HUBUNGAN INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN IDA IRIANI, S.Si.T KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

Authors

  • Khalidah Khalidah universitas bina bangsa getsempena
  • Ummu Aiman Universitas Bina Bangsa Getsempena

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8151

Keywords:

IMD, Produksi ASI

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan gold standar untuk makanan bayi. ASI terbukti mempunyai keunggulan yang tidak dapat digantikan oleh makanan dan minuman apapun, karena ASI mengandung zat gizi paling tepat, lengkap dan selalu menyesuaikan dengan kebutuhan bayi setiap saat. Standar emas makanan bayi dimulai dengan tindakan inisiasi menyusui dini (IMD), dilanjutkan dengan pemberian ASI secara eksklusif selama 6 bulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan inisiasi menyusui dini dengan kelancaran produksi ASI pada ibu nifas di Praktik Mandiri Bidan Ida Iriani, S.Si.T Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara. Jenis penelitian ini analitik dengan desain studi cross sectional dengan populasi yaitu seluruh ibu nifas yang ada di Praktik Mandiri Bidan Ida Iriani, S.Si.T Kecamatan Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dengan sampel sebanyak 40 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 13-26 September 2020. Disarankan kepada Praktik Mandiri Bidan agar memberikan penyuluhan kepada ibu tentang pentingnya menerapkan inisiasi menyusui dini agar lebih lagi bermanfaat pada ibu dan bayinya.

References

Jamil, S.N, dkk. (2017). Buku Ajar Asuhan Kebidanan pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Jakarta : Universitas Muhammadiyah.

Liana, M, dkk. (2014). Asuhan Kebidanan III (Nifas). Jakarta : Trans Info Media.

Marimbi. (2015). Tumbuh Kembang, Status Gizi dan Imunisasi Dasar pada Balita. Yogyakarta : Nuha Medika.

Maryunani, A. (2014). Asuhan Kegawatdaruratan Maternal & Neonatal. Jakarta : Trans Info Medika.

Mugiati & Yani, H. (2015). Hubungan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dengan Waktu Pengeluaran Kolostrum. Tanjungkarang : Poltekkes.

Prasetyo. (2016). ASI Eksklusif. Yogyakarta : Diva Press.

Prawirohardjo, S. (2014). Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.

Proverawati, E. (2014). Kapita Selecta ASI dan Menyusui. Yogyakarta : Nuha Medika.

Wani, N. (2015). ASI atau Susu Formula Ya?. Yogyakarta : Flash Book.

WHO. (2018). Global Strategy for Infant and Young Child Feeding. Geneva : WHO.

Wulandari, N.F. (2020). Happy Eksklusif Breastfeeding. Yogyakarta : Laksana.

Yanti, D, & Sundawati, D. (2014). Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Bandung : PT. Refika Aditama

Miskiyah, Z & Kiswati, B. (2017). Pengaruh Inisiasi Menyusui Dini Terhadap Produksi ASI pada Ibu Postpartum di RS Telogorejo Semarang. Semarang : STIKes Telogorejo

Indiarti. (2015). Pentingnya Pemberian ASI Eksklusif pada Bayi. http://www.ASI-Ekslusif.com (Diakses Pada Tanggal 10 Maret 2020)

Lisnawati. (2017). Hubungan Inisiasi Menyusui Dini dengan Kelancaran Pengeluaran ASI pada Ibu Nifas di RSU Dewi Sartika Kota Kendari Sulawesi Tenggara Tahun 2017. Kendari : Politeknik Kesehatan Kendari.

Agusvina, R. (2015). Hubungan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) Terhadap Keberhasilan ASI Eksklusif di Posyandu Kelurahan Cempaka Putih Ciputat Timur. Jakarta : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Triana, N.Y, dkk. (2014). Hubungan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dengan Kelancaran Produksi Air Susu Ibu (ASI) pada Ibu Post Partum di Ruang Nifas RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Purbalingga : STIkes Bina Cipta Husada.

Rahmawati, N.A. & Arti, B.A. (2014). Hubungan Ketertarikan Iklan Susu Formula dengan Pemberian ASI Eksklusif di Posyandu Desa Kemundo Prambanan Klaten. Yogyakarta : Jurnal nvolusi Kebidanan

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Khalidah, K., & Aiman, U. (2023). HUBUNGAN INISIASI MENYUSUI DINI DENGAN KELANCARAN PRODUKSI ASI PADA IBU NIFAS DI PRAKTIK MANDIRI BIDAN IDA IRIANI, S.Si.T KECAMATAN TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1941 1945. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8151