HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2023

Authors

  • Rise Rise Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Alini Alini Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Indrawati Indrawati Program Studi S1 Keperawatan, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.23923

Keywords:

Instalasi Gawat Darurat (IGD), Kepuasan Keluarga, Kualitas Pelayanan

Abstract

Kualitas pelayanan yaitu seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima. Prinsip umum pelayanan IGD mengenai standar IGD rumah sakit yaitu pasien gawat darurat harus ditangani dalam waktu 5 (lima) menit sejak kedatangannya di IGD. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota Tahun 2023. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Penelitian dilakukan pada tanggal 04-10 Juli 2023 dengan jumlah sampel 92 responden yang diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah analisa univariat dan bivariat dengan Uji Chi-Square. Hasil analisa univariat kualitas pelayanan dari dimensi Kehandalan diperoleh 51 responden (55,4%) mengatakan tidak handal, dari dimensi Ketanggapan diperoleh 57 responden (62,0) mengatakan tidak tanggap, dari dimensi Jaminan diperoleh 55 responden (59,8%) mengatakan tidak jaminan, dari dimensi Empati diperoleh 60 responden (65,2%) mengatakan tidak empati, dari dimensi Bukti Fisik diperoleh 33 responden (35,9%) mengatakan tidak menarik, dan berdasarkan kepuasan keluarga pasien diperoleh 59 responden (64,1) mengatakan tidak puas. Diperoleh hasil ada hubungan yang signifikan dari dimensi kehandalan (0,000), ketanggapan (0,000), dan dimensi empati (0,000) dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota. Sedangkan dari dimensi jaminan (0,271) dan bukti fisik (0,259) tidak ada hubungan kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Bangkinang Kota.

References

Aprillia, M. dkk. (2021). Hubungan Respon Time Perawat Terhadap Kepuasaan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat. Media Husada Journal of Nursing Science. https://mhjns.widyagamahusada.ac.id/index.php/mhjns/article/view/3/26

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 856 Tahun 2018, tentang Standar Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit.

Notoadmojo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Ani, S., (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Sumedang. VII, 5-11.

Aryani, A., Vitri Dyah Herawati, & Ngadimin. (2022). Identifikasi Kepuasan Keluarga Pasien Berdasarkan Respon Time Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. TriageJurnal Ilmu Keperawatan. http://journal.umkla.ac.id/index.php/triage/article/view/27/16

dorothea wahyu ariani. (2021). manajemen kualitas. Buku Manajemen Kualitas Edisi 2. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/12996/1/2020-Ariani-Manajemen Kualitas.pdf

Gobel Y, Wahidin, Mutaqqin., (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Vol. 24 No. 3. Hal. 178-179

Gobel, dkk (2016). Hubungan Peran Perawat Sebagai Care Giver dengan Tingkat Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Di RSU. GMIBM MONOPIA KOTAMOBAGU Kabupaten Bolaang Mongondow. Vol.4 No.2

Junita B, Raymond. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Vol. 6, No. 1. Hal 51-52

Kuryadinata, R. saputri, Rohmah, M., & Septimar, zahra maulida. (2022). Hubungan Waktu Tanggap Pelayanan Kegawatdaruratan Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di Unit Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan Panrita Husada, 7(1), 1?12. https://doi.org/10-37362

Lapian, dkk. (2016). Hubungan Pemberian Informasi Sebelum Tindakan Operasi Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien di RSUP PROF. DR.R.D. KANDOU Manado. Vol. 4., No. 1

Luan G M, Prayogi A, Badi?ah P, Murwani A., (2018). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RS Tk. III 04.06.03 Dr. Soetarto Yogyakarta. Vol 1 No. 2. 10 -11.

Maghfiroh, 2019. Hubungan Waktu Tunggu dan Length of Stay (Los) Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat. Vol.4

Makkasau Plasay, Muh. Zukri Malik, F. R. (2018). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI. Program Studi S1 Keperawatan STIKES Panakkukang Makassar. https://stikespanakkukang.ac.id/assets/uploads/alumni/631f44bbbbfd1f5079e4337fa4f60c57.pdf

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan edisi kelima. Jakarta. Salemba Medika

Nursalam. (2017). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Permenkes RI No. 47 Tahun 2018 Tentang PAsien Gawat Darurat.

Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina. (2021). Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Demang Sepulau Raya Lampung Tengah. Jurnal Wacana Kesehatan. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/281-551-1-SM.pdf

Purwanto dkk (2016). Hubungan Antara Kinerja Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Cilacap.http://download.portalgaruda.org/article.

Retnaningsih D, dkk. (2017). Jurnal Kesehatan Kusuma Husada. Kepuasan Keluarga Pasien Di Ruang Icu Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Hal. 2-3

RSUD Bangkinang (2019). Data Pasien yang Datang Ke IGD RSUD Bangkinang Kota.

Sihotang, U. W. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di RSUD Dr. Hadrianus Sinaga Kabupaten Samosir. Repository Universitas HKBP Nomensen. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/5006

Suprapto1, S., Rifdan2, R., & Hamsu Abdul Gani. (2021). Strategi Pengembangan Kapasitas Perawat dalam Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/536-Article Text-3578-5-10-20210609.pdf

Yunita M, Saptiningsih M, Prihasto S., (2016). Analisa Tingkat Kepuasan Keluarga Tentang Pelayanan Perawat Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung. 71-72

Yunita, G., Wahidin, & Muttaqin. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kota Makassar. Jurnal Administrasi Negara. http://journal.stialanmakassar.ac.id/index.php/jurnal_administrasi_negara/article/view/420/52

Yunita, Irhamuddin. (2019). Hubungan Respon Time Perawat Instalasi Gawat Darurat Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Tembakau Deli Medika Deli Serdang Tahun 2018. Vol.4. No.1

Syari Yulianti. (2017). pengaruh kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien di IGD RSUD dr.ABDUL RIVAI Kabupaten BERAU. Pascasarjana Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2024-04-16

How to Cite

Rise, R., Alini, A., & Indrawati, I. (2024). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD BANGKINANG KOTA TAHUN 2023. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(2), 486–494. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i2.23923

Issue

Section

Articles