PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT KECERDASAN ANAK USIA TK DI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG TAHUN 2022

Authors

  • Yadi Suryadi Sang Saka

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8841

Keywords:

exclusive breastfeeding, child intelligence, Kindergarten age children

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) adalah cairan hasil sekresi kelenjar payudara ibu, yang kaya akan nutriens biasanya dibeikan kepada bayi sampai berusia 2 (dua) tahun, dalam metode pemberian ASI dikenal pemberian secara eksklusif, yaitu pemberian ASI yang diberikan sejak usia 0 – 6 bulan tanpa adanya makanan tambahan lainnya kecuali ASI dan menjadi sumber makanan utama bayi pada usia 0 – 6 bulan ini. Berbagai manfaat yang didapatkan dari pemberian ASI secara Eksklusif ini, salah satunya adalah peningkatan kecerdasan anak, telah dilakukan studi asosiasi terhadap riwayat pemberian ASI Eksklusif pada anak TK se Kecamatan Genuk Kota Semarang teradap tingkat kecerdasannya, penelitian analitik ini menggunakan istrumen analisis Chi Square untuk menguji pengarus asosiasinya. Penelitian dilakukan di TK seKecamatan Genuk pada 22 TK terhadap 495 anak TK yang menjadi sampel, dan ditemukan hasil analisis deskriptif, bahwa dari 495 anak yang disurvei terdapat 70,30 % anak yang riwayat pemberian ASI nya saat berumur 0 – 6 bulan diberikan secara Eksklusif dan 29,70 % tidak dengan Eksklusif, hasil pengukuran kecerdasan anak yang dilakukan dengan menggunakan skala likert pada delapan dimensi jenis kecerdasan anak, ditemukan total hasil pengukuran yang terdiri 54,14 % anak dengan tinkat kecerdasan tinggi, 42,43 % dengan tingkat kecerdasan sedang dan 3,43 % dengan tingkat kecerdasan rendah. Dari hasil analisis statstik diketahui Nilai X2h > X2t dan dengan nilai Sig < 0,05, serta diketahui pula tidak terdapat sel dari tabel 2 X 3 yang bernilai < 5, maka secara statistik dapat disimpulkan bahwa pemberian ASI secara Eksklusif pada bayi akan berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan anak.

References

Armstrong, T, 2009, “Multiple Intelligences in the Classroom”, 4th Edition. Ascd.

Andrianto, D., 2011, “Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini” Kementrian Pendidikan Nasional, Jakarta

Anita, Yus, 2011, “Model Pendidikan Anak Usia Dini”, Kencana. Ambarsari, Jakarta

Antonius, dkk, 2003, “Relasi dengan Diri Sendiri”, Gramedia, Jakarta

Chintya, dkk, 2019, “Hubungan Antara Kecerdasan Interpersonal Dengan Sikap Empati Anak Usia 5-6 Tahun” Ra Al-Hidayah Kecamatan Stabat, Medan.

Deborah K, Parker, 2005, “Menumbuhkan Kemandirian Dan Harga Diri Anak”, Prestasi Pustakaraya, Jakarta;

Dharin, Abu, 2018, “Pembelajaran Berbasis Multiple Intellegence” Pustaka Senja , Yogyakarta.

Ema. 2014. “Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembiasaan Usia 4- 5 Tahun Di Taman Kanak Kanak Mujahidin I. Pontianak”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2

Einon, 2010, “Kecerdasan Anak Usia Dini”, Kaifa, Bandung.

Fadhli, M, 2016, “Jurnal Ilmiah Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Awal” Vol . 1 . No . 1.

Fadhli, Muhibuddin. 2016. “Pemikiran Howard Gardner dalam Pendidikan Anak Usia Dini”, Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, Vol. 1, No. 1.

Gardner, Howard. 1983. “Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences”, Basic Books, New York

Hoerr, T. R, 2000, “Becoming a multiple intelligences school.”,ASCD.

Jamal Ma’mur Asmani, 2012, “Kiat Mengembangkan Bakat Anak di Sekolah”, Diva Press, Jogjakarta

Hubertin Sri Purwanti, 2004, “Konsep penerapan asi eksklusif”, EGC, Jakarta

Kurniawati, 2020, “Air Susu Ibu (ASI)”, CV KHD Production, Tamanan Bodowoso, Jawa Timur

Lilis Madyawati. 2016, “Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak” Prenadamedia, Jakarta;

Lwin, May.dkk, 2005, “Cara Membangkitkan Berbagai Komponen Kecerdasan”,

Gramedia, Jakarta

Mufarizzuddin, 2017, “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota”, Obsesi Jurnal, Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1;

Muhartini, Heny. 2013, “Pembinaan Kecerdasan Intrapersonalpada Anak Usia Dini (4-6 Tahun) TK LKIA II Pontianak”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Vo. 2, No. 2, Pontianak

Prima, Ellen. 2017, “Penerapan Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kecerdasan Majemuk (Multiple intelligence)”, Jurnal Yin Yang, Vol. 12 No. 2.

Purwanto, Ngalim. 2006, “Psikologi Pendidikan”, Remaja Rosdakarya, Bandung

Rahlini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil Ke Terbesar Dengan Media Gambar di Kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial, Vol. 4, No. 2.

Ratnawilis. 2019, “Buku Panduan Administrasi Kelas Bagi Guru Taman Kanak- kanak” Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo:

Risang, Melati. 2012. “Kiat Sukses Menjadi Guru PAUD Yang Disukai Anak- Anak.

Salatiga: Araska”

Rozalina, F. A., Muryanti, E., 2020, “Mendongeng dengan Power Point dalam Mengembangkan Kecerdasan Verbal Linguistic Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 4 Tahun 2012

Rozi, Nova. 2012. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur di TK Aisyiyah 7 Duri”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1, No. 1;

Saputra Ilman, 2011, “Membangun Sosial Emosi Anak” EGC, Jakarta

Siswono, 2012, “Mencerdaskan Anak dengan ASI”, dalam www.gizi.net/diakses tanggal 25 Mei 2012.

Siti Syamsiah, 2014, “Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Melalui Games Ball (Permainan Bola) Pada Anak Kelompok Bermain Masjid Syuhada”, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Suarca, Kadek, dkk. 2005, “Kecerdasan Majemuk pada Anak”, Jurnal Sari Pediatri,Vol. 7 No. 2;

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009, “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Din”, PT. Indeks, Jakarta.

Suryadi, Dahlia, 2013, “Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud”, PT Remaja Rosdakarya, Jakarta;

Suryadi, 2006, “Kiat JItu Mendidik Anak” Edsa Mahkota, Jakarta

Suyadi.2010, “Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini”, PT Pustaka Insan Madani, Yogyakarta

Suyadi, 2014, “Teori Pembelajaran Anak Usia Dini (Dalam Kajian Neurosains”, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Umar. 2019, “Pengantar Profesi Keguruan” PT RajaGrafindo Persada, Depok

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 TAHUN 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional.

Uno Hamzah, 2009, “Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Edisi 2, Bumi Aksara, Bandung.

Utami, Ade Dwi. 2012, “Peningkatan Kecerdasan Intrapersonal Dan Kecerdasan

Interpersonal Melalui Pembelajaran Project Approach” Jurnal Ilmia, Jurnal Raudhah, Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Suryadi, Y. (2023). PENGARUH PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP TINGKAT KECERDASAN ANAK USIA TK DI KECAMATAN GENUK KOTA SEMARANG TAHUN 2022. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2287–2301. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8841