EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN UKGS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG LAGO

Authors

  • Gusti Tri Wahyuni Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya
  • Rizma Adlia Syakurah Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0003-0633-6595

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.6864

Keywords:

Evaluasi, Puskesmas, UKGS Program

Abstract

Masalah kesehatan gigi dan mulut menjadi masalah yang perlu menjadi perhatian lebih, terutama pada anak sekolah. Pemerintah melakukan upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak sekolah dasar melalui program UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah). Kabupaten Banyuasin menjadi salah satu daerah yang menerapkan program tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan UKGS pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan dengan pendekatan manajemen proyek. Program dilaksanakan di sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Lago. Data didapatkan melalui observasi secara langsung, wawancara dengan tim kerja serta melalui dokumen tertulis dan arsip. Data yang telah didapatkan kemudian akan diolah dan disajikan secara deskriptif. Pelaksanaan kegiatan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) dilakukan karena banyak siswa yang tidak memahami cara menggosok gigi dengan benar serta waktu yang tepat untuk menggosok gigi. Kegiatan dilaksanakan berdasarkan 5 tahap yaitu tahap inisiasi, tahap perencanaan, tahap implementasi, tahap monitoring dan supervisi serta tahap evaluasi dan pelaporan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan, ditemukan bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan sebelumnya, namun terdapat beberapa kendala yang menghambat kegiatan. Kendala terjadi karena dokter gigi terkadang memiliki jadwal lain yang harus dilaksanakan. Selain itu, tidak adanya kejelasan mengenai keberlanjutan program akibat kurangnya pengawasan dan tidak lanjut dari Dinas Kesehatan. Diharapkan kepada Pemerintah untuk lebih serius dalam mengembangkan program ini agar anak di Kabupaten Banyuasin memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

References

Abdullah, N. (2018) ‘Hubungan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dengan Pelaksanaan UKGS (Usaha Kesehatan Gigi Sekolah) Di Sekolah Dasar Dan Sederajat Se Kota Makassar’, Media Kesehatan Gigi, 17(1), pp. 32–38.

Afrianis, Y., Suryawati, C. and Kusumastuti, W. (2021) ‘Analisis Peningkatan Standar Pelayanan Minimal Pada Usia Pendidikan Dasar Selama Pandemi Covid-19 di Puskesmas Andalas Kota Padang’, Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), 9(6), pp. 841–847.

Aqidatunisa, H. A., Hidayati, S. and Ulfah, S. F. (2022) ‘Hubungan Pola Menyikat Gigi Dengan Kebersihan Gigi dan Mulut pada Anak Sekolah Dasar’, Jurnal Skala Kesehatan, 13(2), pp. 105–112. doi: 10.31964/jsk.v13i2.366.

Atikah, C. (2020) ‘Kegiatan Supervisi Pendidikan dalam Menunjang Kinerja Guru di TK Islam Tirtayasa Serang’, JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran), 7(2), pp. 163–176.

Bintari, T., Prasetyowati, S. and Isnanto (2022) ‘Peningkatan Pengetahuan Kader UKGS Tentang Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Penyuluhan (Pada Anak SD Kelas IV dan V SDN Pajeruan 2 Sampang)’, Indonesian Journal of Healthand Medical, 2(3), pp. 361–366.

Cahyana, R. and Siddik, F. (2020) ‘Pengembangan Sistem Informasi Satuan Karya Pramuka Untuk Pelaporan Kegiatan’, Jurnal Algoritma, 17(1), pp. 136–146.

Fadlilah, A. N. (2021) ‘Hambatan Pelaksanaan Asesmen Informal Dalam Pembelajaran PAUD’, Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1), pp. 62–72. doi: 10.17509/cd.v12i1.28675.

Fatia, S. et al. (2022) ‘Pemodelan Proses Bisnis Organisasi Sekolah Berbasis Work Breakdown Structure Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan’, ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 4(2), pp. 216–241.

