PERILAKU MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR YARSI BUKITTINGGI DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN E – LEARNING

Authors

  • Sri Hayulita Prodi S1 Keperawatan FIK UM. Natsir Yarsi Bukittinggi
  • Nisa Anggraini Prodi S1 Keperawatan FIK UM. Natsir Yarsi Bukittinggi
  • Abdi Setia Putra Prodi S1 Keperawatan FIK UM. Natsir Yarsi Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i3.17416

Keywords:

Perilaku Mahasiswa, Teknologi Pembelajaran E-Learning

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui program belajar jarak jauh. Program tersebut merupakan alternatif yang digunakan oleh setiap universitas saat ini. Salah satu bentuk dari pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran E-Learning yang dapat dilakukan dengan bantuan media digital di dalamnya. Dengan berubahnya suatu sistem pembelajaran, tentunya akan menghasilkan pola-pola dan perilaku dari para pelakunya. Perilaku atau kebiasaan yang dituntut dalam penerapan E-Learning adalah kemandirian, kedisplinan, dan komitmen baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Universitas Mohammad Natsir Yarsi Bukittinggi dalam menggunakan teknologi pembelajaran E–Learning. Jenis peneliian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan stratified random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Universitas Mohammad Natsir Yarsi Bukittinggi tahun 2022. Jumlah sampel sebanyak 172 orang responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa distribusi frekuensi perilaku kemandirian mahasiswa lebih dari separo yaitu sebanyak 88 orang ( 51,2% ) termasuk kategori negatif. Distribusi Frekuensi perilaku mahasiswa dengan indikator kedisiplinan lebih dari separo ( 52, 9% ) termasuk kategori negatif. Dan juga distribusi frekuensi perilaku dengan indikator komitmen terdapat lebih dari separo yaitu sebanyak 100 orang ( 58,1% ) termasuk kategori negatif. Kesimpulan penelitian ini terdapat lebih dari separo perilaku mahasiswa dalam penggunaan E-Learning dengan indikator kemandirian, kedisiplinan dan komitmen dalam pembelajaran masih dikatakan dalam kategori negatif. Saran kepada pihak Universitas Mohammad Natsir Yarsi Bukittinggi untuk lebih meningkatkan perilaku pembelajaran aktif penggunaan E-Learning kepada Mahasiswa sehingga munculnya perilaku positif dalam pembelajaran jarak jauh.

References

Argaheni, Niken Bayu. 2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia.” PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya 8(2): 99.

Arliani, E, and D B Widjayanti. 2018. “Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Melalui Pendekatan Kontrak Perkuliahan (Learning Contract) ….” … Nasional MIPA. https://eprints. uny. ac. id …. https://eprints.uny.ac.id/12001/1/PM - 103 Elly Arliani, dkk.pdf.

Asiah, Nur. 2021. “Gambaran Proses Pembelajaran E-Learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta.” Majalah Kesehatan Pharmamedika 12(2): 54–65.

Astitiani1, Ni Luh Putu Surya, and Kadek Riyan Putra Richadinata. 2021. “Pengaruh Motivasi, Persepsi Mahasiswa Dan Penerapan.” 10(1): 41–61.

Astuti, Yuni, Anik Herminingsih, and Suprapto. 2018. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perilaku Menyontek (Studi Kasus Program Studi Manajemen S1 FEB-UMB Jakarta).” Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial (JIES) 5(3): 355. https://www.neliti.com/id/publications/237544/persepsi-mahasiswa-terhadap-perilaku-menyontek-studi-kasus-program-studi-manajem.

Ayu, Devi Puspita, and Rahma Amelia. 2020. “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital.” Proceedings 1(2): 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/article/view/7145.

Bahra, Al-, and Memed Sena Setiawan. 2019. “Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Keperawatan RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.” Journal Educational of Nursing(Jen) 2(2): 50–55.

Dewi, Desi Purnama, and Alfi Nura. 2021. “Pengaruh Pemanfaatan E-Learning Dan Minat Belajar Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Hasmalawati, Nur, and Nida Hasanati. 2018. “Perbedaan Tingkat Kelekatan Dan Kemandirian Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” Psikoislamedia Jurnal Psikologi 3(1): 1–11. https://jurnal.ar- raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/2472.

Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, and Hary Ramadhan. 2020. “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34(2): 147–54.

Januarti, Drakel. Wahyuni, Maria Heny Pratiknjo, and Titiek Mulianti. 2018. “Perilaku Mahasiswa Dalam Menggunakan Media Sosial Di Universitas Sam Ratulangi Manado.” Journal Unair (21): 1–20.

Khairunnisa, Mustakim Sagita. 2019. “Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0.” Jurnal Sosial Humaniora Sigli 2(2): 35–41.

Lailiana, Nur Aulia, and Agustin Handayani. 2017. “Motivasi Berprestasi Ditinjau Dari Komitmen Terhadap Tugas Pada Mahasiswa.” The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula: 89–96.

Marlena, Mela. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 22 Kota Bengkulu.” : 1–95.

Miza Nina Adlini, M.Pd. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Menggunakan Google Classroom Pada Mata Kuliah Biologi Umum Di UINSU.” : 9–25

Sinaga, Mei Rianita Elfrida, and Erik Adik Putra Kurniawan. 2021. “Bagaimana Mahasiswa Keperawatan Menjalani Pembelajaran Daring?” Jurnal Keperawatan 13(4): 827–36. https://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan/article/view/1736.

Soekesi, Agustine Eva Maria. 2018. “Identifikasi Perilaku Dan Kesiapan Mahasiswa Yang Mendukung Penerapan E-Learning.” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2018(Snati).

Sudiksa, IM, DGH Divayana, and IWS Warpala. 2020. “Pengaruh E-Learning Dan Lingkungan Kampus Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 10(2): 86–97.

Sugiono et al. 2019. “Pengelompokan Perilaku Mahasiswa Pada Perkuliahan E- Learning Dengan K-Means Clustering.” Jurnal Kajian Ilmiah 19(2): 126–33.

Sukono, Mohammad. 2020. . “. Kata Kunci: E-Learning, Media Belajar, Tantangan.110.” 4(2): 110–24.

Supriyati, NurHafiza. 2021. Kedisplinan Belajar Siswa Secara Online Selama Masa Covid- 19 Di Sekolah Menengah Kejuruan Telkom Pekanbaru.

Trisnadewi, Komang, and Ni Made Muliani. 2020. “Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi.” COVID-19: Perspektif Pendidikan 9(October): 220.

Downloads

Published

2023-08-01

How to Cite

Hayulita, S., Anggraini, N., & Putra, A. S. . (2023). PERILAKU MAHASISWA PRODI S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MOHAMMAD NATSIR YARSI BUKITTINGGI DALAM MENGGUNAKAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN E – LEARNING. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 2(3), 125–133. https://doi.org/10.31004/sjkt.v2i3.17416