HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIODEMOGRAFI DAN PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KELURAHAN MANADO TUA DUA KECAMATAN BUNAKEN KEPULAUAN KOTA MANADO

Authors

  • Philip Theo Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Angela F. C. Kalesaran Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Fima L. F. G. Langi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7669

Keywords:

Hypertension disease, Sociodemographic Factors, Quality of life

Abstract

Lanjut usia (lansia) merupakan individu yang berumur diatas 60 tahun dan mengalami proses penuaan serta penurunan daya tahan tubuh yang dapat membuat seorang lansia jadi rawan kepada penyakit yang dapat mempengaruhi baik atau tidaknya kualitas hidup lansia tersebut. beragam faktor yang dapat memberi pengaruh kualitas hidup seorang lansia seperti faktor sosiodemografi dan penyakit hipertensi baik dari kondisi kesehatan psikologis, fisik, lingkungan, sosial. Tujuannya pelaksanaan riset ini yakni supaya menganalisis hubungan antara faktor sosiodemografi dan penyakit hipertensi terhadap kualitas hidup lansia pada Kelurahan Manado Tua Dua Kecamatan Bunaken Kepulauan Kota Manado. Jenis riset berikut yakni riset observasional analitik dengan rancangan riset studi potong lintang. Total sampelnya sejumlah 61 responden dengan mempergunakan teknik consecutive sampling. Instrumen yang dipakai pada riset berikut yakni kuesioner identitas pasien, kuesioner hipertensi, dan kuesioner WHOQoL. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Manado Tua Dua saat Juli 2022. Analisis bivariat mempergunakan pengujian chi square (? = 5% dan CI = 95%). Hasilnya dari riset menyatakan ada relasi diantara usia terhadap kualitas hidup domain lingkungan, pendidikan terakhir dengan kualitas hidup domain sosial, status bekerja dengan kualitas hidup domain fisik, sedangkan jenis kelamin serta penyakit hipertensi tidak mempunyai relasi terhadap kualitas hidup yang dilihat dari 4 domain

References

Badan Pusat Statistik (2017) Indeks Pembangunan Manusia 2017.

Badan Pusat Statistik (2021) Indeks Pembangunan Manusia menurut Provinsi 2019-2021.

Centers for Disease Control and Prevention (2016) Health-Related Quality of Life (HRQOL).

Hilala, L., Kalesaran, A., dan Kaunang, W. J. (2018) Hubungan antara Faktor Sosiodemografi dengan Kualitas Hidup pada Penduduk di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado. Vol. 7 No. 4

Indrayani dan Ronoatmodjo, S. (2017) Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Hidup Lansia di Desa Cipasung Kabupaten Kuningan Tahun 2017. Vol 9 No. 1 (2018): Jurnal Kesehatan Reproduksi. (https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro/article/view/892)

Kartinah dan Sudaryanto, A. (2008) Masalah psikososial pada lanjut usia. Vol. 1, No. 1: Berita Ilmu Keperawatan. (https://journals.ums.ac.id/index.php/BIK/article/view/3743)

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2013) Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan. Gambaran Kesehatan Lanjut Usia di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2016) Pusat Data dan Informasi. Situasi Lanjut Usia (Lansia) di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2018) Pusat Data dan Informasi. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Luthfa, I. (2018) Perbedaan Kualitas Hidup Lansia yang Tinggal Bersama Keluarga dengan Lansia yang Tinggal di Rumah Pelayanan Sosial. Vol 3 No. 1: Jurnal Wacana Kesehatan. (https://jurnal.akperdharmawacana.ac.id/index.php/wacana/article/view/66)

Putri, S. T., Fitriana, L. A., dan Ningrum, A. (2015) Studi Komparatif: Kualitas Hidup Lansia yang tinggal bersama keluarga dan panti. Vol 1 No. 1: Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia. (https://ejournal.upi.edu/index.php/JPKI/article/view/1178)

Salmiyati, S., dan Asnindari, L. N. (2020) Hubungan Usia dan Jenis Kelamin dengan Kualitas Hidup Lanjut Usia Penderita Gout Arthritis. Vol 8 No. 2: Jurnal Ilmiah Keperawatan. (https://akperinsada.ac.id/ejurnal/index.php/insada/article/view/187)

Seftiani, L., Hendra, dan Maulana, M. A. (2017) Hubungan Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi Di wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Vol 4 No. 1: Jurnal ProNers. (https://jurnal.untan.ac.id/index.php.jmkeperawatanFK/article/view/33088)

Seke, P. A., Bidjuni, H., dan Lolong, J. (2016) Hubungan Kejadian Stres Dengan Penyakit Hipertensi Pada Lansia Di Balai Penyantunan Lanjut Usia Senjah Cerah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Vol 4 No. 2: E-Journal Keperawatan. (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/12880)

Tamatompol, R., Sekeon, S. A. S., dan Asrifuddin, A. (2018). Hubungan Faktor Sosiodemografi (umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan) dengan Kualitas Hidup Penduduk di Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah Kota Tomohon. Manado: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.

Vaus, D. (2002) Survey in Social Research (5? ? edition). Australia: Allen dan Unwin.

Waworuntu, P. G., Asrifuddin, A., dan Kalesaran, A. F. C. (2019) Hubungan Aktivitas Fisik Dan Penyakit Hipertensi Dengan Kualitas Hidup Lansia Di Desa Tondegesan Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa. Vol. 8 No. 7: Jurnal Kesmas. (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/kesmas/article/view/26599)

Wikananda, G. (2017) Hubungan Kualitas Hidup dan Faktor Resiko pada Usia Lanjut di Wilayah Kerja Puskesmas Tampaksiring I Kabupaten Gianyar Bali 2015. Vol 8 No. 1:41-49: Intisari Sains Medis. (https://isainsmedis.id/index.php/ism/article/download/112/127/0)

World Health Organization (2016) WHOQOL :Measuring Quality of Life.

Yeni, Etrawati, F., dan Utama, F. (2021) Tekanan Darah Tinggi terhadap Kualitas Hidup Kelompok Pra Lansia. Vol 5 No. 3: HIGEIA. (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia/article/view/43102)

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Theo, P., Kalesaran, A. F. C. ., & Langi, F. L. F. G. (2023). HUBUNGAN ANTARA FAKTOR SOSIODEMOGRAFI DAN PENYAKIT HIPERTENSI DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI KELURAHAN MANADO TUA DUA KECAMATAN BUNAKEN KEPULAUAN KOTA MANADO. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2623–2632. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7669