HUBUNGAN PERILAKU “CERDIK” DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI

Authors

  • Shuici Muliani Prodi S1 Kesehatan Masyarakat ,Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lira Mufti Azzahri Prodi S1 Kesehatan Masyarakat ,Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nislawaty Nislawaty Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i4.19539

Keywords:

CERDIK, Lansia, Perilaku, Tekanan Darah

Abstract

Perilaku “CERDIK” ialah perilaku sehat yang mampu membantu seseorang atau sekelompok orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi, agar dapat terhindar dan memiliki kualitas kesehatan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan perilaku “CERDIK” dengan tekanan darah pada lansia mengalami hipertensi di Desa Tarai Bangun Wilayah Kerja UPT Puskesmas Tambang tahun 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif analitik dengan desain cross sectional. Penelitian ini dimulai pada tanggal 22-27 Mei 2023 dengan populasi 363 lansia hipertensi dan  jumlah sampel 190 responden yang didapat dengan teknik systematic random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui kuesioner perilaku “CERDIK”. Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil analisa univariat diperoleh 99 responden (52,1%) perilaku “CERDIK” yang buruk, 60 responden (31,6%) lansia mengalami hipertensi tidak terkontrol. Hasil uji chi-square dimana ada hubungan perilaku “CERDIK” dengan tekanan darah pada lansia hipertensi dengan  p value = 0,000 (< 0,05). Diharapkan pada lansia bisa melakukan penatalaksanaan nonfarmakologi yang sesuai melalui pencegahan dengan menghindari asap rokok dan merokok, makanan bersantan serta dapat mengelola stres dengan baik , melakukan aktivitas fisik 3 kali dalam seminggu selama minimal 30 menit sehari, dan mengurangi makanan yang asin dan makanan yang berminyak

References

Alodokter. (2023). Hipotensi. https://www.alodokter.com/hipotensi. Diakses tanggal 5 April 2023.

Amanda, D., & Martini, S. (2018). Hubungan Karakteristik Dan Obesitas Sentral Dengan Kejadian Hipertensi. Jurnal Berkala Epidemiologi. Jawa Timur.

Amirah, N. B. (2019). Hubungan Stres Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Kampa. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Andi Kasrida Dahlan, S. M. (2018). Kesehatan Lansia. Jawa Timur: Intimedia.

Azhari, M. S. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Dukungan Keluarga Tentang Kepatuhan Minum Obat Pada Lansia Penderita Hipertensi Di Desa Koto Perembahan Wilayah Kerja Upt Puskesmas Kampar Timur. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Bayhakki, S. H. (2019). Hubungan Perilaku CERDIK terhadap Pengontrolan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Masa Pandemi COVID-19. Journal of Holistic Nursing and Health Science.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian : Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak.

Hidayat, A. A. (2015). Metode Penelitian Kesehatan Paradigma Kuantitatif. Surabaya: Health Books Publishing.

Kemenkes RI, (2016). Bulan Hipertensi, Saatnya Rutin Cek Tekanan Darah dan Denyut Nadi. https://www.kemkes.go.id/article/view/16052300003/bulan-hipertensi-saatnya-rutin-cek-tekanan-darah-dan-denyut-nadi.html Diakses tanggal 31 Mei 2023.

Kemenkes RI, (2017). Direktorat Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular. Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI. Cek Kesehatan Secara Rutin. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/cek-kesehatan-secara-rutin Diakses tanggal 8 April 2023.

Kementerian Kesehatan RI. Enyahkan Asap Rokok. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/enyahkan-asap-rokok/ Diakses tanggal 8 April 2023.

Kementerian Kesehatan RI. Rajin Aktivitas Fisik. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/rajin-aktifitas-fisik Diakses tanggal 8 April 2023.

Kementerian Kesehatan RI. Diet Seimbang. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/diet-seimbang Diakses tanggal 8 April 2023.

Kementerian Kesehatan RI. Istirahat Yang Cukup. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/istirahat-cukup Diakses tanggal 8 April 2023.

Kementerian Kesehatan RI. Kelola Stres. [serial online]. https://p2ptm.kemkes.go.id/cerdik/kelola-stres/ Diakses tanggal 8 April 2023.

Kowalak Jennifer P. (2013). Buku Ajar Patofisiologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Lestari, W., Apriza, Alini, & Sudiarti, P. E. (2022). Pengaruh Rebusan Daun Alpukat Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi. Jurnal Kesehatan Tambusai.

Manuntung, Alfeus. (2019). Terapi Perilaku Kognitif Pada Pasien Hipertensi. Malang : Wineka Media.

Nalisa, F. (2021). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tindakan Pengendalian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Kuok Wilayah Kerja Upt Blud Puskesmas Kuok. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Naryati, & Priyono, N. N. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengontrolan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi. Malahayati Nursing Journal, 156.

Nurarif, A. H., & Kusuma, H. (2015). Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa dan Nanda NIC NOC Jilid 1. Jogjakarta: Mediaction.

Nursalam. (2016). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2020). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pendekatan Praktis Edisi 5. Jakarta Selatan : Salemba Medika.

Noorhidayah, S. A. (2016). Hubungan Kepatuhan Minum Obat Antihipertensi Terhadap Tekanan Darah Pasien Hipertensi di Desa Salamrejo. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Notoadmodjo, S. (2017). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Palimbong, S., Kurniasari, M. D, & Kiha, R. R. (2018). Keefektifan Diet Rendah Garam Pada Makanan Biasa Dan Lunak Terhadap Lama Kesembuhan Pasien Hipertensi. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.

Pambudi, A. (2019). Hubungan Perilaku CERDIK Dengan Derajat Hipertensi Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Pandawangi Kota Malang. Universitas Brawijaya.

Ramadhan, M. A. A, & Setyowati, D. (2021). Modul Pencegahan Hipertensi Dengan “Kardio”. Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman.

Sari, W. C. (2022). Hubungan Riwayat Keluarga, Status Gizi Dan Aktivitas Fisik Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Desa Batu Belah Wilayah Kerja Upt Puskesmas Air Tiris. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

South, P., & Jeanette, E. (2014). Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi. Jakarta: Unsrat ejournal

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Suprayitno, E. (2020). Modul Selfcare (perawatan diri) Penderita Hipertensi. 1-20.

Sya’diyah, H. (2018). Keperawatan Lanjut Usia. Sidoarjo: Indomedia Pustaka.

Trisnowati, H. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Pencegahan Faktor Fisiko Penyakit Tidak Menular (Studi pada pedesaan di Yogyakarta). Media Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Upoyo, A. S., Isworo, A., & Ekowati, W. (2021). Manajemen Stress Psikologis untuk Pengendalian Tekanan Darah dengan Hipnoterapi Pada Kelompok Penderita Hipertensi RW I Mersi Kabupaten Banyumas. Purwokerto.

Veronika. (2021). Pengaruh Pemberian Jus Kunyit Terhadap Tekanan Darah Pada Lansia Di Desa Lereng Di Wilayah Kerja Upt Blud Puskesmas Kuok. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Downloads

Published

2023-12-09

How to Cite

Muliani, S. ., Azzahri , L. M. ., & Nislawaty, N. (2023). HUBUNGAN PERILAKU “CERDIK” DENGAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(4), 286–292. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i4.19539