PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN JAHE (ZINGIBER OFFICANALE ROSCOE) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA KUOK UPT BLUD PUSKESMAS KUOK TAHUN 2021

Authors

  • Asri Maslipha Wijayanti Program Studi S1 Keperawatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Apriza Apriza Program Studi S1 Keperawatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Lira Mufti Azzahri Isnaeni Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau

Keywords:

hipertensi, Hipertensi, Air Rebusan Jahe

Abstract

  Penyakit tidak menular (PTM) menjadi penyebab utama kematian secara global. Kematian akibat PTM tertinggi disebabkan oleh penyakit kardiovaskular yaitu sebanyak 39%. Penyakit kardiovaskular disebabkan oleh gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, seperti hipertensi. Salah satu penatalaksanaan hipertensi bisa dilakukan dengan terapi nonfarmakologi yaitu pemberian air rebusan jahe. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh air rebusan jahe terhadap penurunan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Kuok UPT BLUD Puskesmas Kuok. Jenis Penelitian yang digunakan  pre experimental dengan rancangan one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini penderita hipertensi berusia 46-59 tahun di Desa Kuok UPT BLUD Puskesmas Kuok dengan jumlah 15 orang dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil penelitian didapatkan bahwga rata-rata tekanan darah sebelum diberikan air rebusan jahe sistolik 150,00 mmHg dan diastolik 95,00 mmHg, rata-rata tekanan darah setelah diberikan air rebusan jahe sistolik 127,00 mmHg dan diastolik 81,00 mmHg. Terdapat pengaruh air rebusan jahe terhadap penurunan tekaan darah pada penderita hipertensi berusia 46-59 tahun di Desa Kuok UPT BLUD Puskesmas Kuok 2021 dengan p value 0,001 (<0,05). Diharapkan responden untuk dapat mengontrol tekanan darah ke pelayanan kesehatan secara rutin dan menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan tekanan darah serta mengupayakan mengkonsumsi air rebusan jahe sebagai pengobatan hipertensi.

References

Abineno, M. S., Palupi , T. W., & Jeanny, R. (2015). Manfaat Pemberian Air Rebusan Jahe Putih (Zingiber Officanale var Amarum) Terhadap Perbedaan Tekanan Darah Wanita Dewasa Penderita Hipertensi Di Desa Sukawana.

Apriza. (2019). Perbedaan Efektivitas Rebusan Daun Avocado Dan Jus Avokad Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Yang Menderita Hipertensi Di Kuok Wilayah Kerja Puskesmas Kuok. Jurnal Ners Universitas Pahlawan, 60-71.

Apriza. (2020). Perbedaan Efektivitas Konsumsi Jus Semangka Dan Jus Belimbing Wuluh Terhadap Penurunan Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkinang Kota. Jurnal Ners Universitas Pahlawan , 21-28.

Arthiyaningrum, B. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Tidah Terkendali Pada Penderita Yang Melakukan Pemeriksaan Rutin di Puskesmas Kedungmundu. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 38-40.

DepkesRI. (2018). Hipertensi Penyebab Kematian Nomor Tiga.

Jauhary, H. (2020). Sehat Tanpa Obat Khasiat Tersembunyi Jahe. Yogyakarta: Rapha Publishing.

KemenkesRI. (2018). Hipertensi Penyebab Kematian Nomor Tiga.

Nadia, E. A. (2020). Efek Pemberian Jahe Terhadap Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Medikal Hutama, 345-346.

Notoadmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sari, C. W. (2019). Hubungan Stres Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kandungora Garut. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 149.

Tjen, V. M. (2018). Pengaruh Pemberian Jahe Terhadap Perubahan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Batua. Jurnal Keperawatan, 24.

Udjianti, W. J. (2011). Keperawatan Kardiovaskular. Jakarta: Salemba Medika.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Wijayanti, A. M. ., Apriza, A., & Isnaeni, L. M. A. (2022). PENGARUH PEMBERIAN AIR REBUSAN JAHE (ZINGIBER OFFICANALE ROSCOE) TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA KUOK UPT BLUD PUSKESMAS KUOK TAHUN 2021. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(1), 27–34. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/view/8145

Issue

Section

Articles