FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK TERATURNYA PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4678Keywords:
perkembangan, sosial, ekonomi, anak, usia diniAbstract
Perkembangan merupakan perubahan bersifat psikis yang berlangsung secara bertahap sepanjang hidup manusia untuk memperbaiki fungsi psikis yang dapat dicapai. Perkembangan sosial-emosional yang baik terkhususnya pada fase anak akan membantu anak dalam mengatasi berbagai permasalahan yang akan dialami di masa yang akan datang, kemudian dapat membantu menstimulasi karakteristik pada anak, dan perkembangan sosial-emosional anak. Ibu dan Pengasuh anak akan sangat menentukan bagaimana karakteristik si anak karena ibu dan pengasuh adalah orang yang paling dekat. Selain itu, lingkungan belajar adalah hal yang dapat membantu menstimulasi karakteristik anak. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang akan mempengaruhi tidak teraturnya perkembangan sosial-emosional pada anak. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi eksperimental dan observational dengan menggunakan metode penelitian pendekatan non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis bivariat melalui data dari data sekunder yang telah dimiliki peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Anak berhenti memperlihatkan isyarat kesulitan tanpa usaha peredaman dari pengasuh dengan Pengasuh tidak komen negatif terhadap anak, Pengasuh tidak berteriak terhadap anak, Pengasuh tidak menggunakan gerakan agresif atau penanganan kasar terhadap anak, dan Pengasuh tidak menampar, memukul, atau menepuk bokong anak dengan hasil p-value sebesar 0,044.References
Abo, M. A., & Affiifi, H. S. (2014). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5–20. http://eprints.ums.ac.id/69157/3/BAB II.pdf
Amalia, y. S. (2019). Analisis pengaruh desain produk, layanan purna jual dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio fino 125 (Study Pada Yamaha Mataram Sakti Pedurungan Semarang). 126(1), 1–7.
Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(2), 94–102.
Labudasari, E., & Maria Yat mi Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Kognit if dan Kecerdasan Emosi Remon Rimang Perkembangan Emosi Anak Cucu Susiant, A. (n.d.). PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR Related papers.
Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana Prenada Media group: Jakarta.
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15.
Muliyadi, Seto. 2004. Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Erlangga : Jakarta
N. Rosyada. (2017). Tahap-Tahap Perkembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nurdiantami, Y., Nurrizka, R. H., & Agil, H. M. (2020). PROPOSAL PENELITIAN Analisis Kemampuan Sosial Interaksi dan Pola Pengasuhan Anak dengan. 1–15.
Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554
PUSTAKA Tinjauan Tentang Perkembangan Sosial, K. A. (n.d.). BAB II.https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/34-BAB_II.pdf. Diakses 2022-05-06
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuri Nurdiantami, Hani Putri Febriyanti, Cindy Novani Chandra, Rana Zahra, Aria Bagus Emirat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).