Gerung, A. Y., Wowor, V. N. S. and Mintjelungan, C. N. (2021) ‘Perilaku Pemeliharaan Kesehatan Gigi Mulut Siswa SD Dengan dan Tanpa Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS)’, e-GiGi, 9(2), p. 124. doi: 10.35790/eg.9.2.2021.32958.

Harapan, I. K., Raule, J. H. and Kasihani, N. N. (2021) ‘Model Pengembangan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah Binaan Sebagai Lahan Praktik Kerja Lapangan’, Quality?: Jurnal Kesehatan, 15(1), pp. 1–9.

Lawita, N. F. and Fitria, L. (2018) ‘Analisis Pelaporan Akuntansi Sosial dan Lingkungan PT TASMA PUJA Di Kecamatan Kampar Kiri Tengah’, Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, 8(2), pp. 182–189.

Listrianah et al. (2021) ‘Penanggulangan Karies Gigi dengan Penambalan dan Pencabutan Gigi Sederhana Anak Usia Sekolah’, Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), pp. 160–167.

Luasiani, Y., Aminah and Sukarsih (2022) ‘Efektivitas Penyuluhan Dengan Ceramah Dan Konseling Terhadap Pengetahuan Dan Keterampilan Menyikat Gigi Pada Siswa/i SD Islam Terpadu Al-Farabi Tanjung Selamat Unggal Deli Serdang’, Jurnal Ilmiah Pannmed (Pharmacyst, Analyst, Nurse, Nutrition, Midwifery, Environtment, Dental Hygiene), 17(2), pp. 349–356.

Moudy, J. and Syakurah, R. A. (2022) ‘Diagnosis Komunitas dengan Pendekatan Proceed-Preceed pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik’, Jambi Medical Journal ‘Jurnal Kedokteran dan Kesehatan’, 10(1), pp. 1–19.

Nuraini, E. and Syakurah, R. A. (2022) ‘Analisis Manajemen Proyek Pelayanan Gizi Pada Pasien Covid-19 Di RSUD Palembang BARI’, Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 4(1), pp. 202–212.

Pay, M. N. et al. (2021) ‘Pengetahuan, Motivasi, Peran Guru dengan Perilaku Kesehatan Gigi Pada Murid Kelas VI Sekolah Dasar’, JDHT Journal of Dental Hygiene and Therapy, 2(2), pp. 72–78. doi: 10.36082/jdht.v2i2.357.

Pelle, A. M., Nubatonis, M. O. and Krisyudhanti, E. (2022) ‘Counseling Using the Simulation Method of Brushing Teeth Skills Using the Bass Technique’, Dental Therapist Journal, 4(1), pp. 35–38. doi: 10.31965/dtj.v4i1.729.

Petrus, W., Tafonao, T. and Ditakristi, A. H. V. (2022) ‘Upaya-Upaya Supervisi dalam Memonitoring Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen di Sekolah’, Jurnal Vox Dei, 3(1), pp. 1–14.

Pratiwi, D. et al. (2020) ‘Penyuluhan Peningkatan Kesadaran Dini Dalam Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Masyarakat Tegal Alur, Jakarta’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(2), pp. 120–128.

Ramadhani, A., Imam, D. N. A. and Djati, F. K. (2018) ‘Upaya Peningkatan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Pendekatan Kuratif di Sekolah dasar Negeri 2 Susukan, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas’, in Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers, pp. 67–76.

Raule, J. H., Harapan, I. K. and Alow, M. (2020) ‘Implementasi Model Pengembangan Institusi Melalui Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS) Binaan Sebagai Bahan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Manado’, JIGIM (Jurnal Ilmiah Gigi dan Mulut), 3(1), pp. 38–45. doi: 10.47718/jgm.v3i1.1433.

Tim Redaksi Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan (2022) ‘SDM Kesehatan’, Bulletin.

Yuniarly, E., Amalia, R. and Haryani, W. (2019) ‘Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar’, Journal of Oral Health Care, 7(1), pp. 01–08. doi: 10.29238/ohc.v7i1.339.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Wahyuni, G. T., & Syakurah, R. A. (2023). EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN UKGS PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TANJUNG LAGO . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1565–1573. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.6864