INOVASI PEMBERIAN AROMATERAPI LAVENDER PADA Tn. M UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NYERI, KECEMASAN DAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIRTIRIS

Authors

  • Febri Syukri Emil Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Yenny Safitri Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Afriadi Hamid Program Studi Profesi Ners Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Aromaterapi lavender, Kecemasan, Nyeri, Hipertensi, Lansia

Abstract

Lansia yang mengalami akibat buruk dari penyakit hipertensi ditunjukkan oleh perasaan cemas, kesedihan, dan kekhawatiran. Ada dua cara yang untuk mengawasi kecemasan, khususnya farmakologis dan non-farmakologis. Cara nonfarmakologis salah satunya dengan aromaterapi lavender yang mengandung linalool asetat bersifat relaksasi dan dapat menurunkan kecemasan, nyeri dan tekanan darah. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pemberian aromaterapi lavender pada asuhan keperawatan Tn. M terhadap masalah tingkat nyeri, kecemasan, dan tekanan darah pada lansia dengan masalah utama hipertensi.  Penelitian  dilakukan  pada  tanggal  08 - 09 Agustus 2022. Hasil penelitian diperoleh setelah dilakukan pemberian aromaterapi lavender pada Tn. M selama 3 hari, tingkat nyeri berhasil turun dari skala 4 menjadi skala nyeri 1, tingkat kecemasan Tn. M berhasil turun menjadi skor HRS-A 12 (kecemasan normal) dan tekanan darah berhasil turun dari 170/96 mmHg menjadi 148/84 mmHg. Kesimpulan terdapat pengaruh pemberian aromaterapi lavender untuk menurunkan tingkat nyeri, kecemasan dan tekanan darah pada lansia yang mengalami hipertensi. Diharapkan klien untuk selalu dapat memperhatikan kesehatannya, selalu melakukan relaksasi aromaterapi lavender dengan rutin, minum obat resep dari dokter dengan rutin dan memperhatikan waktu serta pola tidurnya.

References

Ayuningtyas. (2012). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Kecemasan lansia Home Care di Wilayah Kerja Rumah Sakit Rajawali Banguntapan Bantul. Surya Medika.

Fitriyah, N. (2015). Pemberian Tindakan Relakasasi (Aromaterapi Lavender Oil) Pada Asuhan Keperawatan Ny.S Sebelum Tindakan Operasi Untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan di Ruang Kantil 2 RSUD Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada Surakarta.

Hidayati, R. W. (2019). Pengaruh Aromaterapi Lavender terahadap Penurunan Nyeri Dismenore Pada Mahasiswi Kebidanan Universitas Ngudi Waluyo. Universitas Ngudi Waluyo: Skripsi.

Jiwo. (2012). Depresi: Panduan Bagi Pasien, Keluarga, dan Teman Dekat. . Jurnal Kesehatan.

Kurniawan, I. (2018). Hubungan Kecemasan dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia. Jombang: Skripsi: Prodi S1 Keperawatan STIKES Insan Cendekia Medika.

Lamadah, N. I. (2016). The Effect of Aromatherapy Massage Using Lavender Oil on the Level of Pain and Anxiety During Labour Among Primigravida.

Mariani, W. W. (2021). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Sebagai Intervensi Asuhan Keperawatan terhadap Tingkat Kecemasan pada Lansia. Jurnal Kesehatan Rajawali, XI, 8-11.

Marliana. (2019). Hubungan Kecemasan Lansia Dengan Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal Konas Jiwa XVI Lampung.

Pande. (2013). Pengaruh Aromaterapi Lavender terhadap Kecemasan pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Bali. Jurnal Kesehatan STIKes Bina Husada.

Riskesdas. (2018). Riset Kesehatan Dasar.

Satria, M. D. (2020). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Minyak Sereh Wangi Terhadap Tingkat Stress Lansia di Panti Wredha Dharma Bhakti Kasih . Surakarta: Prodi Keperawatan Program Sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Kusuma Husada .

Soraya. (2014). Pengaruh Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Lansia Dengan Hipertensi di Kelurahan Siantan Hulu Pontianak Utara. Jurnal Keperawatan Tanjungpura University.

Suriyati. (2015). Efektivitas Pemberian Aromaterapi Lavender terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan pada Lanjut Usia di Panti Graha Kasih Bapa Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Keperawatan Universitas Tanjungpura.

Wulandari. (2016). Efektifitas Relaksasi Aromaterapi Lavender terhadap Penurunan Kecemasan di Posyandu Lansia Desa Plesungan Karanganyar. Jurnal KesMadaSka.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Emil, F. S., Safitri, Y. ., & Hamid, A. (2022). INOVASI PEMBERIAN AROMATERAPI LAVENDER PADA Tn. M UNTUK MENURUNKAN TINGKAT NYERI, KECEMASAN DAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA YANG MENGALAMI HIPERTENSI DI DESA NAUMBAI WILAYAH KERJA UPT PUSKESMAS AIRTIRIS. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(4), 25–32. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/view/14950

Issue

Section

Articles