PENGARUH MUTU LAYANAN PETUGAS SIAKAD TERHADAP TINGKAT STRESS MAHASISWA PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UNDANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.9877Keywords:
Kualitas Pelayanan, Stres, Mahasiswa, SiakadAbstract
Stres dapat terjadi akibat keadaan tertekan baik psikis maupun fisik yang mengganjal dalam diri seseorang karena terdapat perbedaan apa yang diharapkan dengan yang terjadi. Kualitas pelayanan merupakan hasil evaluasi dimana pengalaman layanan yang di rasakan sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini dapat berdampak pada tingkat stress mahasiswa dalam mendapatkan layanan akademik,Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan petugas Siakad terhadap tingkat stress mahasiswa. Responden dalam penelitian ini merupakan mahasiswa prodi kesehatan masyarakat Undana Kupang yang masih aktif dengan jumlah 94 orang, teknik sampling yang digunakan yaitu stratified random sampling. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa diperoleh nilai (sig) = 0,000 < 0,05 dan nilai -t hitung < nilai -t tabel yaitu sebesar -6.279>1.989, yang artinya ada pengaruh negatif tingkat stress terhadap kualitas pelayanan, dimana semakin meningkat kualitas pelayanan maka semakin menurun stres pada mahasiswa. Mahasiswa dengan tingkat stresss yang ringan dan sedang akan mampu mengenali perubahan yang terjadi dalam dirinya, serta mampu mengidentifikasi perasaan dan lebih merasa puas terhadap dirinya dan lingkungan sekitarnya. Hal ini akan membuat mahasiswa berhasil dalam mencapai tujuannya terutama yang berkaitan dengan dunia perkuliahan sehingga stres yang ada pada mahasiswa dapat berkurang. saran sebagai bahan pertimbangan prodi untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan sehingga dapat mengurangi stres yang dialami oleh mahasiswa maupun petugas.References
Abel, Y., Nur, M. L., Toy, S. M., & Jutomo, L. 2019. Stres, Pola Konsumsi, dan Pola Istirahat Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Nusa Cendana. Timorese Journal of Public Health, 1(2), 52-57.
Atikha A F, 2018. Hubungan Tingkat Stress Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Skripsi. Program Studi Psikologi.Universitas Muhammadiyah Surakarta
Azwar. (2012). Reliabilitas dan validitas. Edisi 4. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chaplin, J.P. (2001). Kamus lengkap psikologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Christyanti, D., Mustami'ah, D., & Sulistiani, W. (2012). Hubungan antara penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik dengan kecenderungan stres pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan Media Psikologi, 12(3).
Elvitasari., Ramlan., Usman. 2022. Pengaruh Stress terhadap Kinerja Perawat dalam memberikan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Kabupaten Enrekang. Jurnal ilmiah manusia dan kesehatan.5(2). https://doi.org/10.31850/makes.v6i2.892
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 16. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hairani Lubis., A. Ramadhani., M. Rasyid. 2021. Stress Akademik Mahasiswa dalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. DOI: 10.30872/psikostudia .31-39
Horowitz, J., McIntosh, D. (2017). Stress the Psycology of managing pressure:practical strategies to turn pressure into positive energy. Penguin
Indarwati, I. (2018). Gambaran Stres Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Massie, R. N., Areros, W. A., & Rumawas, W. (2018). Pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan pada kantor pengelola It Center Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(002).
Palmer, A., & Rodger, S. (2009). Mindfulness. stres, and coping among university students. Canadian Journal of Counselling. 43(3), 198.
Psychology Foundation of Australia. (2010). Depression anxiety stress scale(Online Journal). Diterima dari :https://www.psy.unsw.edu.au/research/researctools/depression-anxiety-stress-scales-dass tanggal 8 Februari 2020
Stephens and K.P Gwinner (1998).”why don’t some people complain? A cognitive-emotive process model of consumer complaint behavior”. Journal of the academy of marketing science, vol 5(5).pp.21-38 university students. Canadian Journal of Counselling. 43(3), 198.
Sugiyono, 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D in Metode Penelitian Ilmiah
Tjiptono Fandy, 2019. Pemasaran Jasa. Yogyakarta:Andi
Tjiptono Fandy, Diana Anastasia. 2019. Kepuasan Pelanggan. Yogyakarta: Andi
Undana dalam Angka, 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aliska Sanu, Apris A. Adu, Tadeus A.L Regaletha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).