PENGARUH MOBILISASI DINI DENGAN KOMBINASI SENAM KEGEL TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM IBU POSTPARTUM

Authors

  • Shinta Puspitasari Shinta Program Studi Sarjana Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
  • Ana Rofika Program Studi Sarjana Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati
  • Raina Lola Fauzia Program Studi Sarjana Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bakti Utama Pati

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.6599

Keywords:

Mobilisasi dini, senam kegel, ibu postpartum, penyembuhan luka

Abstract

selama kehamilan dan persalinan, banyak perubahan yang dialami oleh ibu seperti dinding perut menjadi kendor, longgarnya liang senggama dan otot dasar panggul, pada proses persalinan hampir 90% ibu yang mengalami robekan perineum, baik dengan atau tanpa episiotomy. Mobilisasi dini adalah salah satu cara yang dilakukan untuk mempercepat ibu melakukan aktivitas kembali setelah persalinan, mobilisasi dini juga dapat dikombinasikan dengan senam kegel yang bertujuan untuk menguatkan otot-otot dasar panggul setelah persalinan. Tujuan penelitian : untuk menganalisis pengaruh mobilisasi dini dengan kombinasi senam kegel terhadap penyembuhan luka perineum pada ibu post partum. jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimental, dan rancangan case control. Populasi yaitu semua ibu nifas dengan luka perineum, sampel diambil secara purposive sampling sebanyak 30 responden, penelitian dilakukan di bulan Januari-Maret tahun 2022. Instrument pengumpulan data yaitu skala reeda dan checklist. Analisa data menggunakan uji Mann Whitney. sebanyak 8 responden (26,7%) dengan penyembuhan luka perineum di hari ke 5 dan 5 responden (16,7%) dengan penyembuhan luka perineum di hari ke 9. Nilai mean 5,60<8,07 dan nilai p value 0,000 < 0,05. Ada pengaruh mobilisasi dini dengan kombinasi senam kegel terhadap penyembuhan luka perineum ibu postpartum.

References

kombinalsi senalm kegel terhaldalp penyembuhaln lukal perineum paldal ibu postpalrtum di bidaln pralktik malndiri (bpm) dince salfrinal pekalnbalru. JPK: Jurnall Proteksi Kesehaltaln, 6(2).

Ridlalyalnti, Al. (2011). Hubungaln alntalral Senalm Kegel dengaln Penyembuhaln Lukal Jalhitaln Perineum paldal Ibu Postpalrtum Normall di RB Alfialtun Halsalnalh Kotal Balndung.

Sulallal, Al. (2021). Hubungaln senalm kegel dengaln penyembuhaln lukal perineum paldal ibu nifals (Studi di Wilalyalh Kerjal PMB Sri Puji U.W. S.Tr.Keb). STIKES Ngudial Husaldal Maldural. Nalskalh Publikalsi.

Sumialty. (2017). Buku Kebidalnaln Teori daln Alsuhaln (Vol. 2). EGC. Jalkalrtal.

Sutalnto, Al. V. (2019). Alsuhaln Kebidalnaln Nifals Daln Menyusui: Teori dallalm Pralktik Kebidalnaln Profesionall.

Widial, L. (2017). Hubungaln alntalral Mobilisalsi Dini dengaln Proses Penyembuhaln Lukal Rupture Perineum paldal False Proliferalsi Ibu Post Palrtum. Dinalmikal Kesehaltal, 8(1), 27–32.

Widialnti, Al. T., & Proveralwalti, Al. (2018). Senalm kesehaltaln. Yogyalkalrtal: Nuhal Medikal.

Wulalndalri, S. R., & Halndalyalni, S. (2011). Alsuhaln Kebidalnaln Ibu Malsal Nifals. Gosyen Publishing.

Zalkiyalh, Al. (2015). Nyeri: Konsep daln penaltallalksalnalaln dallalm pralktik keperalwaltaln berbalsis bukti. Jalkalrtal: Sallembal Medikal.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Shinta, S. P., Rofika, A. ., & Fauzia, R. L. (2023). PENGARUH MOBILISASI DINI DENGAN KOMBINASI SENAM KEGEL TERHADAP PENYEMBUHAN LUKA PERINEUM IBU POSTPARTUM . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2362–2371. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.6599