PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK KOMPRES HANGAT TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN ASI PADA IBU POST PARTUM

Authors

  • Sri Andar Puji Astuti Prodi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Ningsih Saputri Prodi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Nurjanah Nurjanah Prodi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8351

Keywords:

Kelancarn Pengeluaran ASI, Teknik kompres hangat

Abstract

Kompres hangat pada payudara merupakan salah satu metode non farmokologi yang dianggap sangat efektif dalam menurunkan nyeri atau spasme otot serta dapat melancarkan peredaran darah ke suatu area. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik kompres hangat terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu post partum di wilayah kerja puskesmas gunung medan. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design desain yang digunakan adalah Posttest-Only control Design. Lokasi penelitian ini di lakukan Wilayah Kerja Puskesmas Gunung Medan Kabupaten Dharmasrya pada bulan Mei Tahun 2022. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu post partum di wilayah kerja puskesmas gunung medan dengan jumlah sampel 22 orang. Analisa data ini menggunakan uji Wilcoxson. Hasil penelitian diperoleh dari 22 ibu post partum pada kelompok eksperimen hampir seluruhnya yaitu 10 orang (90,9%) dengan kelancaran pengeluaran ASI dan sebagian kecil yaitu 1 orang (9,1%) dengan ketidaklancaran pengeluaran ASI sedangkan pada kelompok kontrol sebagian kecil yaitu 2 orang (18,2%) dengan kelancaran pengeluaran ASI dan hampir seluruhnya yaitu 9 orang (81,8%) dengan ketidaklancaran pengeluaran ASI. Hasil uji statistic menggunakan uji Wilcoxson di peroleh nilai p-value 0,005 <0,05 artinya ada pengaruh yang bermakna antara pemberian teknik kompres hangat terhadap kelancaran pengeluaran ASI pada ibu post partum.

References

Elsanti, D., & Isnaini, O. P. (2018). Hubungan antara Dukungan Sosial dan Tingkat Stres terhadap Keberlangsungan Pemberian ASI Eklusif di Wilayah kerja Puskesmas Kedung banteng. Jurnal Ilmu Keperawatan Maternitas, 13– 25.

Fitriahadi, E. (2018). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Nifas Beserta Daftar Tilik.

UNISA.

Hemi fitriani. (2020). kompres hangat payudara untuk meningkatkan kecukupan ASI ibu post partum. Jurnal Kesehatan Kartika, 15.

Indonesia, B. dan D. K. (2018). Dukungan Bidan Terhadap Pemberian ASI Ekslusif di Puskesmas Jamblang Kabupaten Cirebon. Jurnal Teori Dan Asuhan, 2.

Kemenkes. (2019). Dta dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia Cakupan Bayi dengan ASI Eksklusif. Website: Www. Depkes.Go.Id.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Profil Kesehatan Indonesia 2020. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lestari. (2018). Peningkatan Pengeluaran ASI dengan Kombinasi Pijat Oksitosin Dan teknik Mermet Pada Ibu Postpartum. Jurnal Kebidanan, 2.

Masadah. (2015). Tehnik Meningkatkan dan Memperlancar Produksi ASI pada Ibu Post Sectio Caesaria. Jurnal Kesehtan Prima, Vol 9.

Nurbayti. (2019). perbedaan efektivitas pemijatan punggung dan kompres hangat payudara terhadap peningkatan kelancaran produksi ASI. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 9.

Nurhanifah, F. (2013). Perbedaan Efektifitas Massage Punggung dan Kompres Hangat Payudara Terhadap Peningkatan Kelancaran Produksi ASI di Desa Majang Tengah Wilayah Kerja Puskesmas Pamotan Dampit Malang. Jurnak Keperawatan, Vol 4.

priskawulandari. (2018). pengaruh kompres hangat pada payudara terhadap pengeluaran ASI pada ibu post partum d.

Profil Dinas Kesehatan. (2014). Persentase Bayi ASI Eksklusif, Kbupaten Dharmasraya Tahun 2012, 2013 dan 2014.

Profil Kesehatan. (2020). Bayi Baru Lahir Mendapat IMD * dan Pemberian Asi Eksklusif pada Bayi < 6 bulan Menurut Kecamatan dan Puskesmas.

Puput. (2019). Angka Pemberian ASI Ekslusif di Indonesia Masih Rendah. Website: Http://M.Cnnindonesia.Com, 1.

Saleha, S. (2009). Asuhan Kebidanan pada Masa Nifas (Posnatal care).

Sari. (2018). Asuhan kebidanan masa nifas dan menyusui.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Astuti, S. A. P. ., Saputri, N. ., & Nurjanah, N. (2023). PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK KOMPRES HANGAT TERHADAP KELANCARAN PENGELUARAN ASI PADA IBU POST PARTUM. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1834–1838. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8351