HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DAN RESPONS ANAK TERHADAP PENGASUH
DOI:
https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4570Keywords:
Children’s social-emotional, aggressive behavior, caregiver, Sosial emosional anak, perilaku agresif, pengasuhAbstract
Pertumbuhan sosial emosional anak mengacu pada kepekaan anak terhadap perasaan orang lain ketika berinteraksi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh pola asuh orang tua. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu hubungan antara perkembangan dan pengetahuan sosial emosional anak terhadap respons anak terhadap pengasuh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan pendekatan studi kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional. Penelitian dilakukan di wilayah Kab/Kota Bekasi dan Kota Depok dengan target jumlah sampel sebanyak 100 pengasuh anak sebagai responden. Analisis data dari hasil observasi yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Ada hubungan yang signifikan antara komentar negatif dan respons anak terhadap pengasuh dengan p-value sebesar 0,049. Ada hubungan yang signifikan antara gerakan agresif atau penanganan kasar dan respons anak terhadap pengasuh dengan p-value sebesar 0,017. Ada hubungan yang signifikan antara gerakan agresif atau penanganan kasar dan respons anak terhadap pengasuh dengan p-value sebesar 0,017. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara berteriak dan respons anak terhadap pengasuh dengan p-value sebesar 0,053. Dengan demikian, interaksi sosial terhadap anak yang bersifat agresif oleh pengasuh terbukti berpengaruh pada respons dari anak.References
Anme, T. et al. (2010). “Interaction Rating Scale (IRS) as an evidence-based practical index of children’s social skills and parenting,” Journal of Epidemiology, 20(SUPPL.2), hal. 419–426. doi: 10.2188/jea.JE20090171.
Bayan, D. (2019). PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN BERBAGI DI TK AISYIYAH IV PURWOKERTO (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).
Fadlyana, E., & Larasaty, S. (2016). Pernikahan usia dini dan permasalahannya. Sari Pediatri, 11(2), 136-41.
Lesmi, K. (2022). PERAN POLA ASUH ORANG TUA YANG BEKERJA PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 296-304.
Lubis, M. Y. (2019). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Bermain. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 47-58.
Munawar. (2017). Metoda Pengambilan Sampel: Jenis?jenis sampel. http://munawar.staff.ugm.ac.id/wp-content/sampling.pdf
Nabila, E. (2020). Dampak Kekerasan Orang Tua Terhadap Perkembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Di Desa Pajar Bulan Kabupaten Kaur [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu]. In Repository IAIN Bengkulu. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4379/1/SKRIPSI FULL ERMI NABILA.pdf
Rahmani, F. et al. (2019). ‘International Journal of Nursing Sciences Coping strategies of family caregivers of patients with schizophrenia in Iran?: A cross-sectional survey’, International Journal of Nursing Sciences. Elsevier Ltd, 6(2), pp. 148–153. doi: 10.1016/j.ijnss.2019.03.006.
Riskesdas. (2018). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
Riyani, Ayu. (2021). Pengaruh Fee Audit, Audit Tenure, dan Rotasi Audit terhadap Kualitas Audit pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di BEI Tahun 2015 - 2018. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.
Triantoro, B. (2018). Relationship Caregiver Burden with Schizophrenia Caregiver’s Quality of Life in Dr. RSJ. Radjiman Wediodiningrat Lawang. Universitas Airlangga.
Wati, H. (2019). Pengaruh Kekerasan Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Talang Rio Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko [Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2784/1/SKRIPSI HAUNIKA WATI.pdf =
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Yuri Nurdiantami, Aliya Kinanti Prasetya, Asy Syifa Anwari Zahra, Carlos Piero Martua, Reini Syahbani Fatah, Risma Pertiwi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).