PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PADA LANSIA DI BANJAR BUDAIRENG DESA BATU BULAN KANGIN

Authors

  • Ni Made Novi Indah Sari Program Studi Fisioterapi, Fakltas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • Ida Ayu Astiti Suadnyana Program Studi Fisioterapi, Fakltas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional
  • I Putu Prisa Jaya Program Studi Fisioterapi, Fakltas Ilmu-Ilmu Kesehatan, Universitas Bali Internasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5798

Keywords:

daya tahan kardioresepirasi, lansia, senam lansia

Abstract

Lansia adalah tahapan yang pasti dijalani oleh setiap individu. Penurunan daya tahan kardiorespirasi merupakan salah satu penurunan fungsional tubuh yang terjadi seiring meningkatnya usia. Aktivitas fisik yang dijalankan merupakan penentu derajat daya tahan kardiorespirasi dari lansia. Aktivitas fisik mudah yang sesuai dengan lansia salah satunya yaitu senam aerobic low impact.  Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari senam lansia terhadap peningkatan daya tahan kardiorespirasi pada lansia di Banjar Budaireng Desa Batubulan Kangin. Pre and post-test control group design merupakan rancangan dari penelitian ini dan penelitian dilaksanakan bulan April-Mei 2022. Populasi lansia di Banjar Budaireng Desa Batubulan Kangin yang menepati kriteria inklusi serta eksklusi yaitu sebanyak 32 responden akan dijadikan sampel penelitian. Dari keseluruhan total sampel selanjutnya dibagi menjadi kelompok I yang diberikan perlakuan serta kelompok kontrol atau kelompok II yang dimana masing-masing terdiri dari 16 responden. Six minute walking test merupakan instrumen yang digunakan untuk menilai daya tahan kardiorespirasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelompok perlakuan dengan senam lansia lebih efektif meningkatkan daya tahan kardiorespirasi dibandingkan dengan kelompok kontrol dengan p 0,000 (p<0,05). Sehingga disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bermakna dari senam lansia terhadap meningkatnya daya tahan kardiorespirasi pada lansia di Banjar Budaireng Desa Batubulan Kangin.

References

BPS. (2020). Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik. Depkes RI. 2009.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Indonesia Memasuki Ageing Population. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan RI.

Ningrum, Tyas Sari Ratna. (2021). Study Narative Review Pengaruh Senam Lansia Terhadap Peningkatan VO2 Max Pada Lansia. Yogyakarta: Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Nugraha, I Kadek Adi Satya. (2021). Hubungan Senam Lansia Dengan Daya Tahan Kardiorespirasi Pada Lansia Di Banjar Sengguan Desa Penarungan. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia 9(1): 152–56.

Nuraeni, Riri. (2019). Pengaruh Senam Lansia Terhadap Tingkat Kebugaran Fisik Pada Lansia Berdasar Atas Uji Jalan 6 Menit. Bandung: Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains (JIKS).

Rita, Halim. (2019). Penyuluhan Gizi Seimbang Pada Lansia Dengan Penyakit Diabetes Melitus Dan Hipertensi Serta Pemeriksaan Kadar Gula Darah Dan Tekanan Darah. FKIK UNJA: jurnal MEDIC, volume 2, nomor 1.

Rossi, D. & Kumaat, N. (2019). Pengaruh Pelatihan Senam Aerobik Intensitas

Sedang Terhadap Daya Tahan Kardiorespirasi (VO2 Max) Wanita Usia 30-39 Tahun. Jurnal Kesehatan Olahraga: Volume 07, Pp. 319-324.

Sari, Ni Putu Aniek Ratna. (2015). Pengaruh Senam Otak Terhadap Stres Lansia Di Panti Sosial Tresna Werdha Jara Mara Pati Singaraja. Jurnal Keperawatan Sriwijaya: VOL 2(1), Pp. 30-35.

Widiastuti, Ari. (2016). Pengaruh Senam Lansia Terhadap Peningkatan Kebugaran Fisik Pada Kelompok Lansia Perempuan Di Desa Dauh Puri Kauh Denpasar Barat. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia 5(1): 24-27.

Widnyana. (2019). Hubungan Partisipasi Senam Lansia Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Di Kecamatan Sibang Kabupaten Badung. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia 7(1): 49–5.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Sari, N. M. N. I. ., Suadnyana, I. A. A., & Jaya, I. P. P. . (2023). PENGARUH SENAM LANSIA TERHADAP PENINGKATAN DAYA TAHAN KARDIORESPIRASI PADA LANSIA DI BANJAR BUDAIRENG DESA BATU BULAN KANGIN. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(3), 1669–1675. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i3.5798