PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Rihla Syamila Az Zahra Program Studi S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ratih Kurniasari Program Studi S1 Gizi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.4508

Keywords:

Video Animasi, Pengetahuan Gizi Seimbang, Media Edukasi

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 sikap dan perilaku hidup sehat harus diperhatikan agar terhindar dari virus covid-19 yaitu dengan melakukan olahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Penerapan gizi seimbang dapat meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh menjadi lebih kuat dan membentuk status gizi yang baik, tentunya ini akan membantu tubuh terhindar dari berbagai virus. Permasalahan gizi di Indonesia saat ini yang berkaitan dengan pandemi COVID-19 adalah obesitas, kurangnya asupan makanan yang bergizi, dan defesiensi zat gizi mikro. Permasalahan kesehatan gizi seperti gizi buruk juga disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai gizi. Edukasi mengenai pengetahuan gizi seimbang harus dilakukan agar tercapainya status gizi normal. Tujuan dilakukannya penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media video animasi terhadap pengetahuan gizi seimbang pada masa pandemi covid-19. Desain penelitian ini yaitu quasi eksperimental menggunakan rancangan one group pre- and post- test pada mahasiwa prodi ilmu komunikasi di universitas singaperbangsa karawang. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu purposive sampling dan dianalisis dengan uji paired t-test. Terdapat perubahan pengetahuan gizi seimbang pada mahasiswa (p=0,000) sebelum dan sesudah dilakukannya pemberian intervensi gizi dengan media video animasi. Tingkat pengetahuan mahasiswa mengenai gizi seimbang sebelum dan sesudah dilakukannya edukasi menggunakan media video animasi mengalami peningkatan yang jauh lebih baik.

References

Atmadja, T. F. . (2020). Gambaran Sikap dan Gaya hidup sehat masyarakat indonesia selama pandemi COVID-19. AcTion: Aceh Nutrition Journal, (5)(2), 195–202.

Azhari, M. A., & Fayasari, A. (2020). Pengaruh edukasi gizi dengan media ceramah dan video animasi terhadap pengetahuan sikap dan perilaku sarapan serta konsumsi sayur buah. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 5(1), 55. https://doi.org/10.30867/action.v5i1.203

Febriani, C. A., Nuryani, D. D., & Elviyanti, D. (2019). Efektifitas Pemanfaatan Media Gambar Bergerak dan Video Animasi terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Gizi Seimbang pada Balita. Jurnal Kesehatan, 10(2), 181. https://doi.org/10.26630/jk.v10i2.1263

Kemenkes. (2020). No Title. In Panduan Gizi Seimbang pada masa pandemi COVID-19.

Mahmudah, U. (2019). Pengaruh media teka-teki silang terhadap pengetahuan gizi seimbang pada anak sekolah dasar. Ilmu Gizi Indonesia, 2(2), 107. https://doi.org/10.35842/ilgi.v2i2.90

Mardiana, Eddy Susanto, H. Y. (2015). Penyuluhan Media Video Animasi Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang Pada Murid Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan, X(1), 77–81.

Ramadhanti, F. M., Sulistyowati, E., & Jaelani, M. (2022). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Video Motion Graphics Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Obesitas Remaja. Jurnal Gizi, 11(1), 22–31.

Salsabila, S. T. (2019). Edukasi dengan Media Video Animasi dan Powepoint Sayur dan Buah. Jurnal Riset Kesehatan, 11(1), 183–190.

Selviyanti, S. S., Ichwanuddin, I., Judiono, J., Suparman, S., & Tiara, D. N. (2019). Penyuluhan Gizi Dengan Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Pesan Umum Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah. Jurnal Riset Kesehatan Poltekkes Depkes Bandung, 11(2), 82. https://doi.org/10.34011/juriskesbdg.v11i2.674

Tabina Kalila Raf, D. (2021). Deficit Self Care Dan Pola Makan Gizi Seimbang Di Masa Pandemi. 88 pages.

Tepriandy, S., & Rochadi, R. K. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Status Gizi Siswa MAN Medan Pada Masa Pandemi COVID-19. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Status Gizi Siswa MAN Medan Pada Masa Pandemi COVID-19, 1(1), 43–49.

Downloads

Published

2023-12-20

How to Cite

Zahra, R. S. A. ., & Kurniasari, R. . (2023). PENGARUH EDUKASI MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA MASA PANDEMI COVID 19 . PREPOTIF : JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT, 7(1), 62–66. https://doi.org/10.31004/prepotif.v7i1.4508

Issue

Section

Articles