ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. E TENTANG PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM DAN TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI NYERI PADA PASIEN POST OPERASI KISTA ENDOMETRIOSIS

Authors

  • Rahmaniat Putriani Gea Mahasiswa Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Apriza Apriza Dosen Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Neneng Fitria Ningsih Dosen Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.21958

Keywords:

Asuhan Keperawatan, Kista Endometriosis, Laparatomi, Nyeri, Teknik Relaksasi Napas Dalam, Terapi Musik

Abstract

Laparatomi merupakan salah satu tindakan pembedahan yang biasa dilakukan untuk menangani kista endometriosis. Setelah menjalani operasi kista endometriosis, pasien biasanya akan mengalami berbagai gejala yang mana salah satu keluhan yang sering ditemukan yaitu masalah nyeri. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi nyeri yaitu manajemen nyeri non farmakologis dengan pemberian teknik relaksasi napas dalam dan terapi musik. Tujuan Karya Ilmiah Akhir Ners ini adalah menganalisis intervensi teknik relaksasi napas dalam dan terapi musik untuk mengurangi nyeri pada pasien post operasi kista endometriosis di ruang Teratai RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian deskriptif dalam bentuk studi kasus dengan pendekatan asuhan keperawatan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 14-16 Maret 2023. Pada awal pengkajian didapatkan skala nyeri pasien 7 (nyeri berat) dan setelah dilakukan teknik relaksasi napas dalam dan terapi musik selama 3 hari dalam waktu 15 menit didapatkan skala nyeri menurun menjadi 3 (nyeri ringan). Hal ini menunjukkan teknik relaksasi napas dalam dan terapi musik berpengaruh dalam menurunkan nyeri pada pasien post operasi kista endometriosis. Diharapkan teknik relaksasi napas dalam dan terapi musik ini dapat menjadi salah satu tindakan keperawatan yang ditujukan dalam mengatasi masalah keperawatan nyeri pada pasien post operasi kista endometriosis.

References

Agus et al. (2021). Pengaruh Teknik Distraksi dan Teknik Relaksasi terhadap Skala Nyeri Selama Perawatan Luka Operasi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Keperawatan, 1(1), 1–14.

Aydede, R. (2020). Manajemen Nyeri Pada Lansia Dengan Pendekatan Non Farmakologi. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 2(1), 1–7.

Iskandar, A. (2021). Konsep Dasar Kista Endometriosis. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 7(2), 1–12.

Joan, L. (2017). Buku Ajar Visual Nursing Medikal Bedah. Tangerang Selatan: Binarupa Aksara Publisher.

Marlinda. (2017). Laporan Asuhan Keperawatan Maternitas dengan Fokus Penerapan Teori Confort Kolcaba dan Loss & Grief Kubler-Ross pada Klien dengan Kista Endometriosis.

Octavianny, A. (2021). Hubungan Kista Endometriosis dengan Kejadian Infertilitas di RSUD Tugurejo Semarang. Universitas Muhammadiyah Semarang, 4, 1–11.

Purwaningtyas & Masruroh. (2021). Efektivitas Pemberian Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Pada Pasien Post Sectio Caesarea Di Ruang Flamboyan 1 RSUD Salatiga. Journal of Holistics and Health Science, 3, 3-4.

Puspitaningdyah et al. (2021). Effectiveness of Deep Breathing Relaxation and Music Therapy as a Pain-Reducing Intervention in Post Caesarean Section Patients. Advances in Health Sciences Research, 4, 1–5.

Rahmah & Widiyastuti, Y. (2019). Pengaruh Terapi Musik Untuk Mengurangi Intensitas Nyeri Saat Perawatan Luka Post Op Laparatomy Hari Ke 2 di RSUD Dr. Moewardi. Jurnal Profesi, 11, 2–4.

Rosmiati, Y. (2021). Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Pasien Post Operasi Laparatomi di Ruang Al-Insan Rumah Sakit Aisyah Kota Lubuk Linggau. ANJANI Journal (Medical Science & Healthcare Studies), 1(1), 33–40.

Rulian et al. (2022). Penerapan Kombinasi Terapi Nafas Dalam dan Musik Klasik dalam Mengurangi Nyeri Akut Post Operasi Appendicitis di Ruang Bima RSUD Jombang. Journal of Holistics and Sciences, 1(1), 1-15.

Safitri, Y. (2017). Perbandingan Efektifitas Massage Dan Kompres Hangat Terhadap Nyeri Persalinan Kala 1 Fase Aktif. Jurnal Ners,1(2), 52–57.

Safitri, Y., Juwita, D. S., & Apriyandi, F. (2022). Pengaruh Terapi Musik Islami Terhadap Kecemasan Pada Lansia Yang Mengalami Hipertensi Di Desa Batu Belah Wilayah Kerja Puskesmas Air Tiris Kecamatan Kampar Tahun 2022. Jurnal Ners, 6(2), 138–143.

Syamsiah, A. (2019). Perbedaan Terapi Relaksasi Nafas Dalam dan Terapi Benson Terhadap Kualitas Tidur Lansia. Universitas Muhammadiyah Malang.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. Jakarta:Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. (2019). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. Jakarta:Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. Jakarta:Dewan Pengurus Pusat PPNI.

Tomy, N. (2017). Pengaruh Teknik Relaksasi Dalam Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Pada Lansia Dengan Rheumatoid Arthritis. Journal Of Health Science, 2(1), 1–10.

Utomo et al. (2020). Efektifitas antara Terapi Musik Religi dan Slow Deep Breathing Relaxation terhadap Intensitas Nyeri pada Pasien Post Operasi Bedah Mayor di RSUD Unggaran. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan (JIKK), 4(1), 1–13.

World Health Organization (WHO). (2021). Jumlah Kasus Kista Endometriosis. Diakses pada Agustus 2023.

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Gea, R. P. ., Apriza, A., & Ningsih, N. F. . (2024). ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. E TENTANG PENERAPAN TEKNIK RELAKSASI NAPAS DALAM DAN TERAPI MUSIK UNTUK MENGURANGI NYERI PADA PASIEN POST OPERASI KISTA ENDOMETRIOSIS . SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.31004/sjkt.v3i1.21958

Issue

Section

Articles