PENGARUH KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL ANTARA DOKTER-PASIEN BERFOKUS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI RAWAT INAP RSUD ANUGERAH TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8861Keywords:
Tingkat Kepuasan Pasien, komunikasi, pekerja rumah sakitAbstract
Masalah dalam komunikasi dokter dan pasien yang belum efektif disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari segi pelayanan kesehatan sampai kepada tingkat efektifitas komunikasi tentunya dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi verbal dan non verbal antara dokter-pasien terhadap kepuasaan pasien di RSUD Anugerah Tomohon. Sampel ialah jumlah pasien rawat inap sebanyak 50 orang, dengan cara accidental sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan, pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat, dan uji regresi linier berganda dan melihat nilai koefisien determinasi menggunakan SPPS versi 23. Hasil penelitian diperoleh nilai kepuasan pasien sebesar 39,424 dan koefisien regresi sebesar 1,022, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,006<0,05. Nilai kepuasan pasien sebesar 37,131 dan koefisien regresi sebesar 1,325, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004<0,05. Nilai kepuasan pasien adalah sebesar 19,600, koefisien regresi variabel X1 sebesar 0,772 dan koefisien regresi variabel X2 adalah sebesar 1,020. Berdasarkan hasil nilai R square sebesar 0,476 atau 47,6%, maka komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dalam memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 47,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi verbal dokter-pasien berfokus terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi non verbal dokter-pasien berfokus terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dokter-pasien secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,476 atau 47,6% terhadap kepuasaan pasien pada pelayanan kesehatan di rawat inap RSUD anugerah Tomohon.References
Anonim. 2006. Konsil Kedokteran Indonesia Tahun 2006. Komunikasi Efektif Dokter-Pasien. (Jakarta): Konsil Kedokteran Indonesia.
Anonim. 2012. Konsil Kedokteran Indonesia Tahun 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. (Jakarta): Konsil Kedokteran Indonesia.
Anonim. 2012. Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia. 2012. Kode Etik Kedokteran Indonesia dan Pedoman Pelaksanaan Kode Etik Kedokteran Indonesia: (Jakarta).
Ardiansyah. 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD RSUD Sekayu. Skripsi, Program Studi Keperawatan, STK Bina Husada Palembang
Biglu M, Nateq F, Ghojazadeh M, Asgharzadeh A. 2017. Communication Skills Of Physicians And Patients’ Satisfaction (Online). Original Paper Mater Sociomed, Sep; 29 (3); 192-195 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5644191/pdf/MSM-29-192.pdf, diakses 7 Mei 2022)
Ganiem, L. 2018. Komunikasi Kedokteran Konteks Teoritis dan Praktis Edisi Pertama. (Depok): Prenadamedia Group.
Ha, L. N. 2010. Doctor Patient Communication: A review Ochsner Journal 10, 38-43, (https://www.researchgate.net/publication, diakses 8 Juni 2022).
Handi, I. 2015. Prinsip Kepuasan Pelanggaln. Jakarta: Elex Media Komputpindo.
Kusumawati T. I. 2016. Komunikasi Verbal Dan Nonverbal (Online). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol.6, No. 2, Edisi Juli-Desember (http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/download/6618/2912, diakses tanggal 7 Mei 2022)
Mamahit M. H, Tucunan A. T, Kolibu F. 2016. Hubungan Antara Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dokter Pasien dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM: Manado.
Mira J. J, Mercedes G, Vitudes P, Lorenzo S. 2012. Barriers For An Effective Communication Around Clinical Decision Making: An Analysis Of The Gaps Between Doctors’ And Patients’ Point Of View (Online). National Library Of Medicine USA, Health Expectations, 17, pp.826-839 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5060922/pdf/HEX-17-826.pdf, diakses 7 Mei 2022)
Nurwanto. 2012. Hubungan Komunikasi Dokter dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum (RSU) Palu (online). Jurnal Preventif, Vol; 8. No.3 (Jurnal.untad.ac.id, diakses 7 Mei 2022)
Pasaribu, B. 2018. Analisis Regresi Berganda: Jakarta.
Prabowo, T. 2017. Komunikasi dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press
Purwanto. 2009 Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group
Rashid A, Amina A. 2014. Patient Satisfaction Survey As A Tool Towards Quality Improvement (Online). Oman Medical Journal Vol. 29, No. 1:3-7 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3910415/pdf/OMJ-D-13-00247.pdf, diakses 7 Mei 2022)
Rusmana, A. 2009. Komunikasi Efektif Dokter Gigi dan Pasien. (Bandung): Universitas Padjajaran.
Sendjaja, 2012. Teori dan praktek komunikasi verbal dan non verbal. Bandung: Rajawali Pers.
Wahyuni T, dan Yanis A. 2013. Hubungan Komuunikasi Dokter-Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang (Online). Jurnal Kesehatan Andalas 2013, Volime 2 No.3 (jurnal.fk.unand.ac.id, diakses 7 Mei 2022)
Wulandari. 2016. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang.”, Tesis, program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro
Wullur, 2009. Komunikasi Pelayanan Kesehatan Dokter-Pasien.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Natalia Gabriel Rantung, Billy J. Kepel, Theodorus H. W. Lumunon, Welong S. Surya, Marieska Y. Waworuntu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).