HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI BANJAR KALANGANYAR DESA DANGIN PURI KAJA KECAMATAN DENPASAR UTARA

Authors

  • Dewa Krisna Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional, Denpasar
  • IGA Sri Wahyuni Novianti Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional, Denpasar
  • Komang Tri Adi Suparwati Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional, Denpasar
  • Ida Ayu Astiti Suadnyana Program Studi Fisioterapi, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional, Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5799

Keywords:

Fungsi kognitif, kualitas tidur, lansia

Abstract

Lanjut usia (lansia) merupakan seseorang yang telah mencapai usia 60 tahun. Bertambahnya usia diikuti dengan terjadinya proses penuaan. Proses penuaan yang dialami pada lansia salah satunya adalah perubahan pola tidur. Perubahan pola tidur yang terjadi adalah lansia sering terbangun di malam hari dan susah untuk kembali tertidur sehingga waktu tidur normal tidak tercapai. Waktu tidur normal lansia sekitar 7-8 jam, lansia yang mendapatkan kualitas tidur yang baik dapat membantu penyimpanan memori yang berhubungan dengan fungsi kognitifnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kualitas tidur dengan fungsi kognitif pada lansia. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling dengan jumlah sampel keseluruhan adalah 50 orang lansia yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengukuran kualitas tidur menggunakan kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) dan pengukuran fungsi kognitif menggunakan kuesioner Short Portable Mental Status Questionnaire (SPMSQ). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS dan diuji menggunakan somers’d. Hasil penelitian pada lansia didapatkan responden dengan kualitas tidur baik pada kategori fungsi intelektual utuh sebanyak 20 orang, responden dengan kualitas tidur sedang dengan kategori gangguan kognitif  ringan sebanyak 17 orang dan tidak terdapat kualitas tidur buruk dengan gangguan kognitif sedang-berat. Hasil uji menggunakan somers’d didapatkan nilai p=0,000 (p<0,05). Terdapat hubungan antara kualitas tidur dengan fungsi kognitif pada lansia di Banjar Kalanganyar, Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara.

References

H. (2021). Pengaruh Senam Yoga terhdap Kualitas Tidur dan Fungsi Kognitif pada Lansia. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado.

Amanda, S. P., Rejeki, S., dan Susilawati, D. (2019). Pengaruh Relaksasi Otot Progresif Terhadap Kualitas Tidur Pada Perempuan Menopause. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama.

Aristyani, L. D. (2018). Hubungan pensiun dengan depresi pasa pensiunan perusahaan X. (Skripsi). Jakarta Barat: Universitas Tri Sakti.

Awaluddin, H. Q. A. (2017). Hubungan antara kulitas tidur dengan prestasi belajr pada mahasiswa keperawatan angkatan 2014 UIN Alauddin Makasar. Jurnal (Doctoral Dissertation, UIN Alauddin Makassar).

Barus, B. J. P dan Silvya Biafri, V. (2020). Pembinaan Kemandirian Tehadap Narapidana Lanjut Usia Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial.

Djajasaputra, A. D. R., dan Halim, M. S. (2019). Fungsi kognitif lansia yang beraktivitas kognitif secara rutin dan tidak rutin. Jurnal Psikologi.

Erfrandau, A., Murtaqib., dan Widayati, N. (2017). Pengaruh Terapi Tawa terhadap Kualitas Tidur pada Lansia di Unit Pelayanan Teknis Panti Sosial Lanjut Usia (UPT PSLU) Kabupaten Jember. Pustaka Kesehatan.

Handojo, M., dan Ngantung, D. (2018). Hubungan gangguan kualitas tidur menggunakan psqi dengan fungsi kognitif pada ppds pasca jaga malam. Jurnal Sinaps.

Hastuti, R. Y., Sari, D. P., dan Sari, S. A. (2019). Pengaruh Melafalkan Dzikir terhadap Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Keperawatan Jiwa.

Pasaribu, S. S., Astuti, R. T., dan Rini, D. R. (2018). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Fungsi Kognitif dan Tekanan Darah Pada Lanjut usia di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pelayanan Sosial Lanjut Usia Binjai Tahun 2016. (Skripsi). Sumaatera Utara: Universitas HKBP Nommensen.

Pinilih, S. S., Astuti, R.T., dan Rini, D. R. (2018). Hubugan Antara Lifestyle Dengan Fungsi Kognitif Pada Lansia. Journal of Holistic Nursing Science.

Pramadita, A. P., Wati, A. P., dan Muhartomo, H. (2019). Hubungan fungsi kognitif dengan gangguan keseimbangan postural pada lansia. Jurnal Kedokteran Diponogoro.

Puspa, V. R. (2019). Hubungan Kualitas Tidur dengan Fungsi Kognitif Pada Lansia Di Puskesmas Nelayan Gresik. Doctoral Disesertation, Universitas Airlangga.

Rahmawati, A. (2018). Hubungan Kualitas Tidur dengan Fungsi Kognitif pada Lansia. (Skripsi). Medan: Universitas Sumatera Utara.

Sari, D. K. (2017). Hubungan Indeks Massa Tubuh Dengan Fungsi Kognitif PadaPasien Diabetes Lellitus Di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. Loekmono Hadi Kudus. Jornal Prosiding HEFA (Health Events for ALL).

Setiadji, V. S. (2022). Otak dan Beberapa Fungsinya (Belajar, Berbahasa, Berpikir dan Mengingat). Jurnal Universitas Indonesia Publishing.

Situmorang, N., dan Zulham, Z. (2020). Malondialdehyde (MDA) (Zat Oksidan Yang Mempercepat Proses Penuaan). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi.

Suh, S. W., Han. J. W., Lee, J. R., Byun, S.., Kwon, S. J., Oh, S. H., ... and Kim, K. W. (2018). Sleep and cognitive decline; a prospective nondemented elderly cohort studi. Annals of Neurology.

Wardhani, A. A. (2018). Hubungan Antara Burnout Dengan Atensi Pada Karyawan. Journal (Doctoral Dissertation, UNIKA Soegijapranata Semarang).

Wulan, Y. (2017). Hubungan Lama Permainan Game Online Dengan Kualitas Tidur Anak Usia 15-16 Tahun di Sekolah Menengah Kejuruan 1 Palangga: Relationship Between long of time Game Online with Sleep Quality Of Aged 15016 Years At Vocational High Scholl 1 Palangga. Jurnal Ilmiah Kesehtan Gema Insan Akademik.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Krisna, D., Sri Wahyuni Novianti, I., Tri Adi Suparwati, K. ., & Ayu Astiti Suadnyana, I. (2023). HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN FUNGSI KOGNITIF PADA LANSIA DI BANJAR KALANGANYAR DESA DANGIN PURI KAJA KECAMATAN DENPASAR UTARA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 2030–2037. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5799