ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN RESIKO BUNUH DIRI DI RUANGAN MANDAU RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PEKANBARU PROVINSI RIAU

Authors

  • aisyahputri hidayah universitas pahlawan tuanku tambusai
  • apriza DIII Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.25192

Keywords:

asuhan keperawatan jiwa, resiko bunuh

Abstract

Skizofrenia (schizophrenia) adalah gangguan yang terjadi pada fungsi otak. Skizofrenia juga dapat diartikan terpecahnya pikiran, perasaan, dan perilaku sehingga yang dilakukan tidak sesuai dengan pikiran dan perasaan orang yang mengalaminya. Tanda dan gejala pada klien skizofrenia yaitu waham, halusinasi, pembicaraan tidak teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Asuhan Keperawatan Jiwa Skizonefria Dengan Resiko Bunuh Diri Di Ruangan Mandau Rumah Sakit Jiwa Tampan Pekanbaru Provinsi Riau 2023. Penelitian ini menggunakan desain dalam bentuk studi kasus kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu klien yang mengalami Skizofrenia denganResiko Bunuh Diri Di Ruangan Mandau. Data dikumpulkan dengan cara wawancara langsung pada klien yang mengalami Skizofrenia dengan resiko bunuh diri, studi dokumentasi, dan pemeriksaan fisik pada hari pertama sampai hari ketiga. Hasil dari penelitian studi kasus yang diberikan pada Tn.Y yang dilakukan tiga kali kunjungan,awalnya Tn.Y mengatakan diri nya tidak berguna lagi dan merasa tidak ada yang peduli dengan nya. Setelah dilakukan Asuhan Keperawatan Jiwa berupa Strategi Pelaksanaan Halusinasimembuahkan hasil, Berdasarkan evaluasi yang telah didapatkandimana risiko bunuh diri pada klien tercapai sebagian, apabila klienmendengar suara-suara yang mengganggunya sudah bisa menerapkan strategi pelaksaan halusinasi yang diajarkan perawat. Asuhan yang diberikan terlaksanakan dengan baik dan lancar.

References

Astuti, Y. D. (2019). Kesepian dan Ide Bunuh Diri di Kalangan Tenaga Kerja Indonesia. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24, 35–https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss1.art4

Depkes RI. (2019). Riset Kesehatan Dasar. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Gunarni, E. (2017). Asuhan Keperawatan Risiko Bunuh Diri Pada Tn.M Dengan Skizofrenia Paranoid Di Ruang Bima Rsud Banyumas Kti. Politeknik Kesehatan Kemenkkes Semarang.

Kaplan, H. I. , Sadock, B. J. (2014). Gangguan Kecemasan. Dalam Kaplan- Sadock Sinopsis Psikiatri Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis JilidDua (hal. 3): Vol. V (Issue 2). Binarupa Aksara.

Maramis, W. F. (2006). Catatan ilmu kedokteran jiwa. Airlangga UniversityPress.

Pardede, J. A., Silitonga, E., & Laia, G. E. H. (2020). The Effects of Cognitive Therapy on Changes in Symptoms of Hallucinations in Schizophrenic Patients. Indian Journal of Public Health, 11(10), 257.

Pardede, J. A., & Ramadia, A. (2021). SelfEfficacy Dan Peran Keluarga Berhubungan Dengan Frekuensi Kekambuhan Pasien Skizofrenia. Jurnal Keperawatan Jiwa, 4(1), 57–66.

Prabowo, E. (2014). Buku Aj ar Keperawatan Jiwa. Nuha Medika. Reynolds, W.

M. (1991). Psychometric Characteristics of the Adult Suicidal Ideation Questionnaire in College Students. Journal of Personality Assessment, 2(65), 289–307.

Riskesdes. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018.

Sadock, B., Sadock, V., & Ruiz, P. (2017). Kaplan & Sadock’s Comprehensive Textbook of Psychiatry 10th Edition. Wolters Kluwer.

Sibarani, D. R. (2020). Literatur Riview: Dukungan Emosional Keluarga Dalam Perawatan Penderita Skizofrenia Tahun 2020. Politeknik Kesehatan Kemenkes Medan.

Townsend, M. C. (2018). Psychiatric Mental Perawatan Kesehatan: Konsep Perawatan di Bukti-Based Practice 6 Ed. FA Davis Press.

Videback, S. L. (2008). Buku ajar keperawatan jiwa. EGC.

Yosep, I,. & Sutini, T. (2016). Buku Ajar Keperawatan Jiwa dan Advance Mental Health Nursing (Vol. 10, Issue 02). Refika Aditama.

Zaini, M. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa Masalah Psikososial di Pelayanan Klinis dan Komunitas. Deepublish

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

hidayah, aisyahputri, & apriza. (2024). ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN RESIKO BUNUH DIRI DI RUANGAN MANDAU RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PEKANBARU PROVINSI RIAU. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(1), 161–172. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.25192

Issue

Section

Articles