TINJAUAN FAKTOR PENYEBAB DISPUTE KLAIM BPJAS PASIEN COVID-19 DI RSU KABUPATEN TANGERANG

Authors

  • Dina Munadiatu Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.
  • Daniel Happy Putra Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul.
  • Puteri Fannya Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul
  • Nanda Aula Rumana Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan, Program studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8143

Keywords:

kalim , dispute, pasien, COVID19

Abstract

Pemerintah Indonesia menetapkan Covid-19 menjadi fenomena pandemi dengan jumlah kasus dan kematian akibat Covid-19 yang meningkat dengan pesat, diperlukannya tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan yang memadai, dalam proses pengganti pembiayaan/klaim yang dibayarkan pemerintah ke rumah sakit, banyak terjadi kasus dispute pada klaim pasien Covid-19, hal tersebut sangat berpengaruh terhadap pembiayaan di rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan pasien Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab dispute klaim pada pasien Covid-19, metode penelitian yang digunakan adalah mix method dimana satu buah variable penelitian menggunkan pendekatan kualitatif dan 2 variabel menggunakan pendekatan kuantitatif, dan teknik pengumpulan data adalah observasi, pedoman wawancara dan studi dokumen berupa berita acara hasil verifikasi BPJS. Berdasarkan hasil penelitian terdapat 9 kriteria penyebab dispute klaim pasien Covid-19, berkas dispute yang dianalisis sebanyak 78 data dispute dengan kasus kriteria kode C2-Peserta jaminan Covid tidak sesuai ketentuan dan dapat diidentifikasi kedalam 5 kategori yaitu, pasien konfirmasi dipertanyakan 32%, LOS yang tidak sesuai ketentuan 23%, gejala ringan tanpa sesak dan demam 17%, pasien probable tanpa komorbid dan dengan komorbid 26% suspek tanpa komorbid dan dengan komorbid 2%, Peraturan Mentri Kesehatan No 4344 tentang petunjuk teknis klaim pengganti biaya pelayanan Covid-19 terdapat batas penjaminan ataupun persyaratan pasien tersebut dinyatakan layak atau tidak untuk diklaim pembiayaannya.

References

mbarwati, W. (2021). Pembiayaan Pasien COVID-19 dan Dampak Keuangan terhadap Rumah Sakit yang Melayani Pasien COVID-19 di Indonesia Analisis Periode Maret 2020 – Desember 2020. Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 6(1), 23–37. https://doi.org/10.7454/eki.v6i1.4881

BPJS Kesehatan RI. (2017). Pengelolaan Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan Dalam Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hatta, G. R. (2010). Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan (Universitas Indonesia, Ed.). Jakarta.

Indawati, L., Dewi, D. R., Pramono, A. E., & Maryati, Y. (2018). Manajemen informasi Kesehatan V. In sistem klaim dan asuransi pelayanan kesehatan.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan pengendalian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). MenKes/413/2020, 2019, 207.

Kemenkes RI. (2021). Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Pelayanan Pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Bagi Rumah Sakit Penyelenggara Pelayanan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (Vol. 4, pp. 1–21). Vol. 4, pp. 1–21.

Masrizal, M. (2015). Mixed Method Research. 53–56.

Mulyani, E. P., & Sonia, D. (2022). Kelengkapan Berkas Rekam Medis Kasus Covid-19 Kemenkes RI Untuk Klaim Pembiayaan. 16(8), 7173–7178.

Pemerintah Indonesia. (2020). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) (pp. 1–2). pp. 1–2.

Peraturan Presiden. (2011). Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan. BPJS. Retrieved from http://www.ainfo.inia.uy/digital/bitstream/item/7130/1/LUZARDO-BUIATRIA-2017.pdf

Widjaja, L. (2015). Manajemen Informasi Kesehatan I (Universitas Esa Unggul, Ed.). Jakarta: Univer.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Munadiatu, D. ., Putra, D. H. ., Fannya, P. ., & Rumana, N. A. (2023). TINJAUAN FAKTOR PENYEBAB DISPUTE KLAIM BPJAS PASIEN COVID-19 DI RSU KABUPATEN TANGERANG . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 223 – 2249. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8143