Pemanfaatan Media Sosial (Youtube) pada Era New Normal Sebagai Pembelajaran Daring di SDN Langkap 3 Bangkalan

Authors

  • Diyas Age Larasati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya
  • Reza Syehma Bahtiar Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya
  • Noviana Desiningrum Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2693

Keywords:

pelatihan, media social, youtube

Abstract

Pembelajaran secara daring dibutuhkan media sosial untuk memfasilitasi dan mendukung pembelajaran agar para guru tetap bisa menunaikan tugasnya sebagai pengajar. Sementara siswa menunaikan kewajibannya untuk belajar dengan baik, walaupun tanpa kehadiran guru dihadapannya dan hanya dari rumah.Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Sekolah Dasar di SDN Langkap 3 Bangkalan tentang penggunaan media sosial youtube sebagai salah satu solusi pembelajaran daring. Metode pengabdian kepada masyarakat ini mulai dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan pelatihan diselenggarakan secara daring pada hari Jumat tanggal 17 Februari 2021. Metode pelatihan: Metode Ceramah secara daring, Metode Demontrasi secara daring, dan Metode Tanya Jawab secara daring. Pelatihan menggunakan aplikasi google meet dengan link https://meet.google.com/rvz-xgvr-nyi yang diikuti oleh 11 peserta dari guru SDN Langkap 3 Bangkalan, 10 peserta dari dosen PGSD, dan 11 peserta dari mahasiswa PGSD, Sehingga total peserta keseluruhan adalah 32 peserta. Dan tahap terakhir metode pelatihan. Para guru SDN Langkap 3 Bangkalan menyambut antusias terhadap Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, terbukti mereka ontime pada saat mengikuti kegiatan penmas secara daring ini,  sangat antusias dalam berdiskusi dan cukup interaktif selama diskusi berlangsung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung Rachmat, Iwan Krisnadi. 2020. Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (online) Untuk siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada saat pandemic Covid 19. Jakarta: Magister Teknik Elektro, Pasca Sarjana.

Bramasta, Dandy Bayu. 2020. Mengenal Apa Itu New Normal di Tengah Pandemi Corona. Diakses tanggal 20 Mei 2020 dari

http://www.kompas.com/tren/read/2020/05/20/063100865/apa-itu-new-normal-di-tengah-pandemi-corona

Iwantara,dkk. 2014. Pengaruh penggunaan media sosial youtube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Ilmiah. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesa.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Nur Solikah, Siti. 2014. Perbedaan pengaruh media youtube dan alat peraga terhadap kecemasan dan prestasi keterampilan laboratorium kebutuhan dasar manusia. Tesis. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Roida Pakpahan, Yuni Fitriani. 2020. Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid 19. Jayakarta: BSI. Vol 4.

Tjanatjantia Widika. 2013. Sejarah berdirinya yotube. https://canacantya. Wordpress.com/sejarah/sejarah-berdirinya-youtube

Yuniarto, Achmad. 2020. Arti New Normal Indonesia. https://tirto.id (diakses 15 Juli 2020).

Downloads

Published

2021-10-26

How to Cite

Larasati, D. A., Bahtiar, R. S., & Desiningrum, N. (2021). Pemanfaatan Media Sosial (Youtube) pada Era New Normal Sebagai Pembelajaran Daring di SDN Langkap 3 Bangkalan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(2), 250–253. https://doi.org/10.31004/innovative.v1i2.2693