HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA ASUHAN KEPERAWATAN DALAM PENGKAJIAN DAN IMPLEMENTASI PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK. II MEDAN

Authors

  • Tien Nelly Rhoma Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Kesaktian Manurung Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Mido Ester J. Sitorus Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Donal Nababan Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan
  • Rosetty Rita Sipayung Universitas Sari Mutiara Indonesia Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7590

Keywords:

PERFORMA, motivasi, tanggung jawab, supervisi, insentif

Abstract

Motivasi merupakan suatu penggerak yang berasal dari diri sendiri. Motivasi bersumber dari rasa tanggung jawab, kondisi kerja, supervisi dan insentif yang memiliki hubungan dengan kinerja. Dari beberapa penelitian terdahulu menunjukkan bahwa kinerja perawat pelaksana kategori kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi kerja (tanggung, jawab, kondisi kerja, supervisi, insentif) dengan kinerja asuhan keperawatan dalam pengkajian dan implementasi keperawatan. Jenis penelitian ini adalah survei (explanatory research) Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perawat pelaksana di RS Bhayangkara TK II Medan berjumlah 41 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Alat ukur adalah kuesioner dan dianalisis dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa semua sub variabel motivasi seluruhnya berhubungan dengan kinerja. Ada hubungan tanggung jawab dengan kinerja (pv=0,001), ada hubungan kondisi kerja dengan kenerja (pv=0,000), ada hubungan supervisi dengan kinerja (pv=0,001), ada hubungan insentif dengan kinerja (pv=0,000). Seluruh hipotesis diterima. Disarankan bagi perawat yang masih memiliki kinerja yang kurang untuk meningkatkan kinerjanya dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk penyegaran kembali tentang pelaksaan asuhan keperawatan khususnya pada metode dan teknik pengkajian konprehensif dari PPNI.

References

Adiono, 2002. Analisis Kepemimpinan Yang Mendorong Iklim Kerja Dan Motivasi Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Se- Kota Palu, Tesis PS FKM-UI, Jakarta.

Aditama, Tjandra.Y., 2003. Manajemen Administrasi Rumah Sakit, Edisi ke dua.Penerbit Universitas Indonesia, Jakarta.

Arep, Ishak dan Tanjung, Hendri, 2003. Manajemen Motivasi. Grasindo, Jakarta. Aziz, A, Azwar, A 2004. Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Salemba Medika, Jakarta.

Departemen Kesehatan RI, 1992. UU RI No. 23 tahun 1992 Tentang Kesehatan, Jakarta.

Fakhruddin, 2000. Pengaruh Motivasi dan Kemampuan Terhadap Kinerja Perekam Medis di RS H. Medan Tahun 2000, Skripsi FKM-USU, Medan.

Hasibuan, Melayu S.P., 2001. Organisasi dan Motivasi. Bumi Aksara. Jakarta.

Hastono, Priyo, 2001. Analisis Data. FKM Universitas Indonesia.

Ilyas, Yaslis, 1999. Kinerja Teori Penilaian dan Penelitian. Fekon UI, Jakarta.

Mangkuprawira, Sjafri, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Graha Indonesia, Jakarta.

Moenir, 1994. Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta. Nursalam, 2001.

Notoatmojo, Soekidjo, 2003. Prinsip-Prinsip Ilmu Kesehatan Masyarakat. Rineka Cipta. Jakarta.

Priharjo, Robert, 1995. Praktik Keperawatan Profesional. Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Profil Rumah Sakit Bhayangkara Medan, 2006. Medan.

Putri Rusifianti Hetti, 2018. Hubungan Antara Motivasi Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam Siti Aisya Madium .-Skripsi Studi Kesehatan Masyarakat Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun

Rivai, Veithzal, 2005. Performance Appraisal. Raja Grafindo Persada, Jakarta. Robbins, S. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Djambatan. Jakarta. Siagian, Sindang P., 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT.Bumi Aksara, Jakarta.

Singarimbun, Masri., dan Effendi, Sofyan., 1989. Metode Penelitian Survey. Cetakan Pertama. LP3ES, Jakarta.

Subanegara, H.P., 2005. Diamond Head Drill Dan Kepemimpinan Dalam Manajemen Rumah Sakit. Penerbit Andi, Yogjakarta.

Tenty, K.D.P.S., 2004. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit H. Adam Malik Medan Tahun 2004. Skripsi FKM-USU. Medan.

Yeni, Novi, 2005. Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia Keperawatan di Ruang Rawat Inap Bagian Perinatologi Rumah Sakit Umum Santa Elisabeth Medan Tahun 2005. Skripsi FKM-USU. Medan.

Zainun, Buchari, 1989. Manajemen dan Motivasi. Balai Aksara. Jakarta

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rhoma, T. N., Manurung, K. ., Sitorus, M. E. J. ., Nababan, D., & Sipayung, R. R. . (2022). HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA ASUHAN KEPERAWATAN DALAM PENGKAJIAN DAN IMPLEMENTASI PERAWAT PELAKSANA DI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA TK. II MEDAN . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2010–2118. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7590