ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. J DALAM PENURUNAN NYERI DENGAN KOMBINASI TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAH AR-RAHMAN DENGAN MEDIA WARNA HIJAU PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI RUANGAN TULIP RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU

Authors

  • Nurlinda Nurlinda Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Apriza Apriza Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Sarina Dewi Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.26300

Keywords:

asuhan keperawatan, kanker serviks, media warna hijau, skala nyeri, surat Ar-Rahman,, terapi murottal al-qur`an

Abstract

Kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks, salah satu tanda gejala pada penderita kanker serviks yaitu nyeri. Terdapat solusi untuk menurunkan skala nyeri pada pasien kanker serviks salah satunya yaitu dengan pemberian kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asuhan keperawatan dengan penerapan kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau untuk menurunkan skala nyeri pada pasien kanker serviks. Penelitian dilakukan pada tanggal 03-06 April 2023. Implementasi dilakukan selama 4 hari berturut-turut dan dilakukan 1x sehari dengan durasi 20-25 menit. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan skala nyeri setelah dilakukan terapi yaitu dari skala nyeri 5 (nyeri sedang) menurun menjadi skala nyeri 3 (nyeri ringan). Kesimpulan: Pemberian kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau pada pasien kanker serviks untuk mengurangi nyeri berjalan efektif dengan bukti adanya penurunan skala nyeri pada proses evaluasi akhir. Diharapkan klien dapat melakukan dan menerapkan terapi bila nyeri timbul.Kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim/serviks, salah satu tanda gejala pada penderita kanker serviks yaitu nyeri. Terdapat solusi untuk menurunkan skala nyeri pada pasien kanker serviks salah satunya yaitu dengan pemberian kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asuhan keperawatan dengan penerapan kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau untuk menurunkan skala nyeri pada pasien kanker serviks. Penelitian dilakukan pada tanggal 03-06 April 2023. Implementasi dilakukan selama 4 hari berturut-turut dan dilakukan 1x sehari dengan durasi 20-25 menit. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan skala nyeri setelah dilakukan terapi yaitu dari skala nyeri 5 (nyeri sedang) menurun menjadi skala nyeri 3 (nyeri ringan). Kesimpulan: Pemberian kombinasi terapi murottal Al-Qur`an surat Ar-Rahman dengan media warna hijau pada pasien kanker serviks untuk mengurangi nyeri berjalan efektif dengan bukti adanya penurunan skala nyeri pada proses evaluasi akhir. Diharapkan klien dapat melakukan dan menerapkan terapi bila nyeri timbul.

References

Angshera, R. (2020). Asuhan Keperawatan dan Literatur Review Manajemen Nyeri dengan Terapi SEFT pada Paseien Kanker. Jurnal Keperawatan.

Anwar, E. all. (2020). Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Al-Qur`an Terhadap Penurunan Dismenorea Pada Remaja Putri di SMAN 9 Kendari. Jurnal Penelitian.

Cahyanti, N. N. (2016). Asuhan Keperawatan Pada Ibu Yang Mengalami Kanker Serviks Stadium lll A Di Ruang Mawar Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Clarity, T. (2023). Stase Of The Art adalah Pengertian, Fungsi dan cara menentukannya. teknoclarity.com

Claudi, N. & S. utami & A. (2022). Gambaran Niat Wanita Usia Subur untuk Melakukan Deteksi Kanker Serviks Metode Inspeksi Visual Asam Asetat. Jurnal Keperawatan.

Darmayanti, N. P. S. (2018). Pengaruh Terapi Warna Hijau Terhadap Kecemasan Pada Pasien Diabetes Militus di UPT. Puskesmas Abiansemal I Tahun 2018.

Emil, F, S. Y. S. dan D. S. J. (2023). Inovasi Pemberian Aroma Terapi Lavender Pada Tn.M Untuk Menurunkan Tingkat Nyeri, Kecemasan dan Tekanan Darah pada Lansia yang Mengalami Hipertensi di Desa Naumbai Wilayah Kerja UPT Puskesmas Air Tiris. Jornal Universitaspahlawan.Ac.Id.

