ASUHAN KEPERAWATAN TENTANG PENGARUH RELAKSASI NAFAS DALAM DAN TEKNIK GENGGAM JARI (FINGER HOLD) UNTUK MENGURANGI NYERI PADA PENDERITA PRE OPERASI CA OVARIUM DI RUANGAN IBS LANTAI 2 RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU

Authors

  • Veronika Vero Universitas pahlawan Tuhanku Tambusai
  • Apriza Dosen Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Wan Azlina Dosen Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.25225

Keywords:

ca ovarium, finger hold, relaksasi nafas dalam

Abstract

Penatalaksanaan atau pengobatan utama penyakit kanker meliputi empat macam yaitu pembedahan, radioterapi, terapi hormon dan kemoterapi. Pembedahan atau operasi adalah semua tindakan pengobatan yang menggunakan cara invasif yang pada umumnya dilakukan dengan membuat sayatan serta diakhiri dengan penutupan dan pejahitan luka. Akibat dari prosedur pembedahan pasien akan mengalami gangguan rasa nyaman nyeri. Salah satu pengobatan non-farmakologi yang dapat dilakukan adalah teknik relaksasi genggam jari relaksasi nafas dalam.. Tujuan penelitian adalah untuk melakukan asuhan keperawatan tentang pengaruh relaksasi nafas dalam dan teknik finger hold (genggam jari) dalam mengurangi nyeri pada pasien pre operasi ca ovarium di ruangan IBS Lantai 2 RSUD Arifin Achmad Pekanbaru. Penelitian dilakukan pada tanggal tanggal 26 Januari 2022.. Hasil penelitian menunjukkan setelah melakukan terapi teknik relaksasi nafas dalam skala nyeri pasien belum menunjukkan adanya signifikan dari skala nyeri 5-4 maka dari itu perawat mengkombinasikan dengan melakukan teknik genggam jari (finger hold) dan didapat kan skala nyeri pasien menurun dari 5 menjadi 4 dan klien mengatakan dapat lebih tenang dan dapat melakukan relaksasi nafas dalam dan teknik genggam jari (finger hold). Diharapkan klien untuk selalu dapat memperhatikan kesehatannya, selalu melakukan relaksasi nafas dalam dan teknik genggam jari (finger hold) dengan rutin dan memperhatikan waktu istirahat.Kata kunci : Ca Ovarium, Relaksasi Nafas Dalam, Finger Hold

References

Alkafi. (2014). File Jadi Propolis terhadap Tukak Lambung. Jurnal Kesehatan.

Amanda. (2020). Penerapan teknik relaksasi napas dalam memberikan asuhan keperawatan pada ibu post partum dengan post sectio caesarea di ruangan siti aisyah RS Islam Ibnu Sina Bukittinggi tahun 2020. Jurnal Perintis.

Andriyani. (2020). Perbedaan relaksasi nafas dalam dengan genggam jari terhadap penurunan nyeri post operasi laparatomi di RSUD Temanggung. Jurnal Keperawatan Temanggung.

BPPKDepkes. (2013). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. Jakarta: Kemenkes RI.

Dewi. (2017). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam terhadap Penurunan Persepsi Nyeri pada Lansia dengan Arhtiris rheumatoid. Jurnal Keperawatan.

Dina. (2019). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam terhadap Penurunan Persepsi Nyeri pada Lansia dengan Artritis reumatoid. Jurnal Kesehatan.

Inggriana. (2019). Asuhan keperawatan hipertensi pada Ny. J dengan teknik relaksasi napas dalam di ruang Dahlia RSUD H. Hnfie Muara Bungo 2019. Jurnal Perintis.

Kuntoro. (2017). Pengaruh tekhnik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri pada pasien pasca operasi di bangsal bedah kelas III rumah sakit umum daerah wates. Jurnal Kesehatan.

Satriyo. (2016). Pengaruh pemberian teknik relaksasi nafas dalam terhadap tingkat nyeri pada pasien post operasi dengan anastesi umum di RSUD Dr. moewardi Surakarta. Jurnal Keperawatan Surakarta.

Sayuti. (2020). Karakteristik Peritonitis Perforasi Organ Berongga di RSUD Cut Meutia Aceh Utara. Jurnal Averrous.

SDKI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia Cetakan III. Jakarta: Dewan pengurus Pusat PPNI.

Sri. (2016). Efektivitas relaksasi napas dalam dan distraksi dengan latihan 5 jari terhadap nyeri post laparatomi. Jurnal Keperawatan Volume 4.

Utami. (2016). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat terhadap Intensitas Nyeri pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif. Jurnal Kesehatan Rahayu Semarang.

Wianti. (2018). Perbedaan efektivitas teknik relaksasi nafas dalam dan kompres hangat dalam penurunan nyeri dysmenorrhea. Jurnal Keperawatan Silampari.

Zainudin. (2015). Asuhan keperawatan pada pasien bapak S yang menjalani pasca operasi laparatomi dengan indikasi ulkus peptikum e.c perforasi gaster diruang cempaka rumah sakit umum daerah abdul wahab sjahranie samarinda. Jurnal Kesehatan Samarinda.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Vero, V., Apriza, & Wan Azlina. (2024). ASUHAN KEPERAWATAN TENTANG PENGARUH RELAKSASI NAFAS DALAM DAN TEKNIK GENGGAM JARI (FINGER HOLD) UNTUK MENGURANGI NYERI PADA PENDERITA PRE OPERASI CA OVARIUM DI RUANGAN IBS LANTAI 2 RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(1), 173–178. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.25225

Issue

Section

Articles