EFEKTIVITAS APLIKASI JAMSOSTEK MOBILE (JMO) DALAM PROSES PENCAIRAN JAMINAN HARI TUA (JHT) KEPADA PESERTA BPJS KETENAGAKERJAAN CABANG MEULABOH
Keywords:
Aplikasi JMO, BPJS Employment ApplicationsAbstract
Pada awal tahun 2020 virus covid-19 menyebar ke seluruh penjuru dunia dan memberi dampak buruk bagi kesehatan, sosial dan perekonomian. Dengan adanya wabah ini mengakibatkan masyarakat harus menjaga jarak menjauhi kerumunan dan lain sebagainya. Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki ribuan kepulauan yang mana setiap pulaunya merupakan daerah yang berkembang. Dengan keterbatasannya akses teknologi merupakan salah satu untuk mempermudah orang melakukan aktifitas kehidupannya. Teknologi dan informasi yang semakin pesat menjadi salah satu jawaban untuk setiap orang melakukan pekerjaannya salah satunya badan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan, untuk setiap peserta melakukan klaim jaminan hari tua kepada BPJS ketenagakerjaan itu dimudahkan dengan aplikasi jamsostek mobile (JMO), hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak terhadap penyebaran covid-19. Masalah yang umum terjadi saat ini khususnya dikantor cabang meulaboh aceh barat adalah masih kurangnya informasi masyarakat terhadap aplikasi JMO sehingga masih banyak masyarakat yang datang kekantor. Tujuan utama aplikasi JMO untuk memudahkan peserta BPJS dalam memenuhi kebutuhan layanan digital lebih mudah dimanapun dan kapanpun. Melalui pengembangan aplikasi JMO ini, peserta BPJS ketenagakerjaan cabang meulaboh menjadi tidak perlu lagi mengantri dikantor, apalagi di tengah pandemi covid19 ini sebagai wujud pencegahan virus corona. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan penarikan kesimpulan yang revelant.References
Aisyah, S., & Novianti, D. (2019). Analisis Penggunaan Aplikasi BPJSTK Mobile pada Sistem Informasi Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Cabang Langsa. Jurnal Matematika Dan Terapan, 01(01).
Alfionita, M., & Gunawan, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Jayanti. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.761
Ali, M., Awaluddin, M., & Salam, A. (2019). Efektivitas Pelayanan Digital Program Samsat Keliling Di Kota Mataram. JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik), 7(1), 1. https://doi.org/10.31764/jiap.v7i1.770
Huda, A. N., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking dan Tingkat Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Rakyat Indonesia ( Persero ) Tbk Kantor Cabang Pembantu Jamsostek Jakarta. Business & Management Review, 2(2), 243–254.
Krisdayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan. Universitas Sumatera Utara.
Nisa, C., & Wulandari, R. D. (2020). Evaluasi Implementasi Aplikasi BPJSTKU Mobile. Buletin Penelitian Kesehatan, 11(2), 51–62.
Nugraha, J. T. (2018). E-Government dan pelayanan publik e-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2(1), 32–42. http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/758/547
Riyanti, A., Atmaja, H. E., & Tidar, U. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi BPJSTKU Mobile dalam Upaya Meningkatkan Kemudahan Masyarakat Pekerja. Kinerja, 18(1), 8–14.
Selvias, M. C., Utari, S. T., Nurlina, S., & Putri, A. M. (2021). Analisis Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 3377–3386.
Silaban, R., & Badikenta. (2017). Perluasan Kepesertaan BPU BPJS Ketenagakerjaan melalui Strategi Marketing Mix dan Regulasi. Jurnal Institut BPJS Ketenagakerjaan, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).