HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI POLI UMUM UPT PUSKESMAS BENGKALIS KECAMATAN BENGKALIS
Keywords:
Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kualitas Kehandalan Petugas, Kualitas Daya Tanggap Petugas, Kualitas Bukti Fisik, Kepuasan pasienAbstract
Kualitas pelayanan kesehatan berhubungan erat dengan tingkat kepuasan pasien, kepuasan pasien merupakan salah satu keuntungan yang spesifik dalam upaya untuk melakukan perbaikan dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan. Tiap orang berbeda dalam menilai kualitas pelayanan kesehatan tergantung dari latar belakang yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana hubungan kualitas pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan di poli umum UPT Puskesmas Bengkalis Kec. Bengkalis tahun 2016. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Survey Analitik dengan rancangan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang berobat ke poli umum UPT Puskesmas Begkalis Kec. Bengkalis. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 orang. Meggunakan acidental sampling dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 16-23 November 2016. Analisa data yang digunakan adalah univariat dan bivariat. Hasil analisa univariat dan bivariat diketahui ada hubungan yang bermakna antara kualitas kehandalan petugas dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value 0,001), ada hubungan yang bermakna antara kualitas daya tanggap petugas dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value0,001), ada hubungan yang bermakna antara bukti fisik dengan tingkat kepuasan pasien di poli umum (p value 0,005). Dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan kesehatan maka semakin baik pula tingkat kepuasan pasien . Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan maka petugas diharapkan agar dapat memberikan pelayanan kesehatan lebih baik lagi dan bersedia menanggapi berbagai keluhan sesuai denga kebutuhan pasienReferences
Arwani. (2006). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta : EGC
Bachtiar. (2009). Manajemen Keperawatan dengan Pendekatan Praktik. Jakarta : Erlanggga
Departemen Kesehatan RI. (2012). Instrumen Evaluasi Penerapan Sandat Asuhan
Keperawatan di Rumah Sakit. Direktorat Yanmedik & Keperawatan. Jakarta
Effendi. (2014). hubungan strategi supervisi kepala ruangan dengan motivasi perawat
pelaksanan dalam pendokumentasian asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD
Pariaman tahun 2012
Erina. (Hubungan Beban kerja dengan ketepatan pengisian asuhan keperawatan di RSUD
Buntok.
Etlida. (2012). Hubungan motivasi dan supervisi dengan kualitas dokumentasi proses
keperawatan di instalasi rawat inap RS Marinir Cilandak Jakarta Selatan. FIK UI (tesis)
Harvina. (2014). Analisis hubungan antara supervisi kepala ruangan dengan kepuasaan
perawat pelaksana. Tesis Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Keperawatan UI. Jakarta
Hamzah. (2008). Perilaku dan Desaign Oganisasi Struktur Pekerjaan dan Peran Komunikasi
Motivasi. Jakarta : Elex Media Komputindo
Hidayat, A.A. (2011). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta:
Salemba Medika.
Ilyas. (2012). Managemen Asuhan Keperawatan. Dari http//journal/diakses tanggal 12 Mei
Kusnanto. (2008). Pengantar Profesi & Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta. EGC.
Kartini. (2015). Hubungan teknik dan frekuensi kegiatan supervisi kepala uangan dengan
kinerja perawat pelaksana di ruang rawat inap rumah sakit umum daerah Batang Jawa
Tengah.
Nursalam. (2009). Managemen Keperawatan, Aplikasi dilihat dari Beban Kerja.jakarta:
Pustaka Media
ahmi. (2012). Analisis Pengaruh Faktor – Faktor Instrinsik Motivasi Perawat Terhadap
Pelaksanaan Pendokumentasian asuhan keperawatan Di RSJD. Dr. Amino
Gonhohutomo Semarang . tesis
Robin. (2009). Perilaku Organisasi Buku 1, Jakarta: Salemba Empat. Hal.56-66
Rikodeni. (2015). hubungan yang signifikan antara pelaksanaan supervisi kepala ruangan
dengan kinerja perawat pelaksana dalam pendokumentasian asuhan keperawatan.
Sugiharti. (2015). 2011. Kelengkapan dokumentasi Asuhan Keperawatan. Bekasi: Binamitra
Publishing
Sudarmanto. (2009). Manajemen Bangsal Keperawatan. Jakarta : EGC
Sunaryo. (2014). Hubugan beban kerja dengan kelengkapan dokumentasi asuhan keperawatan
di rumah sakit krakatau medika cilegon. Tesis
Wiwiek. (2008). Hubungan Supervisi dan Motivasi Kepala Ruangan Dengan Kepuasan Kerja
Perawat Di RSUD Dr. Soedarso. Pontianak. FIK UI. Tesis. Tidak di publikasikan
Wawan. (2015). asuhan keperawat di ruang rawat inap RSUD Kelet Provinsi Jawa Tengah di
Jepara, Tesis Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat Konsentras Administrasi Rumah
Sakit.
Yahyo. (2007). Kepemimpinan dan Manajemen Keperwatan , untuk perawat Klinis. Jakarta.
EGC
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).