HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM UPT PUSKESMAS BENGKALIS KECAMATAN BENGKALIS

Authors

  • Siti Hotna Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nia Aprilla Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kualitas Kehandalan Petugas, Kualitas Daya Tanggap Petugas, Kualitas Bukti Fisik, Kepuasan pasien

Abstract

Kualitas pelayanan kesehatan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien, kepuasan pasien merupakan salah satu keuntungan yang spesifik dalam upaya untuk melakukan perbaikan dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan. Tiap orang berbeda dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan tergantung dari latar belakang yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan di poli umum UPT Puskesmas Bengkalis Kec. Bengkalis tahun 2016. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Survey Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat ke poli umum UPT Puskesmas Begkalis Kec. Bengkalis. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Meggunakan acidental sampling dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16-23 November 2016. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil analisa univariat dan bivariat diketahui ada hubungan yang bermakna antara kualitas kehandalan petugas dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value 0,001), ada hubungan yang bermakna antara kualitas daya tanggap petugas dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value0,001), ada hubungan yang bermakna antara bukti fisik dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value 0,005). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan kesehatan maka semakin baik pula tingkat kepuasan pasien . Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan maka petugas diharapkan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan lebih baik lagi dan bersedia menanggapi berbagai keluhan sesuai denga kebutuhan pasien

References

Arwani. (2006). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta : EGC

Bachtiar. (2009). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktik. Jakarta : Erlanggga

Departemen Kesehatan RI. (2012). Instrumen Evaluasi Penerapan Sandat Asuhan

Keperawatan di Rumah Sakit. Direktorat Yanmedik & Keperawatan. Jakarta

Effendi. (2014). hubungan strategi supervisi kepala ruangan dengan motivasi perawat

pelaksanan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD

Pariaman tahun 2012

Erina. (Hubungan Beban kerja dengan ketepatan pengisian asuhan keperawatan di RSUD

Buntok.

Etlida. (2012). Hubungan motivasi dan supervisi dengan kualitas dokumentasi proses

keperawatan di instalasi rawat inap RS Marinir Cilandak Jakarta Selatan. FIK UI (tesis)

Harvina. (2014). Analisis hubungan antara supervisi kepala ruangan dengan kepuasaan

perawat pelaksana. Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Jakarta

Hamzah. (2008). Perilaku dan Desaign Oganisasi Struktur Pekerjaan dan Peran Komunikasi

Motivasi. Jakarta : Elex Media Komputindo

Hidayat, A.A. (2011). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta:

Salemba Medika.

Ilyas. (2012). Managemen Asuhan Keperawatan. Dari http//journal/diakses tanggal 12 Mei

Kusnanto. (2008). Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta. EGC.

Kartini. (2015). Hubungan teknik dan frekuensi kegiatan supervisi kepala uangan dengan

kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah Batang Jawa

Tengah.

Nursalam. (2009). Managemen Keperawatan, Aplikasi dilihat dari Beban Kerja.jakarta:

Pustaka Media

ahmi. (2012). Analisis Pengaruh Faktor – Faktor Instrinsik Motivasi Perawat Terhadap

Pelaksanaan Pendokumentasian asuhan keperawatan Di RSJD. Dr. Amino

Gonhohutomo Semarang . tesis

Robin. (2009). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.56-66

Rikodeni. (2015). hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi kepala ruangan

dengan kinerja perawat pelaksana dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.

Sugiharti. (2015). 2011. Kelengkapan dokumentasi Asuhan Keperawatan. Bekasi: Binamitra

Publishing

Sudarmanto. (2009). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta : EGC

Sunaryo. (2014). Hubugan beban kerja dengan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan

di rumah sakit krakatau medika cilegon. Tesis

Wiwiek. (2008). Hubungan Supervisi dan Motivasi Kepala Ruangan Dengan Kepuasan Kerja

Perawat Di RSUD Dr. Soedarso. Pontianak. FIK UI. Tesis. Tidak di publikasikan

Wawan. (2015). asuhan keperawat di ruang rawat inap RSUD Kelet Provinsi Jawa Tengah di

Jepara, Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentras Administrasi Rumah

Sakit.

Yahyo. (2007). Kepemimpinan dan Manajemen Keperwatan , untuk perawat Klinis. Jakarta.

EGC

Downloads

Published

2022-02-28

How to Cite

Hotna, S. ., & Aprilla, N. . (2022). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM UPT PUSKESMAS BENGKALIS KECAMATAN BENGKALIS. SEHAT : Jurnal Kesehatan Terpadu, 1(1), 114–121. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/s-jkt/article/view/14834

Issue

Section

Articles