PELAYANAN GIZI DI INSTALASI RAWAT INAP COVID – 19 RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA DUMAI TAHUN 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.5198Keywords:
pelayanan, COVID19, GIZIAbstract
Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) merupakan pandemi yang pada saat ini menjadi permasalahan dunia termasuk Indonesia. RSUD kota Dumai merupakan salah satu rumah sakit rujukan Covid-19 untuk wilayah kotamadya Dumai. Perawatan pasien Covid-19 dirawat inap rumah sakit tidak lepas dari pelayanan gizi . Sistem pelayanan makanan di rumah sakit merupakan bagian penunjang dalam pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari terapi medis. Selama ini pelayanan makanan di rumah sakit seolah berdiri sendiri, padahal dalam sistem operasinya sistem pelayanan makanan harus bekerja beriringan dengan pelayanan medis dan sistem pelayanan lainnya yang beroperasi di rumah sakit guna memberikan pelayanan yang optimal kepada pasien. khusus pasien covid, Pramusaji yang tidak bisa mengahantarkan makanan pasien karena cemas dan takut penularan Covid-19, sehingga makanan sampai ke pasien sudah tidak tepat waktu makan dan sudah dalam keadaan dingin, Petugas nutrisionis yang tidak bisa melakukan skrining langsung pada pasien Covid-19, kurangnya kepatuhan pramusaji dalam menggunakan APD, dari permasalahan yang telah dijabarkan maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pelayanan gizi dirawat inap Covid-19, sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Disarankan bagi pihak RSUD kota Duma agar menetapkan kebijakan tentang pentingnya pelayanan gizi rawat inap dan penyelenggaraan makanan bagi kesembuhan pasien dan perlu diberikan pelatihan bagi petugas gizi rawat inap maupun di instalasi gizi agar memberikan pelayanan gizi berkualitas di RSUD kota Dumai.References
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).
Banjarnahor, S., Studi, P., & Keperawatan, I. (2021). Analisa Penularan Covid-19 Pada Perawat Di Rumah Sakit. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 620–628. https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.857
Kemenkes. (2020). Panduan Pelayanan Gizi dan Dietetik di Rumah Sakit Darurat Dalam Penanganan Pandemik Covid-19.
Kresnawan, T., & Lumenta, N. (2021). MANAGEMEN ASUHAN GIZI DAN PENYELENGGARAAN MAKANAN PASIEN COVID-19 DI RS MENGACU STANDAR SNARS 1.1.
RI, K. (2018). Manajemen Sistem penyelenggaraan makan institusi (Wayasari. Lastmi, IrfannyAnwar Z, & A. Zul (eds.); 2018th ed.).
Rita. (2017). ANALISIS MANAJEMEN PELAYANAN GIZI DI INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KUDUNGGA SANGATTA TAHUN 2017. In Occupational Medicine (Vol. 53, Issue 4).
Rosita, R., Nurlinawati, I., & Lamid, A. (2019). Manajemen Pelayanan Gizi Di Wilayah Dengan Status Gizi Tinggi Dan Rendah Dan Hubungannya Dengan Kualitas Tenaga Pelaksana Gizi. Penelitian Gizi Dan Makanan (The Journal of Nutrition and Food Research), 42(1), 29–40. https://doi.org/10.22435/pgm.v42i1.2419
Subardjo, Y. P., Ramadhan, G. R., & Betaditya, D. (2021). Peningkatan Layanan Gizi bagi Pasien Covid-19 di Instalasi Gizi RSUD Banyumas. 4(2), 339–347.
Sulistiyanto, A. D., Handayani, O. W. K., & Rustiana, E. R. (2017). Peran Petugas Gizi Dalam Memberikan Pelayanan Asuhan Gizi Pada Pasien Rawat Inap. Unnes Journal of Public Health, 6(2), 75. https://doi.org/10.15294/ujph.v6i2.13776
Triyanti Permatasari, A. W. (2021). Pelayanan Gizi Rumah Sakit di masa Pandemi Covid-19. Jurmal Medika Hutama, 03(01), 1417–1425.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Elsa Rosanti, Yesica Devis, Herman M. Purwonegoro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).