FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK TERATURNYA PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK

Authors

  • Yuri Nurdiantami -Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Hani Putri Febriyanti -Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Cindy Novani Chandra -Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rana Zahra -Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Aria Bagus Emirat -Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4678

Keywords:

perkembangan, sosial, ekonomi, anak, usia dini

Abstract

Perkembangan merupakan perubahan bersifat psikis yang berlangsung secara bertahap sepanjang hidup manusia untuk memperbaiki fungsi psikis yang dapat dicapai. Perkembangan sosial-emosional yang baik terkhususnya pada fase anak akan membantu anak dalam mengatasi berbagai permasalahan yang akan dialami di masa yang akan datang, kemudian dapat membantu menstimulasi karakteristik pada anak, dan perkembangan sosial-emosional anak. Ibu dan Pengasuh anak akan sangat menentukan bagaimana karakteristik si anak karena ibu dan pengasuh adalah orang yang paling dekat. Selain itu, lingkungan belajar adalah hal yang dapat membantu menstimulasi karakteristik anak. Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial-emosional pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang akan mempengaruhi tidak teraturnya perkembangan sosial-emosional pada anak. Penelitian ini adalah penelitian deskripsi eksperimental dan observational dengan menggunakan metode penelitian pendekatan non probability sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis bivariat melalui data dari data sekunder yang telah dimiliki peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Anak berhenti memperlihatkan isyarat kesulitan tanpa usaha peredaman dari pengasuh dengan Pengasuh tidak komen negatif terhadap anak, Pengasuh tidak berteriak terhadap anak, Pengasuh tidak menggunakan gerakan agresif atau penanganan kasar terhadap anak, dan Pengasuh tidak menampar, memukul, atau menepuk bokong anak dengan hasil p-value sebesar 0,044.

References

Abo, M. A., & Affiifi, H. S. (2014). Perkembangan Sosial Anak Usia Dini. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 5–20. http://eprints.ums.ac.id/69157/3/BAB II.pdf

Amalia, y. S. (2019). Analisis pengaruh desain produk, layanan purna jual dan promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor yamaha mio fino 125 (Study Pada Yamaha Mataram Sakti Pedurungan Semarang). 126(1), 1–7.

Hijriati. (2019). Faktor dan Kondisi yang Mempengaruhi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, V(2), 94–102.

Labudasari, E., & Maria Yat mi Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Kognit if dan Kecerdasan Emosi Remon Rimang Perkembangan Emosi Anak Cucu Susiant, A. (n.d.). PERKEMBANGAN EMOSI PADA ANAK SEKOLAH DASAR Related papers.

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya. Kencana Prenada Media group: Jakarta.

Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15.

Muliyadi, Seto. 2004. Membantu Anak Balita Mengelola Amarahnya. Erlangga : Jakarta

N. Rosyada. (2017). Tahap-Tahap Perkembangan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Nurdiantami, Y., Nurrizka, R. H., & Agil, H. M. (2020). PROPOSAL PENELITIAN Analisis Kemampuan Sosial Interaksi dan Pola Pengasuhan Anak dengan. 1–15.

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

PUSTAKA Tinjauan Tentang Perkembangan Sosial, K. A. (n.d.). BAB II.https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/34-BAB_II.pdf. Diakses 2022-05-06

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Nurdiantami, Y., Febriyanti, H. P. ., Chandra, C. N. ., Zahra, R., & Emirat , A. B. (2023). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TIDAK TERATURNYA PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL PADA ANAK. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1823–1831. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4678