FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MATITI KECAMATAN DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN 2022

Authors

  • Bertua SM Siregar Direktorat Pascasarjana Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Linda Hutasoit Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Toni Wandra Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Jek Amidos Pardede Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Mindo Tua Siagian Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Friska Sitorus Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Frida Lina Tarigan Prodi Magister Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8946

Keywords:

Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Kepuasan Pasien

Abstract

Pengguna jasa pelayanan kesehatan di puskesmas menuntut pelayanan yang berkualitas, tidak hanya menyangkut kesembuhan dari penyakit secara fisik. Akan tetapi juga menyangkut kepuasan terhadap sikap, pengetahuan dan keterampilan petugas dalam memberikan pelayanan serta tersedianya sarana dan prasarana yang memadai dan dapat memberikan kenyamanan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien Di Puskesmas Matiti Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan tahun 2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini seluruh masyarakat yang berkunjung ke Puskesmas Matiti selama 3 hari sebanyak 106 orang. Sampel penelitian ini adalah total populasi. Pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Instrumen penelitian adalah lembar kuesioner. Analisa data menggunakan analisa univariate, bivariate dengan uji chi-square dan multivariate dengan menggunakan regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bivariate diperoleh nilai Signifikan 0,000 (variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty). Melalui analisa multivariate, variabel emphaty memiliki nilai Signifikan > 0,25 sehingga variabel tersebut tidak layak masuk model multivariate. Dari 4 variabel yang tersisa, variabel yang paling berhubungan adalah reliability dengan nilai Signifikan = 0,002. Kesimpulannya adalah ada hubungan yang signifikan antara tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (perhatian) dengan tingkat kepuasan pasien. Uji regresi logistik berganda terlihat bahwa variabel yang paling berhubungan adalah reliability. Diharapkan kepada Puskesmas Matiti agar memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dari semua tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty sehingga dapat memperbaiki mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas yang dapat menciptakan tingkat kepuasan pasien menjadi meningkat

References

Ariga, R. A. (2020). Buku Ajar Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan Dalam Keperawatan (C. T. Siregar (ed.)). Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

BPJS Kesehatan. (2015). Panduan Praktis Prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis). Humas. https://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/arsip/detail/39

Cahyati, Y., Somantri, I., Cahyati, A., Rosdiana, I., Sugiarti, I., Iman, A. T., & Puruhita, T. K. A. (2021). Penatalaksanaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Pedoman Bagi Kader dan Masyarakat). Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).

Dinkes Sumut. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019. III(2), 68–80.

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas 2018). www.depkes.go.id/resources/download/

Nasution, M. N. (2018). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Kedai Durian Medan Johor Tahun 2018. Skripsi, 1–89. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/24814/151000527.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Niko, F. G., & Chalidyanto, D. (2014). Implementasi kebijakan jaminan kesehatan nasional pada bidan praktik di wilayah puskesmas bangkalan. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(4), 281–292.

Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 2 Tahun 2019. (2019). Pelaksanaan Skrining Riwayat Kesehatan dan Pelayanan Penapisan atau Skrining Kesehatan Tertentu Serta Peningkatan Kesehatan Bagi Peserta Penderita Penyakit Kronis dalam Program Jaminan Kesehatan (Issue 298).

Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019. (2019). Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2016. (2016). Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan.

Prasasti, G. D. (2020). WHO: Penyakit Tidak Menular Jadi 7 dari 10 Penyebab Kematian Terbesar di Dunia per 2019. Berita. https://www.liputan6.com/health

Sitohang, R. S., & Kariono. (2015). Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2010 Tentang Sistem Informasi Keuangan Daerah Pada Pemerintah Kabupaten Dairi Rayambong. Jurnal Administrasi Publik, 53(9), 1689–1699.

Syafitri, S. (2021). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas Padang Bulan Kota Medan Tahun 2020. Skripsi.

Utomo, R. N. (2019). Input Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 3(1), 63–73.

Wardani, A. E., Darmawansyah, Russeng, S. S., Indar, Sukri, & Asdar, M. (2020). Implementation of Chronic Disease Management Program in Tajuncu Puskesmas Soppeng Regency. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 453–463.

Wedyarti, L., Setiaji, B., & Masra, F. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Prolanis Di Puskesmas Rawat Inap Biha Kabupaten Pesisir Barat. Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 301–308. http://kiss.kstudy.com/journal/thesis_name.asp?tname=kiss2002&key=3183676

WHO. (2015). Global Status Report on Noncomunicable Disease. Artikel. https://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/

Yakin, A., Chotimah, I., & Dwimawati, E. (2021). Gambaran Pelaksanaan Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) Pasien Hipertensi Di Puskesmas Mekar Wangi Kota Bogor Tahun 2020. Promotor (Jurnal Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 4(4), 295. https://doi.org/10.32832/pro.v4i4.5597

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Siregar, B. S., Hutasoit, L. ., Wandra, T. ., Pardede, J. A., Siagian, M. T. ., Sitorus, F. ., & Tarigan, F. L. . (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS MATITI KECAMATAN DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN 2022. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2140–2150. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8946