ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. F DENGAN TERAPI MUSIK RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN ANAK DENGAN ACUTE LYMPOBLASTIC LEUKIMIA (ALL) YANG MENJALANKAN KEMOTERAPI DI RUANGAN ANGREK RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU

Authors

  • Virna Yana Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Bangkinang Kota, Indonesia
  • Putri Eka Sudiarti Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Bangkinang Kota, Indonesia
  • Gusman Virgo Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Bangkinang Kota, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.25597

Keywords:

ALL, kecemasan, kemoterapi dan terapi musik relaksasi

Abstract

Acute lymphoblastic leukemia (ALL)  adalah neoplasma ganas yang sering terjadi pada anak sekitar 31% keganasan yang terjadi pada anak usia di bawah 15 tahun. Pasien yang menjalani kemoterapi sering mengalami tingkat kecemasan yang tinggi. Terapi musik relaksasi telah diidentifikasi sebagai metode yang berpotensi mengurangi kecemasan pada pasien anak. Tujuan penelitian adalah untuk menerapkan asuhan keperawatan pada an. F dengan terapi musik relaksasi terhadap kecemasan anak dengan ALL yang menjalankan kemoterapi di Ruangan Angrek RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Asuhan keperawatan dilakukan selama tiga hari dengan pengkajian awal dilakukan 06 Juni 2023 dengan hasil skala kecemasan 6 dengan katergori sedang menggunakan Visual Analog Scale for Anxiety (VAS-A). Diagnosa keperawatan yang diangkat ansietas. Intervensi keperawatan dalam memberikan terapi musik relaksasi sebelum dan sesudah kemoterapi. Hasil implementasi menunjukkan penurunan skala kecemasan selama tiga hari perawatan dengan evaluasi selama 3 hari dapat teratasi. Kesimpulan, Terapi musik relaksasi efektif mengurangi kecemasan pada anak pasien ALL yang menjalani kemoterapi. Skor kecemasan menunjukkan penurunan dari tingkat sedang menjadi ringan, dengan perubahan positif dalam tanda-tanda vital dan reaksi pasien. Sebaiknya, bagi pasien yang sedang menjalani kemoterapi dapat diberikan terapi musik relaksasi untuk mengurangi kecemasan.

References

Alini. (2017). Pengaruh Terapi Bermain Plastisin (Playdought) Terhadap Kecemasan Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) yang Mengalami Hospitalisasi di Ruang Perawatan Anak RSUD Bangkinang Tahun 2017. Jurnal Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Vol 1, No 1, April 2017.

Astridiningrum, M. (2011). Hubungan Tahap Kemoterapi Pada Penderita Leukimia Limfoblastik Akut dengan Status Gizi di Bangsal Ilmu Kesehatan Anak RSUD DR Moewardi. Skripsi, 48.

Ellya Ma’unah. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Leukemia Anak di Kota Semarang. Digilib Unnes, 128.

Fairuz Fakhri Luthfiyan, Ieva Baniasih Akbar, L. M. K. (2022). Kajian Kemoterapi pada Anak Penderita Leukemia Limfoblastik Akut. Prosiding Kedokteran, 7, 1–3.

Fairuz Fakhri Luthfiyan, Lia Marlia Kurniawati, I. B. A. (2021). Karakteristik dan Jumlah Leukosit pada Anak Penderita Leukemia Limfoblastik Akut yang Menjalani Kemoterapi Fase Induksi di Rumah Sakit Al Islam Bandung. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 3(2), 171–174.

Ida Ariani, Nani Nurhaeni, F. T. W. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Respon Fisiologis dan Perilaku Kecemasan Anak selama Hospitalisasi The Effect of Music Therapy on physiological responses and anxiety behavior during hospitalization for child. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), VIII(2), 52.

Keumalahayati, K., & Supriyanti, S. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Beethoven untuk Mengurangi Kecemasan pada Ibu Bersalin Pre Operasi Sectio Caesar. Jkep, 3(2), 96–107.

Kustiningsih. (2018). Efektivitas Terapi Musik dalam Menurunkan Kecemasan, Tekanan Darah dan Pernapasan Anak Setelah Operasi. 8(2), 38–48.

Mutakamilah, M., Wijoyo, E. B., Yoyoh, I., & ... (2021). Pengaruh Terapi Musik terhadap Penurunan Tingkat Stres pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literature Review. Jurnal Berita Ilmu …, 14(2), 120–132.

Nelza Delinda, Inda Mariana Harahap, S. A. (2023). Asuhan Keperawatan dengan Chronic Myeloid Leukemia (Cml): Suatu Studi Kasus Nursing Care With Chronic Myeloid Leukemia (CML): A Case Study. 7(1), 58–65.

Novita M. Kana Wadu, H. S. M. (2021). Pengaruh Terapi Musik untuk Mengurangi Kecemasan Anak: Systematic Review. Pengaruh Terapi Musik UntukMengurangi Kecemasan Anak: Systematic Review, 4(2).

Novrika, B., Safitri, D. E., Sudiarti, P. E., Nisma, M., & Rahmi, A. (2022). EDUKASI CARA MENGATASI KECEMASAN PASANGAN INFERTIL YANG MENJALANI PENGOBATAN INFERTILITAS DI RSUD H. ABDUL MANAP KOTA JAMBI. Jurnal Abdimas Saintika, 4(2), 13-17.

Putu Ari Artini , K. Kurnia Kusuma Adi Negara, I. W. D. (2022). Pengaruh Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Tingkat KecemasanPerawat Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 15(1), 34–42.

Rahayu, A. S. (2017). Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre Operasi Sectio Caesarea di Ruang Bersalin RSUD Kota Madiun. BMC Public Health, 115.

Safitri, Y. Erlinawati, & Apriyanti, F.(2018). Perbandingan Relaksasi Benson Dan Relaksasi Kesadaran Indera Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Kanker Serviks Di Rsud Bangkinang Tahun 2018. Jurnal Ners, 2(1), 18-27.

Sentosa. (2020). Asuhan Keperawatan Jiwa dengan Penerapan Terapi Musik Klasik pada Tn.D Terhadap Penurunan Tanda Gejala Perilaku Kekerasan di Ruangan Merpati Rumah Sakit Jiwa Prof Hb Saanin Padang Tahun 2020. 01–107.

Tim Pokja SDKIDPP PPNI. (2017). Standar Diagnosa Keperawatan Indonesia Definisi dan Indikator Diagnostik. Jakarta: Dewan Pengurus PPNI.

Yecy Anggreny, A. (2012). Pengaruh Terapi Musik Klasik terhadap Respon Fisiologis pada Pasien yang Mengalami Kecemasan Praoperatif Ortopedi. Jurnal Kesehatan Komunitas, 1(4), 205–209.

Downloads

Published

2024-02-26

How to Cite

Virna Yana, V. Y., Sudiarti , P. E. ., & Virgo, G. . (2024). ASUHAN KEPERAWATAN PADA AN. F DENGAN TERAPI MUSIK RELAKSASI TERHADAP KECEMASAN ANAK DENGAN ACUTE LYMPOBLASTIC LEUKIMIA (ALL) YANG MENJALANKAN KEMOTERAPI DI RUANGAN ANGREK RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(2), 321–332. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.25597

Issue

Section

Articles