HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF CARE PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKABUMI

Authors

  • Teten Tresnawan Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi
  • Ira Karida Program Studi Sarjana Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8036

Keywords:

Self Efficacy,, Family Support,, Self Care

Abstract

Self care dan self efficancy serta dukungan keluarga merupakan faktor pencegahan Diabetes. Diabetes Melitus merupakan penyakit kronis dengan angka kejadian sangat tinggi yang menjadi masalah kesehatan di seluruh dunia. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan self efficacy dan dukungan dengan self care pada penderita Diabetes Melitus Tipe II. Self care merupakan tindakan individu untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Dukungan Keluarga merupakan sikap, tindakan yang yang diberikan oleh anggota keluarga secara terus menerus untuk memberikan bantuan. Self efficacy merupakan suatu keyakinan individu akan kemampuan dalam melakukan tugasnya. Desain penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh penderita Diabetes Melitus Tipe II sebanyak 111 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Analisa data yang digunakan adalah Analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar self efficacy tinggi, dukungan keluarga mendukung, dan self care tinggi. Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan  self efficacy dengan self care (P-value 0,036), dukungan keluarga dengan self care (P-value 0,006). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan self efficacy dan dukungan keluarga dengan self care pada penderita Diabetes Melitus Tipe II saran UPTD Puskesmas Sukabumi untuk lebih dipertahankan dan ditingkatkan lagi melakukan program home care dan penyuluhan Kesehatan terkait penderita Diabetes Melitus.

References

Alisa, F., Despitasari, L., & Marta, E. 2020. Hubungan Efikasi Diri dan Dukungan Keluarga dengan Manajemen Diri pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Puskesmas Andalas Kota Padang. Menara Ilmu, XIV(02), 30–35.

Astuti, N. 2014. Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Pada Pasien Dengan Diabetes Tipe 2: Sebuah Review Sistematik. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 5(1), 13–18.

Asrikan, M, A. 2016. Hubungan Self Efficacy Dengan Self Care Pada Pasien Dengan Diabetes Melitus Tipe 2 Di RSUD Pandan Arang Boyolali. Naskah Publikasi, 3-16.

Bustan, M (2015). Manajemen Pengendalian PTM. Jakarta : Rineka Cipta.

Green et. al. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Self Care Diabetes.

Infodatin. (2020). Tetap Produktif, Cegah dan Atasi Diabetes Melitus.

International Diabetes Federation (IDF). 2017. IDF Diabetes Atlas Ninth Edition 2017

Istiyani. 2018. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Self Care Behavior Penderita Diabetes Millitus Tipe 2. Skripsi, 2(dm), 1–76

Manuntung, A. 2020. Efikasi Diri Dan Perilaku Perawatan Diri Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Wilayah Puskesmas Pahandut. Adi Husada Nursing Journal, 6(1), 52.

Marlinda, N. W. Y., Nuryanto, I. K., & Noriani, N. K. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perawatan Diri (Self Care Activity) Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 3(2), 82–86.

Nitarahayu, D. 2019. Hubungan Dukungan Keluarga dengan Self Care Activity Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Samarinda. Skripsi.

Rahmawati, F., Indriansari, A., & Muharyani, P. W. 2018. Upaya Meningkatkan Dukungan Keluarga Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Dalam Menjalankan Terapi Melalui Telenursing. Artikel Penelitian, 5(2355), 1–8.

Sari, N. (2017). Nursing Agency Untuk Meningkatkan Kepatuhan, Self-Care Agency (SCA) Dan Aktivitas Perawatan Diri Pada Penderita Diabetes Mellitus (DM). Jurnal Ners Lentera, 5(1), 77–95.

Sulanjari. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Menjalankan Diit Diabetes Melitus.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Tresnawan, T., & Karida, I. . (2023). HUBUNGAN SELF EFFICACY DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN SELF CARE PADA PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE II DI WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS SUKABUMI . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1941–1947. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.8036