Analisis Peran Humas Dalam Peningkatan Citra Pemasyarakatan Di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo

Authors

  • Muhammad Rizki Adfianto Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Jawa Barat
  • Padmono Wibowo Politeknik Ilmu Pemasyarakatan, Depok, Jawa Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v2i1.2888

Keywords:

Humas, Pemasyarakatan, Warga Binaan Pemasyarakatan

Abstract

Studi ini membahas mengenai upaya untuk meningkatkan citra baik pemasyarakatan melalui peran humas di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo. Hubungan masyarakat itu sendiri, untuk saat ini merupakan suatu hal yang tidak asing lagi di telinga masyarakat, fungsinya sangat penting bagi suatu lembaga dan institusi untuk membangun citra positif dan membentuk opini baik dari masyarakat agar terus mendapatkan kepercayaan serta dukungan dari masyarakat secara menyeluruh. Rumah Tahanan itu sendiri sebagai tempat pembinaan dan perawatan tahanan dan warga binaan pemasyarakatan, masih banyak dianggap sebagai tempat penjeraan bagi warga binaan, selain itu masyarakat juga masih banyak memandang sebelah mata mantan warga binaan yang sudah menyelesaikan masa pidana nya di Lapas atau Rutan. Maka dari itu, diperlukan suatu analisis untuk mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk meningkatkan citra baik warga binaan pemasyarakatan melalui peran Humas. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara secara langsung kepada petugas pemasyarakatan yang diberikan tugas sebagai Humas di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kholiq. (2019). Efektivitas Pelaksanaan Upaya Pembinaan Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Karawang. Justisi Jurnal Ilmu Hukum, 4(1), 89–104.

Aghasafari, H., Karbasi, A., Mohammadi, H., & Calisti, R. (2020). Determination of the best strategies for development of organic farming: A SWOT – Fuzzy Analytic Network Process approach. Journal of Cleaner Production, 277, 124039.

Aitchison, Jim & Lwin, May. 2005. Clueless In Public Relation. Diterjemahkan oleh Jusupadi. PT. Bhuana Ilmu Populer, Kelompok Gramedia. Jakarta.

Abdul Firman Ashaf, 2006. Pola Relasi Media, Negara dan Masyarakat; Teori Strukturisasi Anthony Giddens sebagai Alternatif. Jurnal Sosiohumaniora, 8 (2).

Lattimore, 2010, Public Relations, Profesi dan Praktik, Salemba Humanika.

Moore, Frazier, 2004, Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moleong, Lexy J. 2008. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT.BPK Gunung Mulia

Pratama, D. A., & Maerani, I. A. (2019). Proses Pembinaan Narapidana Perempuan Di Lembaga Pemasyarakatan Klas II. A Semarang. Prosiding Konferensi Ilmiah …, 658–674.

Sinatra, Lina dan Rini Darmastuti, 2008. Kajian Peran Public Relations Dalam Meningkatkan Citra Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Tengah, Jurnal SCRIPTURA, 2 (2)

Vlados, C. (2019). On a correlative and evolutionary SWOT analysis. Journal of Strategy and Management, 12(3), 347–363. https://doi.org/10.1108/JSMA-02-2019-0026

Downloads

Published

2021-11-17

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>