HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN PADA PEKERJA INDUSTRI DAGING KELAPA PUTIH (COCONUT WHITE MEAT) DI DESA PAKUWERU KECAMATAN TENGA

Authors

  • Mega Astia Natasia Porajow Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi
  • Paul A. T. Kawatu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi
  • Wulan P. J. Kaunang Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.5733

Keywords:

pengetahuan, sikap, tindakan tidak aman

Abstract

Tindakan tidak aman terjadi dikarenakan beberapa faktor salah satunya faktor individu yang didalamnya terkait dengan pengetahuan dan sikap pekerja, apabila pekerja telah mengetahui dan memiliki kesadaran dalam menyikapi aturan untuk berperilaku aman maka proses kerja akan berlangsung aman dan juga terhindar dari kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ialah untuk dapat mengetahui hubungan pengetahuan serta sikap dengan tindakan tidak aman pada pekerja industri pengolahan daging kelapa putih di Desa Pakuweru Kecamatan Tenga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari-Maret 2022 di industri pengolahan daging kelapa putih di Desa Pakuweru Kecamatan Tenga. Jenis penelitian yang dipakai ialah survei analitik dan desain penelitian cross sectional study serta instrumen penelitiannya yaitu kuesioner penelitian. Populasi penelitian ialah pekerja industri daging kelapa putih di Desa Pakuweru Kecamatan Tenga yang jumlahnya 43 responden, pengambilan sampelnya dengan teknik total sampling. Variabel penelitian ialah pengetahuan, sikap serta tindakan tidak aman. Analisis bivariat dilakukan dengan uji korelasi Rank Spearman dimana nilai ?=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan tindakan tidak aman hasil p-value=0,089 yang berarti nilai p > 0,05, serta terdapat adanya hubungan antara sikap dengan tindakan tidak aman dengan p-value=0,001 yang artinya nilai p<0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini memperlihatkan bahwa pengetahuan tidak memengaruhi tindakan tidak aman dari pekerja, sedangkan sikap dapat memengaruhi tindakan tidak aman dari pekerja, apabila sikap pekerja kurang baik maka pekerja cenderung akan melakukan tindakan tidak aman.

References

Bancin, A.M. (2017) “Faktor-faktor yang memengaruhi tindakan tidak aman (unsafe action) pada pekerja di PT. Kharisma Cakranusa Rubber Industry Tahun 2016.”

Badan Pusat Statistik (2019) Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2017-2019: https://www.bps.go.id/ diakses tanggal 4 maret 2021.

Gunawan et al. (2016) Manajemen Keselamatan Operasi Membangun keunggulan Operasi dalam Industri Proses. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Kesehatan RI (2016) Hidupkan Pos UKK Agar Pekerja Sektor Informal Tersentuh Layanan Kesehatan Kerja, Kementrian Kesehatan RI: https://www.kemkes.go.id/ diakses tanggal 4 maret 2021.

Hartriyanti, Y. dan ?Perdana S.T.S. (2020) Gizi Kerja. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

Ismi Ariyana (2019) Hubungan Antara Sikap Dengan Perilaku Kerja Tidak Aman Pada Pekerja Bagian Finishing Di PT. X Bogor Tahun 2019.

Notoatmodjo, S. (2015) Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Novianus, C. et al. (2019) “Hubungan Karakteristik, Ketersediaan Fasilitas dan Pengawasan dengan Tindakan Tidak Aman pada Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum di Jakarta Timur,” 4, pp. 118–124.

Pakpahan, Martina., Siregar, ?Deborah. and ?Susilawaty, Andi. (2021) Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pangestu, A. (2020) Hubungan Karakteristik, Pengetahuan Dan Sikap Dengan Tindakan Tidak Aman Pekerja Pabrik Kelapa Sawit (Pks) Di Ptpn Iv Kebun Bah Jambi.

Sihombing, M.M. (2018) Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Unsafe Action pada Tenaga Kerja Bongkar Muat Sektor II Bagian Stevedoring di Pelabuhan Belawan Tahun 2018.

Suwardi, M. and Daryanto. (2018) Pedoman Praktis Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media.

Yusril, M., Alwi, M.K. and Hasan, C. (2020) “Faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) pada Pekerja Bagian Produksi PT. Sermani Stell,” Window of Public Health Journal, pp. 370–381.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Porajow, M. A. N., Kawatu, P. A. T. ., & Kaunang, W. P. J. . (2023). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN PADA PEKERJA INDUSTRI DAGING KELAPA PUTIH (COCONUT WHITE MEAT) DI DESA PAKUWERU KECAMATAN TENGA. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1141–1147. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.5733