Febriyanti, D. (2019). Analisis Asuhan Keperawatan Gangguan Rasa Nyaman Nyeri Kronis Pasien Kanker Serviks dengan Terapi Spritual Emosional Freedom Technique (SEFT) di RSUD Prof. DR Margono Soekardjo Purwokerto. Jurnal Ners.

Febriyanti, D. (2023). Efektivitas Terapi Warna ( Chromatherapy) Terhadap Penurunan Kecemasan Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Akhir.

Harahap, M. H. (2020). Karakteristik Penderita Kanker Serviks di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jurnal Medika Usada.

Kemenkes. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Riau Tahun 2022. Kementerian Kesehatan RI. https://dinkes.riau.go.id

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Profil Kesehatan Indonesia. https://www.kemkes.go.id

Liani, virgo E. et. al. (2020). Kombinasi Terapi Murotal Al-Qur`an Surat Ar-Rahman dan Warna Hijau Dapat Menurunkan Nyeri Pada Pasien Kanker Serviks. Jurnal Keperawatan. https://jurnal.unissula.ac.id

Mukarromah, N. (2023). Pengaruh Kombinasi Murottal Dengan Warna Hijau Terhadap Nyeri Kanker Serviks di RSUD DR Kariadi Semarang. Jurnal Kesehatan.

Niken, S. (2020). The Application of Spritual Freedom Technique on Pain in Cancer Patients. Jurnal Global Health Research.

Novalia, V. (2023). Kanker Serviks. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Mahasiswa Malikussaleh.

Nuhan, K. & T. A. & A. M. (2018). Pengaruh Murottal Al-Qur`an Terhadap Intensitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Sectio Ceasarea. Jurnal Keperawatan, XIV, No, 1.

Pasaribu, K. M. A. & T. S. (2023). Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Terhadap Penurunan Skala Nyeri Post Operasi Mastektomi CA Mammae. Jurnal Keperawatan Merdeka (JKM), 3 Nomor 1.

PPNI, T. P. S. D. (2017). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI),Edisi 1.

PPNI, T. P. S. D. (2018). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI).

Pratitis, Izzati Adha, K. A. (2022). Literature Review?: Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Kanker Serviks. Jurnal Kesehatan Medika, 1.

Putri, E. & Y. S. & A. (2022). Asuhan Keperawatan Pada NY.L Tentang Pemberian Rebusan Daun Sirsak Terhadap Penurunan Skala Nyeri dan Takanan Darah Pada Lansia yang Mengalami Hipertensi di Desa Naumbai Wilayah Kerja UPT Puskesmas Air Tiris Tahun 2022. Jornal Universitaspahlawan.Ac.Id.

Safitri, Yenny, E. dan F. A. (2018). Perbandingan Relaksasi Benson dan Relaksasi Kesadaran Indera terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Kanker Serviks Di RSUD Bangkinang Tahun 2018. Jornal Universitaspahlawan.Ac.Id.

Safitri, Y. (2017). The Influence of Benson Relaxtion Towards The Level of Anxiety in Cervical Cancer Patients in Inpatient Ward of Camar III at General Hospital of Arifin Achmad Pekanbaru 2015. Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id.

Sari, F. N. (2018). Efektivitas Kombinasi Terapi Warna Hijau Dengan Murottal Al-Qur`an Surat Ar-Rahman Terhadap Nyeri Kanker. Jurnal Keperawatan.

Septiana, ella tari & K. J. (2019). Asuhan Keperawatan nyeri akut pada pasien ny.s dengan pasien gastritis di ruang instalasi gawat darurat Rumah Sakit Islam Siti Khadijah Palemban

Downloads

Published

2024-03-10

How to Cite

Nurlinda, N., Apriza, A., & Dewi, S. . (2024). ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. J DALAM PENURUNAN NYERI DENGAN KOMBINASI TERAPI MUROTTAL AL-QUR’AN SURAH AR-RAHMAN DENGAN MEDIA WARNA HIJAU PADA PASIEN KANKER SERVIKS DI RUANGAN TULIP RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(2), 385–395. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.26300

Issue

Section

Articles