FAKTOR?FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEBIDANAN DI PUSKESMAS MARTUBUNG

Authors

  • Mayrosa Bintang Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Ivan Elisabeth Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Agnes Purba Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Otniel Ketaren Universitas Sari Mutiara Indonesia
  • Rinawati Sembiring Universitas Sari Mutiara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7099

Keywords:

Bukti fisik , kehandalan, ketanggapan\, jaminan, empati, kepuasan

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui analisis faktor?faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan di Puskesmas Martubung Tahun 2022. Jenis penelitian adalah deskriptif analitik berdasarkan rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Populasi adalah seluruh pasien (ibu hamil, nifas dan ibu yang memiliki bayi 0-28 hari yang berkunjung pada bulan Maret sampai dengan  Juni sebanyak 314 orang. Ibu hamil sebanyak 138 orang, ibu nifas sebanyak 130 orang dan ibu yang memiliki bayi 0-28 hari sebanyak 46 orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah 145 responden. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Analisa data menggunakan pendekatan bivariat dan multivariat dengan uji analisis chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan bukti fisik (tangible) dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan dengan p value 0.000, hubungan kehandalan (reliability) dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan dengan p value 0.000, hubungan ketanggapan (responsiveness) dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan dengan p value 0.000, hubungan jaminanan (assurance) dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan dengan p value 0.000, hubungan empati (empathy) dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan di Puskesmas Martubung Tahun 2022 dengan p value 0.000<0,05. Faktor yang paling dominan yaitu kehandalan dengan p value 0.000, berhubungan dengan kepuasan pasien dalam pelayanan kebidanan. Diharapkan tenaga kesehatan semakin meningkatkan kualitas petugas KIA dengan mengikuti pelatihan kebidanan yang bermanfaat dalam meningkatakn kualitas pelayanan ibu hamil, nifas dan neonatal.

References

adelia, Putri Zahrah, And Harlina Nurtjahjanti. 2017. “Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dokter Praktik Dengan Kepuasan Konsumen Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu Bpjs Kesehatan Di Rsup Dr Kariadi Semarang.” Empati 5(2):312–16.

Ariga, Reni Asmara. 2020. Buku Ajar Implementasi Manajemen Pelayanan Kesehatan Dalam Keperawatan. Deepublish.

Ayuningtiyas, Kutri Riski, And Tri Nataliswati Mustayah. 2015. “Tingkat Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit.” Jurnal Pendidikan Kesehatan 4(2):83–90.

Cahyani, Nanda Yuni. 2019. “Hubungan Service Quality Dengan Kepuasan Pasien Pada Upt Puskesmas Panceng.”

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2018. Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Di Rumah Sakit.

Dompas, Robin. 2019. “(Haki) Buku Saku Bidan Ilmu Kesehatan Anak.”

Elba, Fardilla, And Gita Noor Syifa. 2020. “Hubungan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Dengan Pemeriksaan Kehamilan Di Puskesmas Jatinangor.” Jurnal Sehat Masada 14(2):98–106.

Emilia, Ilma Nurpahmi. 2016. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Dengan Kualitas Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Kelurahan Cibubur Kecamatan Ciracas Bulan Juni Tahun 2015.” Jurnal Ilmiah Kesehatan 8:2.

Esfandiari, Reza. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Dengan Kualitas Pelayan Makanan (Kasus Di Rumah Sakit Angkatan Darat Brawijaya, Surabaya).” Jurnal Tata Boga 6(2).

Esthi, Franata Suriana, Eko Mindarsih, And Murni Murni. 2017. “Faktor-Faktor Mutu Pelayanan Kebidanan Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Di Poli Kebidanan Rsud Wonosari.” Jurnal Kesehatan Ibu Dan Anak 11(2):102–9.

Firdaus, Nurmaliatul, Aditiawarman Aditiawarman, And Dwi Izzati Budiono. 2021. “Kualitas Pelayanan Antenatal Berdasarkan Indeks Kepuasan Ibu Hamil.” Indonesian Midwifery And Health Sciences Journal 5(1):62–72.

Ginting, Etika Iskandar, Sudiro Sudiro, And Tengku Moriza. 2021. “Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poly Obgyn Rsud. Dr. Rm. Djoelham Kota Binjai Tahun 2019.” Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (Marsi) 5(1):21–31.

