upaya Meminimalisir Gangguan Keamanan Dan Ketertiban Melalui Tamping Di Lembaga Pemasyarakatan

Authors

  • Ferdinand Novereo Sebayang Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Jawa Barat
  • Padmono Wibowo Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2954

Keywords:

Tamping, Gangguan Keamanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa efektif tamping di Lembaga Pemasyarakatan  dalam upaya meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban serta menganalisis kekuatan dan kelemahan (lingkungan internal) serta peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) di Lembaga Pemasyarakatan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi kepustakaan dan internet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat beberapa kendala/kelemahan internal maupun peluang/ancaman eksternal yang dihadapi lembaga pemasyarakatan  dalam meminimlisir gangguan keamanan dan ketertiban sehingga didapatkan beberapa kesimpulan yaitu : Dari hasil temuan di lapangan menunjukkan peran tamping tidak berbeda dengan peran pekerja. Tamping sifatnya membantu petugas dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan bidangnya. Tamping tidak memiliki otorita lebih selain melaksanakan apa yang telah diperintahkan untuk menjadi tugasnya. Tamping memiliki tanggungjawab lebih daripada pekerja dalam hal sebagai penanggungjawab/kordinator.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DeVito, Joseph A. (2011). Komunikasi antar manusia, edisi 5. Alih Bahasa : Ir. Agus Maulana, M.S.M. Jakarta : Karisma Publishing Group.

Isnawati (2014). Peran Tamping dalam Pembinaan Narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Samarinda. eJournal Ilmu Sosiatri, ejournal.sos.fisipunmul.org

Jiang, Shanhe, Inmate Misconduct: A Test of the Deprivation, Importation, and Situational Models, The Prison Journal September 2002.

Liliweri, Alo, (1997), Komunikasi Antarpribadi . Citra Aditya Bakti, Bandung.

Ramalan intelijen bersama Prayitno Ramelan, Antara kerusuhan Lapas Indonesia dengan Penjara Abu Ghraib Irak.

http://ramalanintelijen.net diakses pada tanggal 7 Desember 2014 jam 2:51 Senjaya, Sasa Djuarsa, 2007, Teori Komunikasi, Jakarta : Universitas Terbuka

Downloads

Published

2021-11-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>