HUBUNGAN CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD PURI HUSADA TEMBILAHAN TAHUN 2021
Keywords:
Caring Perawat, Kepuasan PasienAbstract
Perawat dalam meningkatkan asuhan keperawatan untuk kebutuhan rasa kepuasan pasien hendaknya menerapkan penggunaan caring. Caring merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional. Salah satu indikator mutu pelayanan keperawatan adalah kepuasan pasien dan caring perawat menjadi jaminan apakah layanan perawat tersebut bermutu atau tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Puri Husada Tembilahan Tahun 2021. Penelitian ini dilaksanakan pada 04 s/d 25 April 2021, bersifat analitik dengan desain cross sectional dengan menggunakan data primer. Tehnik Sampel menggunakan total sampling dengan jumlah 127 responden yaitu pasien yang dirawat di RSUD Puri Husada Tembilahan. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariatdengan uji chi square. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil univariat menunjukkan bahwa 88 (69%) responden mengatakan caring perawat baik dan 84 (66,1%) responden mengatakan puas. Hasil analisa bivariat diketahui ada hubungan yang bermakna antara caring perawat dengan kepuasan pasien, dibuktikan dengan nilai p value = 0,020 atau p < 0,05. Oleh karena itu diharapkan bagi tenaga kesehatan untuk dapat memasukkan peningkatan perilaku caring perawat dalam pemberian rasa kepuasan ke dalam perencanaan dan tujuan pelayanan keperawatan sekaligus dibuat kebijakan terkait caring dan rasa kepuasan pasien.References
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta
Blais. (2007). Praktek Peperawatan Profesional . Edisi 4 . Jakarta : EGC
Depkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta : Bhakti Husada
Dwidiyanti, (2007). Caring Kunci Sukses Perawat/Ners Mengamalkan Ilmu . Semarang : Hasani
Hidayat, Aziz Alimul. (2014). Riset Keperawatan dan Tehnik Penelitian Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika
Imbalo. (2006). Managemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Kusmiran, Eny. (2015). Soft Skills Caring Dalam Pelayanan Keperawatan. Jakarta : TIM
Muhasidah. (2002). Hubungan Tehnik dan Frekuensi Supervise Kepala ruangan dengan pelaksanaan caring untuk perawat pelaksana di RS Sumber Waras. Tesis. Program Pascasarjana FIK UI. Jakarta; Tidak dipublikasikan
Muninjaya, A.A. Gde (2011). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Nurachmah (2001 ). Asuhan Keperawatan Bermutu di Rumah Sakit. Perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia (PERSI).
Paparaya. (2009). Manajemen Keperawatan. Yogyakarta : Numed
Potter, P.A & Perry (2006). Fundamental of nursing concept; Process &Practice. St. Louis : Mosby
Priyoto. (2015). Komunikasi & Sikap Empati Dalam Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Profil Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan (2016)
Purwanto. (2007). Pengadaan Layanan Kesehatan. Yogyakarta : Gosyen Publising
Rahayu. (2001). Faktor-faktor yang berhubungan dengan sikap caring yang di persepsikan oleh perawat pelaksana di ruang rawat inap RSUP Persahabatan. Jakarta : Tesis
Samba, Suharyati. (2014). Nursing Center Konsep & Aplikasi. Jakarta : EGC
Saryono (2010). Kumpulan Instrumen Penelitian Kesehatan. Bantul : Nuha Medika
Saryono dan Ari Setiawan. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Nuha Medika
Setiadi. (2013). Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta : Graha Ilmu
Sitorus. (2007). Model Praktek Keperawatan Profesional di Rumah Sakit. Jakarta : EGC .
Sudarta, I Wayan. (2015). Managemen Keperawatan Penerapan Teori Model Dalam Pelayanan Keperawaran. Yogyakarta : Gosyen Publising
Sujarweni, V Wiratna. (2014). Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta : Gava Media
Tobing. (2008). Hubungan Kepuasan dan Harapan Pasien Dengan Mutu Pelayanan Di Instalasi Rawat Jalan RSU DR. Soetomo. Surabaya : Tidak dipublikasikan
Uliyah, Musrifatul. (2008). Keterampilan Dasar Klinik. Jakarta : Salemba Medika
Wijono. (2007). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Teori, Strategi dan Aplikasi. Jakarta : Salemba
Wiyana. (2008). Membangun Pribadi Caring Perawat. Jakarta : Graha Ilmu
Wulan & Hastuti. (2011). Pengantar Etika Keperawatan. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Yuslizar (2001) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSU Lubuk Linggau Sumatra Selatan. Jakarta. Program Studi KARS. FKM UI: Tidak dipublikasikan
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).