ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. L TENTANG PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRSAK TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI DAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIR TIRIS TAHUN 2022

Authors

  • Elvida Putri Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Yenny Safitri Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau
  • Apriza Apriza Program Studi Profesi Ners Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau

Keywords:

Daun Sirsak, Hipertensi, Skala Nyeri, Lansia

Abstract

Lanjut usia biasanya mempunyai masalah kesehatan pada dirinya yaitu beberapa penyakit degenerative yang menyerang lansia seperti diabetes, jantung dan Hipertensi. Banyak tanaman obat atau herbal yang berpotensi dimanfaatkan sebagai obat hipertensi yaitu rebusan daun sirsak. Daun sirsak memiliki antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, antioksidan ini dapat melenturkan dan melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui asuhan keperawatan dengan memberikan rebusan daun sirsak untuk menurunkan skala nyeri dan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi. Penelitian  dilakukan  pada  tanggal tanggal 23 – 27 Agustus 2022, implementasi dilakukan selama 3 hari berturut-turut. Hasil penelitian didapatkan terjadi penurunan skala nyeri pada klien yaitu dari skala nyeri 5 (nyeri sedang) menurun menjadi skala nyeri 2 (nyeri ringan) dan tekanan darah pada klien dengan perbandingan TD: 170/96 mmHg mengalami penurunan hingga hari ketiga didapatkan TD: 162/94 mmHg. Diharapkan klien untuk melakukan pengecekan tekanan darah secara rutin, memerhatikan diit hipertensi yang telah diajarkan serta mengonsumsi rebusan daun sirsak dengan rutin dengan harapan tekanan darah klien selalu terkontrol.

References

Chairani. (2020). Efektivitas Rebusan Daun Sirsak terhadap Penurunan Skala Nyeri . Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia.

Fathia, C. (2019). Pengaruh Rebusan Daun Sirsak Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Hipertensi Di Puskesmas Karang Tengah. Dohara Publisher Open Access Journal.

Fauzi. (2014). Buku Pintar Deteksi Dini Gejala dan Pengobatan Asam Urat, Diabetes, dan Hipertensi. Yogyakarta: Araska.

Ferri, F. (2017). Ferri's Clinical Advisor Hypertension. Philadelphia Journal.

Dinkes Kampar. (2021). Angka Kejadian Penyakit Tertinggi di Kabupaten Kampar. Kampar: Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Kusuma. (2019). Terapi Komplementer yang Berpengaruh terhadap Penurunan Tekanan Darah Pasien Hipertensi di Indonesia. Jurnal Keperawatan Merdeka.

Rethinam P, S. (2016). Annona muricata L., soursop (graviola)-nature's gift to mankind with amazing medicinal benefits. International Journal of Innovative Horticulture.

Riskesdas. (2018). Angka Kejadian Penyakit Tidak Menular Tertinggi. Jakarta: Riset Kesehatan Dasar.

Risty, W. (2019). Pengaruh Rebusan Daun Sirsak terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Cipaku Desa Mekarsari Kabupaten Ciamis. Journal of Chemical Information and Modeling.

Safruddin. (2017). Efektivitas Daun Sirsak terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Balibo Kabupaten Bulukumba. Jurnal Kesehatan Panrita Husada Vol 2 No 2.

Syiddatul. (2017). Pengaruh Pemberian Kompres Hangat Jahe terhadap Skala Nyeri kepada Hipertensi pada Lansia di Posyandu Lansia Karang Wredha Rambutan Desa Burneh Bangkalan. Jurnal Kesehatan.

Tsalatsatul. (2018). The Influence of Soursop Leaf Consumption on the Decrease of Hypertension. . The 2nd Joint International Conferences.

Wirakhmi. (2018). Hubungan Kepatuhan Minum Obat dengan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Putri, E. ., Safitri, Y., & Apriza, A. (2022). ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. L TENTANG PEMBERIAN REBUSAN DAUN SIRSAK TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI DAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIR TIRIS TAHUN 2022. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(4), 33–39. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/view/14951

Issue

Section

Articles