RESIKO POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN NYERI LEHER PADA POLISI DI POLRESTA LUBUK PAKAM

Authors

  • Delfrina Ayu Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Amru Kamal Nasution Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Atika Mardiyah Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Chairunisa Chairunisa Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Derina Derina Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dina Riyani Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dinda Ayumi Nasution Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Heny Syahfitri Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Pebi Alponika Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rena Nurwana Basyar Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sashi Pangestuty Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syifa Zanjabila Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Syirin Sumayyah Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4709

Keywords:

Police station, musculoscletal, neck pain, work posture

Abstract

Keluhan muskuloskeletal umumnya banyak dirasakan karena kebiasaan yang dilakukan selama kerja. Postur tubuh saat bekerja yang tidak benar dan dipertahankan dalam waktu yang relatif lama dapat menyebabkan keluhan muskuloskeletal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara mempertahankan postur kerja dengan keluhan nyeri leher pada polisi yang berada di kantor dengan waktu duduk yang lama. Desain penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan pendekatan crosssectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling jumlah sampel 12 responden dari pekerja kantor polisi di polresta lubuk pakam. Hasil analisis statistik dengan uji Chi Square menunjukkan bahwa P = 0.515 (>0.05) yang berarti tidak ada hubungan antara lama mempertahankan postur kerja dengan keluhan nyeri leher pada pekerja kantoran di polres lubuk pakam. Dapat dibuktikan bahwa 83% dari 12 responden mengalami keluhan nyeri pada leher yang disebabkan oleh mempertahankan postur tubuh yang sama saat bekerja dalam waktu yang lama. Perlu dicatat bahwa berkepanjangan retensi postur leher yang terlalu membungkuk saat bekerja terus menerus untuk waktu yang lama akan meningkatkan risiko keluhan nyeri leher. Jadi perlu untuk memperbaiki postur tubuh saat bekerja, terutama leher atau gerakan atau perubahan postur, terutama leher jika merasa pegal atau kaku di leher.

References

Dewi, A. M. P. (2019). Hubungan antara Postur Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pegawai Administrasi di Kantor Pusat Universitas Jember.

Djaali, N. A., & Fajriah, D. S. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Postur Kerja Karyawan di Kantor Pusat PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Jurnal Ilmiah

Kesehatan, 12(2), 159-168.

Harwanti, S., B. Aji, dan N. Ulfah. (2016). Pengaruh Posisi Kerja Ergonomi Terhadap Low Back Pain (LBP) Pada Pekerja Batik Di Kauman Sokaraja. Kesmasindo. 8(1).

Kudsi, A. F. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kejadian Nyeri Leher Pada Operator Komputer. Jurnal Agromedicine, 2(3).

Notoatmodjo S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Sulaiman, F., & Sari, Y. P. (2018). Analisis Postur Kerja Pekerja Proses Pengeasahan Batu Akik Dengan Menggunakan Metode Reba. Jurnal Optimalisasi, 1(1).

Wijayati, E., W. (2020). Risiko Postur Kerja Terhadap Keluhan Subyektif Nyeri Leher Pada Pekerja Industri Kerajinan Kulit. Erlangga. Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Ayu, D., Nasution, A. K. ., Mardiyah, A. ., Chairunisa, C., Derina, D., Riyani, D. ., Nasution, D. A. ., Syahfitri, H. ., Alponika, P. ., Basyar, R. N. ., Pangestuty, S. ., Zanjabila, S. ., & Sumayyah, S. . (2023). RESIKO POSTUR KERJA TERHADAP KELUHAN NYERI LEHER PADA POLISI DI POLRESTA LUBUK PAKAM. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1602–1608. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4709