PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA : LITERATURE REVIEW

Authors

  • Sabrina Miftahul Sidik Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Program Studi Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4645

Keywords:

Keywords: nutrition education, media, knowledge, youth

Abstract

Status gizi remaja dapat memiliki perubahan secara signifikan, sehingga perlu adanya cara untuk mengantisipasi yang sangat perlu dilakukan agar terjadinya perubahan ke pola hidup yang lebih sehat, namun banyaknya remaja saat ini yang tidak mengetahui bagaimana cara memenuhi kebutuhan gizi yang menyebabkan masalah gizi. Pada umumnya masalah gizi yang sering terjadi pada remaja yaitu status gizi yang berlebih seperti overweight dan obesitas yang disebabkan karena rendahnya tingkat pengetahuan. Upaya peningkatan pengetahuan pada remaja diperlukan suatu media pembelajaran yang untuk meningkatkan pengetahuan. Kajian Pustaka tersebut bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap pemilihan makan pada remaja overweight dan obesitas. Kajian secara naratif dilakukan terhadap beberapa artikel penelitian asli yang terbit dalam kurun waktu enam tahun terakhir pada jurnal nasional dan dapat diakses secara terbuka (Open Access). Kajian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh edukasi gizi melalui media kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap pada remaja overweight dan obesitas sebelum dan sesudah diberikan edukasi, diharapkan dari hasil kajian pustaka tersebut dapat memberikan media kesehatan yang kreatif dan inovatif dalam pemberian edukasi gizi untuk memicu terjadinya peningkatan pengetahuan dan perubahan sikap remaja overweight maupun obesitas dalam pemilihan makanan yang sehat.

References

Arisman. (2004). Gizi dalam Daur Kehidupan. EGC: Jakarta.

Audie, Nurul. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. Vol. 2, No. 1, Hal. 586-595.

Kementrian Kesehatan RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementrian Kesehatan RI. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Kementrian Kesehatan RI. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 25 tahun 2014 Tentang Upaya Kesehatan Anak, Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI. (2017). Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja. Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja, (Remaja), 1–8.

Kemp, Herold E. 1975. Planning and Producing Audio Visual Materials. Crowell Harper and Row. New York.

Lanita, Usi et al., (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan melalui Short Message Service (SMS) dan booklet tentang Obesitas pada Remaja Overweight dan Obesitas. Jurnal Gizi Klinik Indonesia. Vol. 12, No. 1, Hal. 36-44.

Meidiana, Risma et al., (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan. Vol 9, No. 3, Hal. 478-484.

Notoatmodjo S (2003). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ogden, C.L., Carroll, M.D., Kit, B.K., & Flegal, K. M. (2012). Prevalence of Obesity in the United Stateds 2009-2010. National Health and Nutrition Examination Survey, No 82.

Papalia, E. D.dan Feldman, R. T. (2014). Meyelami Perkembangan Manusia; Experience Human Development. Jakarta: Salemba Humanika.

Usmaran, et al. (2019). Media Kalender dan Leaflet dalam Pendidikan Gizi terhadap Pengetahuan dan Perilaku Makan Remaja Overweight. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Kesehatan Bandung. Vol. 11, No. 1, Hal. 76-87.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Miftahul Sidik, S., & Kurniasari, R. . (2023). PENGARUH EDUKASI GIZI MELALUI MEDIA KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA REMAJA : LITERATURE REVIEW. PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 6(2), 1581–1587. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4645