PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT KECERDASAN ANAK USIA TK DI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG TAHUN 2022
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8841Keywords:
exclusive breastfeeding, child intelligence, Kindergarten age childrenAbstract
Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan hasil sekresi kelenjar payudara ibu, yang kaya akan nutriens biasanya dibeikan kepada bayi sampai berusia 2 (dua) tahun, dalam metode pemberian ASI dikenal pemberian secara eksklusif, yaitu pemberian ASI yang diberikan sejak usia 0 – 6 bulan tanpa adanya makanan tambahan lainnya kecuali ASI dan menjadi sumber makanan utama bayi pada usia 0 – 6 bulan ini. Berbagai manfaat yang didapatkan dari pemberian ASI secara Eksklusif ini, salah satunya adalah peningkatan kecerdasan anak, telah dilakukan studi asosiasi terhadap riwayat pemberian ASI Eksklusif pada anak TK se Kecamatan Genuk Kota Semarang teradap tingkat kecerdasannya, penelitian analitik ini menggunakan istrumen analisis Chi Square untuk menguji pengarus asosiasinya. Penelitian dilakukan di TK seKecamatan Genuk pada 22 TK terhadap 495 anak TK yang menjadi sampel, dan ditemukan hasil analisis deskriptif, bahwa dari 495 anak yang disurvei terdapat 70,30 % anak yang riwayat pemberian ASI nya saat berumur 0 – 6 bulan diberikan secara Eksklusif dan 29,70 % tidak dengan Eksklusif, hasil pengukuran kecerdasan anak yang dilakukan dengan menggunakan skala likert pada delapan dimensi jenis kecerdasan anak, ditemukan total hasil pengukuran yang terdiri 54,14 % anak dengan tinkat kecerdasan tinggi, 42,43 % dengan tingkat kecerdasan sedang dan 3,43 % dengan tingkat kecerdasan rendah. Dari hasil analisis statstik diketahui Nilai X2h > X2t dan dengan nilai Sig < 0,05, serta diketahui pula tidak terdapat sel dari tabel 2 X 3 yang bernilai < 5, maka secara statistik dapat disimpulkan bahwa pemberian ASI secara Eksklusif pada bayi akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak.References
Armstrong, T, 2009, “Multiple Intelligences in the Classroom”, 4th Edition. Ascd.
Andrianto, D., 2011, “Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini” Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta
Anita, Yus, 2011, “Model Pendidikan Anak Usia Dini”, Kencana. Ambarsari, Jakarta
Antonius, dkk, 2003, “Relasi dengan Diri Sendiri”, Gramedia, Jakarta
Chintya, dkk, 2019, “Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun” Ra Al-Hidayah Kecamatan Stabat, Medan.
Deborah K, Parker, 2005, “Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak”, Prestasi Pustakaraya, Jakarta;
Dharin, Abu, 2018, “Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegence” Pustaka Senja , Yogyakarta.
Ema. 2014. “Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4- 5 Tahun Di Taman Kanak Kanak Mujahidin I. Pontianak”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2
Einon, 2010, “Kecerdasan Anak Usia Dini”, Kaifa, Bandung.
Fadhli, M, 2016, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Awal” Vol . 1 . No . 1.
Fadhli, Muhibuddin. 2016. “Pemikiran Howard Gardner dalam Pendidikan Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, Vol. 1, No. 1.
Gardner, Howard. 1983. “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences”, Basic Books, New York
Hoerr, T. R, 2000, “Becoming a multiple intelligences school.”,ASCD.
Jamal Ma’mur Asmani, 2012, “Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah”, Diva Press, Jogjakarta
Hubertin Sri Purwanti, 2004, “Konsep penerapan asi eksklusif”, EGC, Jakarta
Kurniawati, 2020, “Air Susu Ibu (ASI)”, CV KHD Production, Tamanan Bodowoso, Jawa Timur
Lilis Madyawati. 2016, “Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak” Prenadamedia, Jakarta;
Lwin, May.dkk, 2005, “Cara Membangkitkan Berbagai Komponen Kecerdasan”,
Gramedia, Jakarta
Mufarizzuddin, 2017, “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota”, Obsesi Jurnal, Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1;
Muhartini, Heny. 2013, “Pembinaan Kecerdasan Intrapersonalpada Anak Usia Dini (4-6 Tahun) TK LKIA II Pontianak”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2, Pontianak
Prima, Ellen. 2017, “Penerapan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligence)”, Jurnal Yin Yang, Vol. 12 No. 2.
Purwanto, Ngalim. 2006, “Psikologi Pendidikan”, Remaja Rosdakarya, Bandung
Rahlini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil Ke Terbesar Dengan Media Gambar di Kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, Vol. 4, No. 2.
Ratnawilis. 2019, “Buku Panduan Administrasi Kelas Bagi Guru Taman Kanak- kanak” Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo:
Risang, Melati. 2012. “Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak- Anak.
Salatiga: Araska”
Rozalina, F. A., Muryanti, E., 2020, “Mendongeng dengan Power Point dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 4 Tahun 2012
Rozi, Nova. 2012. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur di TK Aisyiyah 7 Duri”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1, No. 1;
Saputra Ilman, 2011, “Membangun Sosial Emosi Anak” EGC, Jakarta
Siswono, 2012, “Mencerdaskan Anak dengan ASI”, dalam www.gizi.net/diakses tanggal 25 Mei 2012.
Siti Syamsiah, 2014, “Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball (Permainan Bola) Pada Anak Kelompok Bermain Masjid Syuhada”, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta
Suarca, Kadek, dkk. 2005, “Kecerdasan Majemuk pada Anak”, Jurnal Sari Pediatri,Vol. 7 No. 2;
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009, “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Din”, PT. Indeks, Jakarta.
Suryadi, Dahlia, 2013, “Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud”, PT Remaja Rosdakarya, Jakarta;
Suryadi, 2006, “Kiat JItu Mendidik Anak” Edsa Mahkota, Jakarta
Suyadi.2010, “Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini”, PT Pustaka Insan Madani, Yogyakarta
Suyadi, 2014, “Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Dalam Kajian Neurosains”, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Umar. 2019, “Pengantar Profesi Keguruan” PT RajaGrafindo Persada, Depok
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 TAHUN 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional.
Uno Hamzah, 2009, “Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Edisi 2, Bumi Aksara, Bandung.
Utami, Ade Dwi. 2012, “Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan
Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach” Jurnal Ilmia, Jurnal Raudhah, Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yadi Suryadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).