Handayany, Gemy Nastity. 2020. Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).

Hatini, Erina Eka. 2019. Asuhan Kebidanan Kehamilan. Wineka Media.

Hidayat Azis, A. 2017. “Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisa Data.” Jakarta: Salemba Medika.

Idris, Haerawati. 2021. “Buku Mutu Pelayanan Kesehatan.”

Kemenkes, R. I. 2016. “Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2015.” Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes, R. I. 2016. “Buku Kesehatan Ibu Dan Anak.” Kementrian Kesehatan Ri Dan Jica. Jakarta.

Kemenkes Ri. 2017. “Buku Panduan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).” Warta Kesmas 1(Kesehatan Masyarakat):27.

Kemenkes Ri. 2018. “Ayo Hidup Sehat!” Warta Kesmas.

Kemenkes Ri. 2020. “Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/328/2020 Tentang Panduan Pencegahan Dan Pengendalian.” 2019.

Mali, Alberth M.Bau. 2021. “Motivasi Dan Kepuasan Ibu Hamil Dengan Pelayanan Antenatal Care Di Puskesmas Atapupu, Belu, Ntt.” Kupang Journal Of Food And Nutrition Research 2(2):18–22.

Mumu, Like J. 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rsup Prof. Dr. Rd Kandou Manado.” Jikmu 5(4).

Muninjaya, A. A.Gde. 2019. “Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan.” Egc.

Murti, Nurani Hari, Bagoes Widjanarko, And M.Zen Rahfiludin. 2018. “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Ibu Hamil Dengan Kualitas Pelayanan Kelas Ibu Hamil Di Kota Semarang.” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 6(2):121–31.

Nurpratama, Meddy. 2019. “Kepuasan Pasien Dengan Pelayanan Kesehatan: Studi Deskriptif Pada Klinik Jantung Hasna Medika Indramayu.” Jurnal Investasi 5(2):1–12.

Panggabean, Hetty. 2020. “Buku Ajar Etika Dan Hukum Kesehatan.”

Pasinringi, Syahrir A., Fridawaty Rivai, And S. Km. 2022. Budaya Keselamatan Pasien Dan Kepuasan Kerja. Nas Media Pustaka.

Prawirohardjo, Sarwono. 2016. “Ilmu Kebidanan Sarwono Prawirohardjo.” Edisi Ke-4. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo. Doi: 10.1017/Cbo9781107415324.004.

Purwoastuti, Th Endang, And Elisabeth Siwi Walyani. 2016. “Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kebidanan.”

Putri Kartika Sari, Rininda, And Dian Afriyani Luvi. 2021. “Hubungan Kualitas Pelayanan Anc (Antenatal Care) Dengan Kepuasan Ibu Hamil.”

Runjati, And Syahniar Umar. 2018. Kebidanan?: Teori Dan Asuhan. Edited By Runjati And S. Umar. Jakarta: Egc.

Sinaga, Elvalini Warnelis, Rahmawani Fauza, Wahyuni Wahyuni, Eva Nirwana Hutabarat, Nova Linda Rambe, Debora Lestari Simamora, Ratih Kumala Dewi, Qonita Ulfiana, And Wellina Sebayang. 2020. Mutu Pelayanan Kebidanan. Yayasan Kita Menulis.

Sintesa, Kumpulan Abstrak. 2019. “Buku Kumpulan Abstrak.” In Seminar Ilmiah Nasional Teknologi, Sains, Dan Sosial Humaniora (Sintesa). Vol. 1.

Unicef, Who, Wbg, Un. 2018. “Child Mortality 2018.” 48.

Utarini, Adi. 2020. Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif Dalam Pelayanan Kesehatan. Ugm Press.

Widiastini, Luh Putu. 2018. Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Ibu Bersalin Dan Bayi Baru Lahir. In Media.

Wiknjosastro, Hanifa. 2019. “Ilmu Kebidanan.”

Wulandari, Wulandari. 2017. “Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun.”

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Bintang, M., Purba, I. E. ., Purba, A. ., Ketaren, O. ., & Sembiring, R. (2023). FAKTOR?FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KEBIDANAN DI PUSKESMAS MARTUBUNG . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2321–2333. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.7099