PENGARUH KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL ANTARA DOKTER-PASIEN BERFOKUS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI RAWAT INAP RSUD ANUGERAH TOMOHON

Authors

  • Natalia Gabriel Rantung Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Billy J. Kepel Fakultas Kedokteran, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Theodorus H. W. Lumunon Fakultas Hukum, Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Welong S. Surya Program Studi Informatika Medis, Fakultas Sains dan Teknologi Esa Trinita, Institut Sains dan Teknologi Esa Trinita, Minahasa Selatan, Indonesia
  • Marieska Y. Waworuntu Program Studi Administrasi Kesehatan, Sekolah Tinggi Kesehatan Bethesda, Tomohon

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8861

Keywords:

Tingkat Kepuasan Pasien, komunikasi, pekerja rumah sakit

Abstract

Masalah dalam komunikasi dokter dan pasien yang belum efektif disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari segi pelayanan kesehatan sampai kepada tingkat efektifitas komunikasi tentunya dapat berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi verbal dan non verbal antara dokter-pasien terhadap kepuasaan pasien di RSUD Anugerah Tomohon. Sampel ialah jumlah pasien rawat inap sebanyak 50 orang, dengan cara accidental sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan, pengolahan data dilakukan secara univariat, bivariat, dan uji regresi linier berganda dan melihat nilai koefisien determinasi menggunakan SPPS versi 23. Hasil penelitian diperoleh nilai kepuasan pasien sebesar 39,424 dan koefisien regresi sebesar 1,022, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,006<0,05. Nilai kepuasan pasien sebesar 37,131 dan koefisien regresi sebesar 1,325, nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,004<0,05. Nilai kepuasan pasien adalah sebesar 19,600, koefisien regresi variabel X1 sebesar 0,772 dan koefisien regresi variabel X2 adalah sebesar 1,020. Berdasarkan hasil nilai R square sebesar 0,476 atau 47,6%, maka komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dalam memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 47,6%. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi verbal dokter-pasien berfokus terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi non verbal dokter-pasien berfokus terhadap kepuasan pasien, terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi verbal dan komunikasi non verbal dokter-pasien secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien, dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,476 atau 47,6% terhadap kepuasaan pasien pada pelayanan kesehatan di rawat inap RSUD anugerah Tomohon.

References

Anonim. 2006. Konsil Kedokteran Indonesia Tahun 2006. Komunikasi Efektif Dokter-Pasien. (Jakarta): Konsil Kedokteran Indonesia.

Anonim. 2012. Konsil Kedokteran Indonesia Tahun 2012. Standar Kompetensi Dokter Indonesia. (Jakarta): Konsil Kedokteran Indonesia.

Anonim. 2012. Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia. 2012. Kode Etik Kedokteran Indonesia dan Pedoman Pelaksanaan Kode Etik Kedokteran Indonesia: (Jakarta).

Ardiansyah. 2019. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di IGD RSUD Sekayu. Skripsi, Program Studi Keperawatan, STK Bina Husada Palembang

Biglu M, Nateq F, Ghojazadeh M, Asgharzadeh A. 2017. Communication Skills Of Physicians And Patients’ Satisfaction (Online). Original Paper Mater Sociomed, Sep; 29 (3); 192-195 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5644191/pdf/MSM-29-192.pdf, diakses 7 Mei 2022)

Ganiem, L. 2018. Komunikasi Kedokteran Konteks Teoritis dan Praktis Edisi Pertama. (Depok): Prenadamedia Group.

Ha, L. N. 2010. Doctor Patient Communication: A review Ochsner Journal 10, 38-43, (https://www.researchgate.net/publication, diakses 8 Juni 2022).

Handi, I. 2015. Prinsip Kepuasan Pelanggaln. Jakarta: Elex Media Komputpindo.

Kusumawati T. I. 2016. Komunikasi Verbal Dan Nonverbal (Online). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, Vol.6, No. 2, Edisi Juli-Desember (http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/download/6618/2912, diakses tanggal 7 Mei 2022)

Mamahit M. H, Tucunan A. T, Kolibu F. 2016. Hubungan Antara Komunikasi Verbal dan Non Verbal Dokter Pasien dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM: Manado.

Mira J. J, Mercedes G, Vitudes P, Lorenzo S. 2012. Barriers For An Effective Communication Around Clinical Decision Making: An Analysis Of The Gaps Between Doctors’ And Patients’ Point Of View (Online). National Library Of Medicine USA, Health Expectations, 17, pp.826-839 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5060922/pdf/HEX-17-826.pdf, diakses 7 Mei 2022)

Nurwanto. 2012. Hubungan Komunikasi Dokter dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum (RSU) Palu (online). Jurnal Preventif, Vol; 8. No.3 (Jurnal.untad.ac.id, diakses 7 Mei 2022)

Pasaribu, B. 2018. Analisis Regresi Berganda: Jakarta.

Prabowo, T. 2017. Komunikasi dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press

Purwanto. 2009 Komunikasi Kesehatan. Jakarta: Prenadamedia Group

Rashid A, Amina A. 2014. Patient Satisfaction Survey As A Tool Towards Quality Improvement (Online). Oman Medical Journal Vol. 29, No. 1:3-7 (https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3910415/pdf/OMJ-D-13-00247.pdf, diakses 7 Mei 2022)

Rusmana, A. 2009. Komunikasi Efektif Dokter Gigi dan Pasien. (Bandung): Universitas Padjajaran.

Sendjaja, 2012. Teori dan praktek komunikasi verbal dan non verbal. Bandung: Rajawali Pers.

Wahyuni T, dan Yanis A. 2013. Hubungan Komuunikasi Dokter-Pasien Terhadap Kepuasan Pasien Berobat Di Poliklinik RSUP DR. M. Djamil Padang (Online). Jurnal Kesehatan Andalas 2013, Volime 2 No.3 (jurnal.fk.unand.ac.id, diakses 7 Mei 2022)

Wulandari. 2016. Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang.”, Tesis, program Pasca Sarjana, Universitas Diponegoro

Wullur, 2009. Komunikasi Pelayanan Kesehatan Dokter-Pasien.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Gabriel Rantung, N., Kepel, B. J., Lumunon, T. H. W. ., Surya, W. S. ., & Waworuntu, M. Y. . (2023). PENGARUH KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL ANTARA DOKTER-PASIEN BERFOKUS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI RAWAT INAP RSUD ANUGERAH TOMOHON. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2038–2049. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8861