PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI

Authors

  • Ningsih Saputri Program Studi DIII Kebidanan, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Dharmas Indonesia
  • Sukmawati Sukmawati Program Studi S1 Kebidanan, STIKes Pelita Ibu
  • Anggi Juliad Putri anggi UNIVERSITAS DHARMAS INDONESIA

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8315

Keywords:

Pengetahuan, Personal Hygiene saat Menstruasi

Abstract

Personal hygiene saat menstruasi pada remaja putri merupakan perilaku remaja putri dalam menjaga kesehatan dan kebersihan pada saat mengalami menstruasi, penyebab dari tidak dilakukaan Personal hygiene saat menstruasi yaitu karena kurangnya informasi dan pemahaman yang mengakibatkan gangguan kesehatan reprosduksi seperti penyakit radang panggul, infeksi saluran repsoduksi dan kanker leher rahim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan tingkat pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang personal hygiene saat menstruasi. Penelitian ini menggunakan metode komperatif dengan rancangan desain yang digunakan adalah one groub pretest-posttest design artinya kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Lokasi penelitian di MTs Muhammadiyah Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya. Sampel penelitian total sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh remaja putri kelas IX sebanyak 19 orang. Analisa data yang digunakan yaitu analisa univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan Wiljoxon  didapatkan bahwa nilai P-Value = 0,000 < 0,05 artinya ada perbedaan tingkat pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang personal hygiene saat menstruasi. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan tingkat pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang personal hygiene saat menstruasi.

References

Budiam an&Riyanto. (2015). kapita selekta kuesioner pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Selemba Medika:Jakarta.

Dwi Susanti. (2020). huungan pengetahuan remaja putri dengan perilku personal hygiene saat menstruasi. Jurnal Kesehatan, 11.

Haryono. (2016). siap menghadapi menstruasi dan menopouse. Gosyen Publising:Yogyakarta.

Isro’in. (2012). personal hygiene konsep proses dan aplikasi dalam praktek keperawatan. Graha Ilmu:Yogyakarta.

Jeanita. (2017). gambaran perilaku personal hygiene menstruasi remaja putri yang mengikuti pelatihan dan pemibinaan PKPR di smp PGRI 13 wila yah kerja puskesmas sindang barang kota bogor tahun 2017. HEARTY Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5.

Kusmiran. (2014). kesehatan reproduksi remaja dan wanita. Selemba Baru:jakarta.

Lianawati. (2012). tingkat pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi pada siswi kelas X SMA islam terpadu mansyhur terpadu. KTI:Surakarta.

luluk. (2019). huungan pengetahuan remaja putri tentang keputihan dengan perilaku hygienitas genetalia. Remaja Putri, 24.

Maidartati. (2016). hubungan pengetahuan dengan perilaku vulva hygiene pada saat menstruasi remaja putri. Jurnal Ilmu Keperawatan, IV, 50–57.

Mubarak. (2007). promosi kesehatan sebuah pengantar proses belajar mengajar dalam pendidikan. Graha Ilmu.

Narsih&Agustina. (2021). jurnal kesehatan. Keyakinan Dan Sikap Remaja Putri Berhubungan Dengan Perilaku Personal Hygiene Saat Menstruasi, 04, 125–132. http://jurnal.fkmumi.ac.id/index.php/woh/article/view/woh4203

Notoatmodjo. (2014). ilmu perilaku kesehatan. Rineka Cipta:Jakarta.

Notoatmodjo. (2014). teori yang mendukung pengembangan kerangka. Kerangka Teori.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan, Teori Dan Aplikasinya (Rineka Cip).

Notoatmodjo, S. (2012). promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka Cipta:Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta:Jakarta.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta:jakarta.

Proverawati. (2009). menarche (menstruasi pertama penuh makna). Nuhu Medika.Yogyakarta.

RIKESDAS. (2018). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Depertemen Kesehatan RI.

Sari. (2009). gambaran remaja putri dalam melakukan persoanal hygiene selama menstruasi di madrasah umul 1 puring. KTI.

Sitarani cindy. (2019). gambaran tingkat pengetahuan siswi kelas 2 SMAN 23 jakarta tentang personal hygiene saat menstruasi sebelum dan sesudah penyuluhan. Jurnal Kedokteran Meditek, 43–50. http://ejournal.ukrida.ac.id/ojs/index.php/meditek/index

Sugiono. (2019). metode penelitian kuantitatif,kualitatif, dan R&D. alfabeta?: Bandung.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif,kualitatif dan R dan D. Alvabeta:Bandung.

Sujiianti. (2012). psikologi kebidanan (Jusim@n (ed.)). Trans Info Media:Jakarta.

wawan. (2010a). metodologi penelitian kesehatan dan keperawatan (Aeni (ed.)). Rumah pustaka:cirebon.

wawan. (2010b). teori dan pengukuran pengetahhuan,sikap,dan perilaku manusia. Nuhu Medika:yogyakarta.

widianti. (2007). komunikasi maasa suatu pengantar. Simbosa Rekatama Medika.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Saputri, N. ., Sukmawati, S., & anggi, A. J. P. (2023). PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA PUTRI SEBELUM DAN SESUDAH DIBERIKAN PENYULUHAN TENTANG PERSONAL HYGIENE SAAT MENSTRUASI . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2553–2558. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8315